Para Bos Tim F1 Inginkan Lebih Banyak Jadwal Tes Pramusim pada 2022

Tiga hari tes seperti di Bahrain dirasa tak cukup

Tes pramusim F1 musim 2021 sudah usai digelar pada 12--14 Maret lalu. Tes yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh seluruh tim serta pembalap yang nantinya bakal berkompetisi di kejuaraan musim ini. 

Tak seperti biasanya, durasi tes pramusim di Bahrain tergolong singkat, yakni tiga hari. Meski merasa cukup puas dengan durasi tersebut, para bos tim F1 ingin adanya jadwal tes pramusim lebih banyak di musim 2022 mendatang.

1. Tes 2021 digelar tiga hari demi menghemat biaya dan kargo sampai di Bahrain tepat waktu

Para Bos Tim F1 Inginkan Lebih Banyak Jadwal Tes Pramusim pada 2022formula1.com

Tes pramusim yang digelar selama tiga hari memang lebih pendek dari musim sebelumnya. Pada 2020, tes pramusim digelar selama 6 hari di Barcelona pada 19--21 Februari dan 26--28 Februari. 

Adanya pandemi membuat F1 membuat kebijakan untuk menggelar tes pramusim lebih singkat. Selain untuk menghemat biaya, spesifikasi mobil yang dipakai musim ini sama seperti musim lalu meski ada beberapa perubahan selain pada aspek mesin dan sasis.

Selain kedua alasan tersebut, durasi tes yang pendek juga dimaksudkan untuk memastikan agar kargo para tim bisa sampai di Bahrain. Langkah ini diambil sebagai antisipasi adanya pembatasan penerbangan akibat pandemi yang masih berlangsung.

2. Regulasi baru pada mobil versi 2022 menjadi alasan perlunya ada tes pramusim lebih banyak

Para Bos Tim F1 Inginkan Lebih Banyak Jadwal Tes Pramusim pada 2022formula1.com

Ada alasan utama mengapa para bos tim F1 ingin adanya jadwal tes lebih lama dari yang digelar di Bahrain musim ini. Salah satu faktor besar itu adalah adanya mobil baru yang mengacu pada regulasi 2022.

Bos tim AlphaTauri, Franz Tost, merasa F1 mengatakan bahwa para petinggi tim kejuaraan balap tersebut akan bertemu untuk membahas skema jadwal tes pramusim pada 2022.

“Kami harus menemukan sebuah keseimbangan yang baik antara jumlah hari tes dan biaya yang dikeluarkan. Ini disebabkan musim 2022 akan menjadi musim yang tidak murah. Kami harus mempertimbangkan semuanya,” ujar Tost dikutip dari motorsport.com.

Baca Juga: Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di Qatar

3. Bos Aston Martin soroti tes pramusim Bahrain

Para Bos Tim F1 Inginkan Lebih Banyak Jadwal Tes Pramusim pada 2022formula1.com

Bos Aston Martin, Otmar Szafnauer, juga sepakat dengan pendapat Franz Tost terkait waktu tes pramusim. Baginya, durasi tiga hari sudah cukup melihat kondisi yang terjadi saat ini, tetapi tidak cocok diberlakukan musim depan. 

Di sisi lain, ia juga menyoroti tes pramusim yang berlangsung di Bahrain. Memang pada hari pertama terjadi badai pasir sehingga jalannya tes di sesi kedua sedikit terganggu.

“Cuaca sangat sulit diprediksi. Pada hari Jumat, kita diterpa badai pasir di siang hari yang mana itu tidak ideal. Namun, seperti kata Tost, jika pergi ke Barcelona kita bakal mendapati cuaca dingin dan basah. Jadi, kupikir kita sudah selesai di Bahrain dan memutuskan apa yang cocok untuk musim depan,” paparnya dilansir motorlat.com.

4. George Russell dukung tes pramusim lebih panjang musim 2022

Para Bos Tim F1 Inginkan Lebih Banyak Jadwal Tes Pramusim pada 2022essentiallysports.com

Dari sisi pembalap, George Russell mendukung adanya durasi tes pramusim yang lebih panjang dari yang digelar pada 2021. Menurut pembalap Williams tersebut, tim dan pembalap butuh waktu tes hingga enam hari seperti musim-musim sebelumnya. 

“Aku pikir waktu tes lebih lama akan menguntungkan semua orang dan sebaliknya. Kupikir karena kami mengalami perubahan regulasi yang besar. Sangat penting untuk setidaknya menggelar enam hari tes untuk tim,” kata Russell.

5. Jadwal balapan perdana GP Bahrain musim 2021

Para Bos Tim F1 Inginkan Lebih Banyak Jadwal Tes Pramusim pada 2022formula1.com

Seri perdana F1 musim 2021 bakal berlangsung di Bahrain pada 26--28 Maret mendatang. Nah, buat yang sudah gak sabar, IDN Times beri sedikit bocoran jadwal lengkapnya berikut ini. 

Jumat, 26 Maret 2021 
Sesi latihan 1: 18.30--19.30 WIB 
Sesi latihan 2: 22.00--23.00 WIB 
 
Sabtu, 27 Maret 2021 
Sesi latihan 3: 19.00--20.00 WIB 
Kualifikasi: 22.00--23.00 WIB 
 
Minggu, 28 Maret 2021 
Main Race: 22.00--00.00 WIB

Baca Juga: Formula 1 Catatkan Kerugian 386 Juta Dolar AS Sepanjang Musim 2020

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya