Beberapa Kargo Tim Formula 1 Belum Tiba Jelang GP Brasil

Diperkirakan akan tiba Kamis waktu setempat

Formula 1 musim 2021 akan kembali menggelar balapan di daratan Amerika pada akhir pekan ini. Setelah absen semusim karena pandemi COVID-19, GP Brasil kembali menghelat balapan jet darat.

Namun, ada kabar sedikit kurang mengenakkan mengenai logistik para tim Formula 1. Dikabarkan sejumlah kargo belum tiba di Brasil jelang pekan balap dimulai.

1. Keterlambatan kargo diakibatkan cuaca buruk

Beberapa Kargo Tim Formula 1 Belum Tiba Jelang GP Brasilproses penempatan kargo tim Formula 1 di sirkuit Albert Park (formula1.com)

Keterlambatan kargo sejumlah tim dikonfirmasi oleh salah satu perwakilan dari Formula 1. Disebutkan terlambatnya kargo yang dikirim dari Meksiko ke Brasil disebabkan adanya cuaca buruk.

“Ada penundaan pada pengiriman kargo dari Meksiko pada Senin akibat kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Meski begitu, beberapa kargo akan segera tiba di Brasil,” kata perwakilan Formula 1 dikutip Motorsport.com.

2. Dipastikan akan tiba pada Kamis, Formula 1 berharap perhelatan GP Brasil tak terganggu

Beberapa Kargo Tim Formula 1 Belum Tiba Jelang GP Brasilproses penempatan kargo tim Formula 1 di sirkuit Albert Park (formula1.com)

Masih dari sumber yang sama, Formula 1 memperkirakan beberapa kargo akan tiba pada Kamis (11/11/2021) waktu setempat. Pihak Formula 1 pun berharap keterlambatan ini tidak berdampak luas pada perhelatan GP Brasil.

“Kami perkirakan akan tiba besok (Kamis) dengan harapan tidak ada dampak besar pada pekan balap kali ini.”

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Dibeli Barcelona dengan Harga Mahal

3. Kargo yang terlambat datang jadi tantangan para kru jelang balapan

Beberapa Kargo Tim Formula 1 Belum Tiba Jelang GP BrasilPara kru Aston Martin saat melakukan pergantian ban di pit (twitter.com/AstonMartinF1)

Keterlambatan kargo tim-tim Formula 1 ke Brasil menjadi tantangan lainnya untuk para kru jelang balapan yang digelar di Autodromo Jose Carlos Pace. Balapan di sana akan menjadi balapan pamungkas musim ini yang memakai format sprint qualifying.

Jika perkiraan kargo tiba pada Kamis benar adanya, mekanik dan kru tim akan bekerja lembur untuk memastikan mobil siap dipakai pada hari Jumat (12/11/2021). Padahal, beberapa tim sudah menunggu kedatangan kargo pada hari Rabu lalu.

4. Usai sesi latihan pertama, aturan Parc Ferme akan diberlakukan

Beberapa Kargo Tim Formula 1 Belum Tiba Jelang GP BrasilMobil-mobil Formula 1 terparkir dalam kondisi parc ferme (f1i.com)

Sesi latihan pertama pada hari Jumat begitu penting bagi para tim. Dilansir GPBlog.com, aturan Parc Ferme akan diberlakukan tepat setelah sesi latihan pertama usai. Ini disebabkan kualifikasi normal digelar sesudah sesi latihan pertama.

Perlu diketahui, aturan Parc Ferme berlaku ketika mobil meninggalkan pitlane sejak sesi kualifikasi pertama. Ketika masuk kondisi Parc Ferme, tim tidak boleh mengganti konfigurasi suspensi dan aerodinamika.

Khusus untuk sayap depan masih boleh diatur dengan memanfaatkan bagian-bagian yang sudah ada. Namun, tim tidak diizinkan untuk menambahkan atau bahkan mengganti bagian sayap depan mobil yang sudah masuk ke kondisi Parc Ferme.

5. Jadwal lengkap Formula 1 2021 GP Brasil

Beberapa Kargo Tim Formula 1 Belum Tiba Jelang GP Brasilbalapan Formula 1 GP Brasil 2019 (formula1.com)

Setelah absen setahun, kini gegap gempita Formula 1 GP Brasil hadir kembali. Terakhir kali pembalap yang memenangkan balapan di sana adalah Max Verstappen. Adapun Pierre Gasly dan Carlos Sainz menggenapi posisi podium dengan finis runner-up serta posisi ketiga.

Nah, buat kalian yang ingin menyaksikan keseruan balapan GP Brasil akhir pekan ini, ada baiknya menyimak jadwal berikut ini. Jangan sampai terlewat, ya!

  • Jumat, 12 November 2021

Sesi latihan 1: 22.30 WIB--23.30 WIB

  • Sabtu: 13 November 2021

Kualifikasi: 02.00 WIB--03.00 WIB

Sesi latihan 2: 22.00 WIB--23.00 WIB

  • Minggu, 14 November 2021

Sprint Qualifying: 02.30 WIB--03.00 WIB

  • Senin, 15 November 2021

Race: 00.00 WIB--02.00 WIB.

Baca Juga: Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya