Marco Bezzecchi Raih Pole Position MotoGP Thailand, Catat Rekor Baru!

Pole position pertama Bezzecchi dalam karier di kelas utama

Mooney VR46 Racing Team patut berbahagia pada hari Sabtu (1/10/2022) sore WIB. Sebab, Marco Bezzecchi sukses meraih pole position dalam sesi kualifikasi MotoGP Thailand.

Pembalap berkebangsaan Italia itu mampu mencatatkan waktu 1 menit 29,671 detik. Raihan itu membawanya dalam sejumlah rekor penting. Apa saja itu?

1. Marco Bezzecchi langsung lolos ke Q2 berdasarkan catatan kombinasi FP1--FP3

Marco Bezzecchi Raih Pole Position MotoGP Thailand, Catat Rekor Baru!Marco Bezzecchi pada GP Thailand 2022 (twitter.com/VR46RacingTeam)

Sebelum berbicara rekor apa yang diraih Marco Bezzecchi, terlebih dulu kita simak perjalanannya selama akhir pekan ini di Chang International Circuit sebelum sesi kualifikasi.

Pembalap bernomor 72 itu sempat terlempar ke posisi 18 dalam sesi latihan pertama (FP1) yang berlangsung pada Jumat (30/9/2022) pagi WIB. Akan tetapi, saat FP2, Bezzecchi mampu berada di posisi ke-10 meski tertinggal 0,683 detik dari Johann Zarco.

Puncaknya, pada sesi FP3 catatan waktu Bezzecchi semakin membaik. Ia bercokol di posisi ke-8 dengan perolehan waktu 1 menit 30,513 detik. Raihan itu menempatkannya di posisi ke-9 dalam catatan kombinasi FP1--FP3 dan membawanya langsung lolos ke sesi kualifikasi kedua (Q2).

2. Bezzecchi mampu unggul 0,021 detik dari Jorge Martin

Marco Bezzecchi Raih Pole Position MotoGP Thailand, Catat Rekor Baru!Marco Bezzecchi pada GP Thailand 2022 (twitter.com/VR46RacingTeam)

Saat Q2, Bezzecchi rupanya mampu mencatatkan waktu tercepat menjelang bendera chequered dikibarkan. Sejatinya ada perlawanan dari Jorge Martin pada penghujung Q2 karena catatan waktunya digusur oleh Bezzecchi.

Sempat meraih red time (catatan waktu tercepat) pada sektor tiga, Jorge Martin rupanya tak mampu menggusur posisi Bezzecchi yang meraih pole position selisih waktu antara keduanya sangat tipis, yakni 0,021 detik!

Baca Juga: 9 Fakta di Balik Sosok Marco Bezzecchi, Pembalap Tuan Rumah GP Italia

3. Marco Bezzecchi catatkan sejumlah rekor seusai raih pole position GP Thailand

Marco Bezzecchi Raih Pole Position MotoGP Thailand, Catat Rekor Baru!Marco Bezzecchi pada GP Thailand 2022 (twitter.com/VR46RacingTeam)

Keberhasilan Marco Bezzecchi ini berbuah sejumlah rekor. Ia mampu mencatatkan all-time lap record baru yang sebelumnya dipegang oleh Fabio Quartararo pada musim 2019 lalu.

Pole position pada GP Thailand juga menjadi yang pertama sepanjang kiprah Bezzecchi di kelas utama MotoGP. Berdasarkan data MotoGP, jika dihitung dari kelas Moto3, pembalap berusia 23 tahun itu sudah lima kali start dari posisi pertama. Bezzecchi pun juga tercatat sebagai pembalap kesepuluh yang meraih pole position di kelas utama MotoGP selama musim 2022.

4. Marco Bezzecchi tak menyangka bisa meraih pole position 

Ditemui selepas sesi kualifikasi, Marco Bezzecchi tak menyangka bisa meraih pole position pada tahun pertamanya di kelas MotoGP. Ia mengaku hanya berusaha tampil maksimal agar meraih posisi start lebih baik untuk balapan.

"Aku tak tahu. Jujur, aku hanya memiliki satu ban baru untuk bagian belakang. Pada menit-menit akhir sesi aku berkata, 'Oke, aku harus melaju. Aku tak peduli dengan yang lainnya,'. Aku mencoba mendorong sebisaku.

Aku melihat bahwa itu cepat, tapi aku tidak menyangka melakukannya. Aku juga tak tahu aku meraih pole position karena aku tak bisa melihat layar besar di trek," papar Bezzecchi dilansir Motorcycle Sports.

5. Francesco Bagnaia start dari posisi ketiga, ungguli Fabio Quartararo

Marco Bezzecchi Raih Pole Position MotoGP Thailand, Catat Rekor Baru!starting grid MotoGP Thailand 2022 (twitter.com/MotoGP)

Tak hanya Marco Bezzecchi dan Jorge Martin yang akan memulai balapan dari barisan terdepan. Francesco Bagnaia juga mampu amankan posisi start ketiga dengan perolehan waktu 1 menit 29,775 detik.

Sementara itu, Fabio Quartararo berada di posisi keempat, diikuti oleh Johann Zarco dan Enea Bastianini yang menduduki posisi kelima serta keenam.

 

Aleix Espargaro harus gigit jari lantaran gagal lolos dari Q1. Alhasil, pembalap Aprilia itu akan berada di posisi start ke-13 pada balapan yang berlangsung Minggu (2/10/2022) pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Penuh Percaya Diri, Marco Bezzecchi Puas dengan Performanya di MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya