Charles Leclerc Mengingatkan Sebastian Vettel akan Dirinya saat Muda

Sempat setim di Ferrari

Sebastian Vettel gantung helm dari Formula 1 selepas GP Abu Dhabi 2022. Pembalap asal Jerman yang memulai debut pada 2007 silam itu menyisakan sejumlah cerita.

Cerita itu salah satunya terkait pembalap Ferrari. Charles Leclerc mengingatkan Sebastian Vettel akan dirinya saat muda.

1. Sebastian Vettel dan Charles Leclerc pernah setim di Ferrari selama 2 musim

Charles Leclerc Mengingatkan Sebastian Vettel akan Dirinya saat MudaSebastian Vettel dan Charles Leclerc saat balapan GP Brasil 2019. (formula1.com)

Sebastian Vettel dan Charles Leclerc pernah menjadi rekan setim di Ferrari selama 2 musim pada 2019 dan 2020. Saat itu, Vettel dan Leclerc berada dalam posisi karier yang sangat berbeda.

Leclerc datang ke Ferrari pada 2019 dengan status sebagai pendatang baru. Saat itu, ia baru menjalani musim kedua di Formula 1 setelah musim sebelumnya memperkuat Sauber.

Sementara itu, Vettel memasuki musim kelima bersama Ferrari. Pada momen tersebut, pembalap bernomor mobil 5 itu sedang berjuang meraih gelar juara bersama tim berlogo kuda jingkrak.

2. Jatuh bangun Sebastian Vettel bersama Ferrari sebelum Charles Leclerc masuk

Charles Leclerc Mengingatkan Sebastian Vettel akan Dirinya saat MudaSebastian Vettel dan Charles Leclerc (formula1.com)

Sebastian Vettel menceritakan momen-momen sulit yang dihadapinya bersama Ferrari. Apalagi, saat itu dirinya sedang bersaing ketat dengan Lewis Hamilton yang begitu perkasa di balik mobil Mercedes.

"Pada 2017, kami punya mobil yang bagus dan kami gagal. Musim 2018, kami punya mobil bagus dan gagal lagi. Dalam 2 tahun tersebut, kami tidak menjaga kecepatan pengembangan. Kami jatuh dan kalah.

Musim 2019 menjadi tahun yang sedikit aneh, sebab awal musim tidak memberiku momentum untuk merasa, 'Baiklah, kami mulai lagi.' Jadi, Anda mulai berpikir apa yang sebenarnya mungkin menjadi masalah dalam beberapa tahun terakhir," jelas Vettel dilansir Racing News 365.

 

Baca Juga: 16 Mobil Sebastian Vettel untuk Membalap di Formula 1

3. Hadirnya Charles Leclerc ke Ferrari memotivasi Sebastian Vettel meraih lebih banyak kemenangan

Charles Leclerc Mengingatkan Sebastian Vettel akan Dirinya saat MudaSebastian Vettel dan Charles Leclerc selepas balapan GP Singapura 2019 (formula1.com)

Hadirnya sosok Charles Leclerc yang berstatus sebagai pembalap muda memacu motivasi Sebastian Vettel agar meraih kemenangan lebih banyak bersama Ferrari. Asa merengkuh gelar juara pun terus tumbuh setelah pada musim-musim sebelumnya gagal.

"Targetku tidak hanya memenangi sebuah balapan. Aku sudah melakukan hal semacam itu. Targetku adalah memenangi kejuaraan dan idealnya memenangi kejuaraan dengan cara yang kuinginkan adalah dengan memenangi lebih banyak balapan," ungkap Vettel.

Sayangnya, Vettel tidak juga meraih gelar juara bersama Ferrari. Mimpinya kandas bersama tim berlogo kuda jingkrak.

 

4. Sebastian Vettel melihat dirinya di dalam sosok Charles Leclerc

Charles Leclerc Mengingatkan Sebastian Vettel akan Dirinya saat MudaSebastian Vettel dan Charles Leclerc (formula1.com)

Meski hanya 2 musim bersama, Sebastian Vettel mengaku senang bisa bertandem dengan Charles Leclerc. Ia bersyukur hubungan dengan Leclerc berjalan tanpa kendala. Bahkan, ia merasa melihat diri sendiri dalam wujud lebih muda di dalam diri Leclerc.

"Leclerc berada dalam waktu yang sangat berbeda pada karier dan kehidupannya. Itu lucu karena aku melihatnya dan kami akur. Aku benar-benar menikmati waktu yang kami luangkan bersama.

Dia mengajarkanku beberapa hal, tidak melulu soal balapan. Akan tetapi, itu seolah-olah aku melihat pada diriku yang lebih muda dan itu butuh sedikit waktu untuk memahaminya," cerita Vettel dikutip F1i.

5. Pencapaian Sebastian Vettel selama memperkuat Ferrari pada 2015—2020

Charles Leclerc Mengingatkan Sebastian Vettel akan Dirinya saat MudaSebastian Vettel mengangkat trofi usai finis pertama di GP Singapura 2019. (formula1.com)

Selama memperkuat Ferrari pada 2015—2020, Sebastian Vettel telah menyumbang 14 kemenangan dan 55 podium. Total poin di klasemen yang dikumpulkan Vettel selama 6 musim tersebut sebanyak 1.455 poin.

Runner-up dua kali beruntun pada 2017 dan 2018 adalah capaian terbaik Vettel semasa di tim dengan livery khas merah. GP Singapura 2019 jadi kemenangan terakhirnya bersama Ferrari.

Kini, Vettel sedang menikmati masa-masa pensiun dari ajang balap yang membesarkan namanya. Tentu, penggemar Formula 1 akan sangat merindukan kehadiran sang pembalap setelah tak lagi berada di belakang kemudi mobil balap jet darat.

Baca Juga: 10 Potret Momen Perpisahan Sebastian Vettel di F1 GP Abu Dhabi

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya