Comscore Tracker

Bottas Dikabarkan Buka Diskusi dengan Alfa Romeo, Pertanda Pindah? 

Posisi Bottas di Mercedes musim depan masih belum aman 

Formula 1 masih menyisakan satu balapan lagi di Hungaria sebelum jeda musim panas. Meski begitu, isu perpindahan pembalap dari kubu Mercedes masih terus bergulir hingga saat ini. Bottas dan perwakilannya dikabarkan membuka diskusi dengan Alfa Romeo. Kondisi ini memberi indikasi bahwa kemungkinan Bottas akan kehilangan posisinya di akhir musim nanti.

1. Punya pilihan sedikit jika terdepak dari Mercedes, kini dikabarkan ia tengah dekati Alfa Romeo

Bottas Dikabarkan Buka Diskusi dengan Alfa Romeo, Pertanda Pindah? Bottas dan Raikkonen sedang berbincang (planetf1.com)

Bottas akan dihadapkan pada pilihan yang sedikit jika Mercedes lebih memilih pembalap Williams George Russell. Setidaknya ada dua tim yang bisa dijajaki, yakni Alfa Romeo dan Williams.

Dilansir PlanetF1, perwakilan pembalap asal Finlandia itu telah menjalin perbincangan dengan Alfa Romeo. Kondisi ini masuk akal terlebih kontrak pembalap di tim tersebut, Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi, akan habis pada akhir musim nanti.

2. Bottas tak berminat jajal ajang balap lain jika tak lagi perkuat Mercedes

Bottas Dikabarkan Buka Diskusi dengan Alfa Romeo, Pertanda Pindah? Valtteri Bottas usai GP Inggris (formula1.com)

Meski tengah menjajaki kemungkinan dengan tim lain, Bottas tetap berupaya bertahan di Mercedes. Kalau pun rencana tersebut tak terwujud, pembalap bernomor mobil 77 itu menegaskan tetap ingin berkompetisi di Formula 1 dan tak berminat menjajal ajang balap mobil lain.

Team Principal Mercedes Toto Wolff beberapa waktu lalu menyatakan kesiapannya untuk membantu Bottas mencari tim baru jika Russell dipilih menjadi rekan setim Lewis Hamilton.

Baca Juga: Formula 1 Rilis Visual Mobil Tiap Tim untuk Musim 2022, Kece Banget!

3. Alfa Romeo tak terburu susun daftar pembalap musim depan

Bottas Dikabarkan Buka Diskusi dengan Alfa Romeo, Pertanda Pindah? Suasana garasi Alfa Romeo pada GP Inggris (twitter.com/alfaromeoracing)

Di lain pihak, pemilik Alfa Romeo Finn Rausing dan Team Principal Fred Vasseur berupaya untuk tidak tergesa dalam menentukan susunan pembalap musim depan. Mereka akan menunggu Mercedes dan Red Bull menyelesaikan susunan pembalap mereka sebelum akhirnya memberi keputusan.

“Kami akan melihat seperti apa perkembangan di ‘bursa’ pembalap. Saya pikir sistem akan memenuhi tempat di atas. Itu berarti Mercedes harus ambil keputusan, begitu pula dengan Red Bull.

“Kemudian, seperti domino, di satu tahap kami punya peluang yang tersedia di atas meja dan kami akan mengambil keputusan pada tahap ini”, papar Vasseur pada GP Inggris dilansir Motorsport.com.

4. Bottas dapat pujian dari Wolff pada performanya di GP Inggris

Bottas Dikabarkan Buka Diskusi dengan Alfa Romeo, Pertanda Pindah? Valtteri Bottas dan Toto Wolff (formula1.com)

Meski kini tengah digoyang oleh rumor kehilangan kursi balap di Mercedes, Bottas tetap mendapat pujian dari Toto Wolff terutama pada perannya di GP Inggris akhir pekan lalu. Ia punya andil membantu Hamilton memenangkan balapan di Silverstone.

“Bottas punya kecepatan, karakter dan dia adalah seorang pembalap yang mengutamakan tim. Hal tersebut sangat penting dalam sebuah tim. Aku merasakan itu pada beberapa balapan bahwa dia memiliki pendekatan yang sangat positif dan Anda bisa lihat itu di lintasan”, puji Wolff.

5. Wolff tegaskan GP Hungaria bukan ajang pembuktian terakhir bagi Bottas

Bottas Dikabarkan Buka Diskusi dengan Alfa Romeo, Pertanda Pindah? Valtteri Bottas saat sapa pendukung di GP Inggris (twitter.com/ValtteriBottas)

Wolff pun ditanya apakah GP Hungaria adalah waktu ‘terakhir’ bagi Bottas membuktikan kapasitasnya atau tidak. Disodori hal itu Wolff menjawab bahwa balapan di Hungaroring bukanlah ajang untuk membuktikan suatu hal.

“Ini bukan tentang membuktikan suatu hal. Ini tentang kami menyatukan kepala kami di sini dan dengan Mercedes untuk menggambarkan masa depan jajaran pembalap kami. Kami akan ambil keputusan pada jeda musim panas. Kemudian, kami akan putuskan kapan harus menyampaikannya”, pungkas Wolff.

Baca Juga: Anggap Rekan Terbaik, Hamilton Minta Publik Tak Usik Bottas  

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya