Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3

Jadi pengalaman perdana juara dunia Moto2 2022

Augusto Fernandez menggeber motor MotoGP untuk pertama kali setelah menjuarai Moto2 2022. Momen itu terjadi saat tes resmi di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada Selasa (8/11/2022).

Augusto Fernandez antusias jajal motor MotoGP GASGAS Tech3. Pembalap berusia 25 tahun tersebut akhirnya bisa mengendarai RC16. Ada banyak hal baru yang dirinya temukan selama menjajalnya di atas lintasan.

1. Augusto Fernandez menuntaskan tes resmi MotoGP di posisi ke-22

Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3Augusto Fernandez menggeber RC16 saat tes resmi MotoGP di Valencia. (motogp.com)

Augusto Fernandez melahap lebih dari 80 lap saat tes resmi di Valencia. Ia menuntaskan sesi itu di posisi ke-22, tertinggal 1,698 detik dari Luca Marini yang menjadi pembalap tercepat.

Walau berada di posisi belakang, Augusto Fernandez merasa puas bisa berada di atas motor MotoGP. Sebab, ini menjadi pengalaman perdana yang berharga guna mempersiapkan diri menyongsong musim baru di kelas utama.

"Aku terkejut. Aku hampir punya titik referensi yang sama pada aspek pengereman seperti pada motor Moto2. Aku bisa menuju tikungan lebih cepat, tetapi dapat melakukan pengereman hampir di titik yang sama," kata Augusto Fernandez dilansir Speedweek.

2. Augusto Fernandez memberi penilaian pada dua momen

Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3Augusto Fernandez menggeber RC16 saat tes resmi MotoGP di Valencia. (motogp.com)

Augusto Fernandez mendapat pertanyaan mengenai momen mana yang menarik baginya. Pilihannya ada dua, yakni lap terakhir balapan Moto2 GP Valencia dan momen pertama kali berada di atas motor RC16 bersama GASGAS Tech3.

"Keduanya bagus, tetapi benar-benar tak bisa dibandingkan. Aku benar-benar menikmatinya karena aku telah memimpikan mengendarai motor MotoGP untuk pertama kalinya sepanjang hidupku.

Performanya sendiri benar-benar menakjubkan. Aku sangat senang. Bannya benar-benar mengesankan juga. Anda bisa lebih banyak memercayai mereka ketimbang di Moto2," jelas Augusto Fernandez.

Baca Juga: GASGAS Resmi Mengaspal di MotoGP 2023, Jadi Mitra Tech3

3. Augusto Fernandez mendapat beberapa hal selama tes resmi MotoGP di Valencia

Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3Augusto Fernandez berdiskusi dengan kru GASGAS Tech3 saat tes resmi di Valencia. (motogp.com)

Augusto Fernandez menjabarkan apa yang dirinya pelajari selama menjalani tes resmi di Valencia. Salah satunya berkaitan dengan aspek menikung dan akselerasi motor.

"Aku mengambil banyak poin dari gaya membalap. Saat menikung, kecepatannya jauh lebih tinggi. Akselerasi dan pacuan di trek lurus dari motor masih butuh waktu untuk terbiasa.

Postur juga membuat perbedaan besar pada motor ini karena itu memberikan Anda banyak pengaruh pada bagaimana ia meluncur dan mengendalikannya. Aku sekarang bisa berkonsentrasi pada latihanku di rumah," ceritanya.

4. Augusto Fernandez bertekad mempelajari hal-hal baru di MotoGP sedikit demi sedikit

Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3Augusto Fernandez menggeber RC16 saat tes resmi MotoGP di Valencia. (motogp.com)

Augusto Fernandez menemukan banyak hal baru dari motor MotoGP yang sebelumnya tak pernah ditemukan di motor Moto2. Antusiasme pembalap pengoleksi tujuh kemenangan di kelas Moto2 itu meningkat untuk mempelajari semuanya.

"Aku bersemangat untuk semuanya. Aku benar-benar berniat untuk berada di atas motor guna melihat bagaimana ia terasa dan seperti apa ia berjalan. Ada banyak hal baru, kami datang dari sebuah pertemuan untuk membahas semua hal yang berkaitan dengan elektronik.

Holeshot device dan semua hal lainnya. Ada banyak hal baru dan aku akan mempelajarinya sedikit demi sedikit. Aku sangat berhasrat untuk mempelajari semuanya dan melihat bagaimana itu akan berjalan," tegas Augusto Fernandez dikutip Motorcycle Sports.

5. Augusto Fernandez jadi satu-satunya debutan di kelas utama MotoGP 2023

Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3Augusto Fernandez berselebrasi di podium GP Valencia 2022. (motogp.com)

Augusto Fernandez menjadi satu-satunya debutan di kelas utama MotoGP 2023. Pembalap dengan tinggi badan 181 cm itu bakal bertandem dengan Pol Espargaro di GASGAS Tech3.

Hanya ada satu pembalap yang naik kelas dari Moto2 ke MotoGP. Ia adalah Augusto Fernandez. Sebelumnya, MotoGP mendapati kondisi serupa pada 2016. Saat itu, Tito Rabat debut di kelas utama sendirian bersama tim EG 0,0 Marc VDS.

Baca Juga: Augusto Fernandez Debut di MotoGP 2023, Formasi KTM Komplet

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya