Darryn Binder Komentari Gaya Pengereman Quartararo pada GP Catalunya

Binder menyebut Quartararo mengerem lebih keras

Darryn Binder kembali mendulang poin di MotoGP 2022. Pembalap WithU Yamaha RNF itu finis di posisi ke-12 dan membawa pulang 4 poin di Catalunya pada akhir pekan lalu. Sehari setelahnya, Binder menjalani sesi tes resmi dan menempati posisi ke-20.

Darryn Binder memberikan pandangannya terkait hasil yang didapat selama berada di Circuit de Barcelona-Catalunya. Adik kandung Brad Binder itu juga mengomentari soal pengereman yang dilakukan Fabio Quartararo. Menurutnya, Quartararo melakukan pengereman lebih keras.

1. Catatkan waktu 1 menit 40,746 detik, sempat terjatuh saat sesi tes

Darryn Binder Komentari Gaya Pengereman Quartararo pada GP CatalunyaDarryn Binder saat sesi tes di Catalunya (motogp.com)

Darryn Binder mencatatkan waktu terbaik 1 menit 40,746 detik saat tes resmi di Catalunya. Tercatat, Binder memutari sirkuit sebanyak 49 lap dengan catatan waktu terbaik berhasil didapat pada lap 35.

Pembalap berkebangsaan Afrika Selatan itu sempat mengalami insiden saat sesi tes. Ia terjatuh pada tikungan lima setelah jeda makan siang. Beruntung, Darryn Binder tak menderita cedera dan motornya tak mengalami kerusakan parah.

2. Darryn Binder dan tim mencoba sejumlah pengaturan pada motornya saat sesi tes

Darryn Binder Komentari Gaya Pengereman Quartararo pada GP Catalunyakru WithU RNF Yamaha saat pekan balap di Catalunya (motogp.com)

Selepas sesi tes, Darryn Binder menyebut jika timnya mencoba pengaturan pada bagian suspensi dan torsi motor. Dirinya berharap agar apa yang dirinya dan tim coba saat tes dapat memberi dampak kepada performanya di atas lintasan.

"Kami mencoba pengaturan berbeda pada suspensi. Kami juga bekerja pada pengaturan torsi yang berbeda. Ini tentang menjadi semulus mungkin di atas trek dan menghasilkan tenaga saat aku membutuhkannya. Aku bisa lebih konsisten dan kami mengambil langkah maju. Motornya terasa jauh lebih presisi," kata Darryn dilansir Speedweek.

Baca Juga: Ikuti Saran Remy Gardner, Darryn Binder Bakal Ubah Gaya Balap

3. Daya cengkeram jadi masalah yang masih dikeluhkan Darryn Binder

Darryn Binder Komentari Gaya Pengereman Quartararo pada GP CatalunyaDarryn Binder pada GP Catalunya 2022 (motogp.com)

Meski memuji motornya yang terasa lebih baik, Darryn Binder merasa itu masih belum cukup untuk bisa mencatatkan waktu tercepat. Apalagi ia masih mengeluhkan daya cengkeram yang masih menjadi masalah pada sepanjang akhir pekan di Catalunya.

"Sayangnya, aku tak bisa melakukan perburuan catatan waktu lagi. Setelah makan siang, aku keluar untuk lap pertamaku. Namun, aku kehilangan motorku di tikungan lima.

Treknya sangat sulit karena kami hanya punya dayang cengkeram yang sedikit sepanjang akhir pekan. Ketika semakin hangat, kondisinya bertambah buruk. Pada Senin (saat tes), ada banyak karet ban di trek. Itu jauh lebih baik ketimbang sehari sebelumnya," jelas Darryn.

4. Darryn Binder bandingkan pengereman yang dilakukannya dengan Fabio Quartararo

Darryn Binder Komentari Gaya Pengereman Quartararo pada GP CatalunyaFabio Quartararo pada GP Catalunya 2022 (motogp.com)

Darryn Binder juga sudah merasa lebih nyaman saat berada zona pengereman. Kini, ia mengaku mencoba melakukan pengereman selambat mungkin saat berada di zona tersebut.

Jika dibandingkan dengan Fabio Quartararo, pembalap bernomor motor 40 itu menyadari ada perbedaan yang terjadi. El Diablo mampu melakukan pengereman lebih jauh dan lebih keras saat berada di zona pengereman meski dengan daya cengkeram ban yang sedikit.

"Jika aku membandingkan dengan Quartararo, Anda bisa melihat dia bisa melambat lebih jauh di tengah zona pengereman. Contohnya, saat di Jerez, aku terjatuh dari roda depan ketika mengerem serta saat tes esok harinya," papar Darryn.

5. Fabio Quartararo menjelaskan gaya pengeremannya pada GP Catalunya

Darryn Binder Komentari Gaya Pengereman Quartararo pada GP CatalunyaFabio Quartararo saat tes di Catalunya (motogp.com)

Terkait pengereman, Quartararo mengakui bahwa dirinya tampil bagus meski hanya punya daya cengkeram sedikit pada GP Catalunya. Pembalap Monster Energy Yamaha tersebut menjelaskan mengapa dia mampu melakukan pengereman dengan baik. Salah satunya dipengaruhi kompon ban yang dipakai.

"Ada banyak pengereman di trek lurus di sini dengan menggunakan ban depan lebih banyak. Pada tikungan satu, Anda mengerem untuk jarak jauh pada trek lurus. Itu membutuhkan tenaga dan perasaan pada ban depan.

Aku memiliki itu dengan baik. Aku masih bisa mengatur waktu saat pengereman. Pada tikungan 1, 4, 5, dan 10 aku merasa sangat kuat. Pada dua tikungan terakhir dengan ban baru aku tidak sangat cepat. Akan tetapi, aku sangat konsisten dengan ban lama," jelas Quartararo dikutip Motorcycle Sports.

Fabio Quartararo sukses memperoleh kemenangan pada GP Catalunya. Pembalap bernomor motor 20 itu makin unggul di klasemen sementara dengan meraup 147 poin. Ia unggul 22 poin dari Aleix Espargaro yang berada di posisi kedua.

Baca Juga: Darryn Binder Senang dengan Suasana dalam RNF Team

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya