Comscore Tracker

Dovizioso Diprediksi Bakal Kesulitan di SRT setelah Kembali ke MotoGP

Dovi bakal jadi rekan setim Rossi di sisa musim 2021

Andrea Dovizioso bakal kembali mengaspal di MotoGP. Pembalap asal Italia itu akan memperkuat Petronas Yamaha SRT dan jadi rekan setim Valentino Rossi.

Walau begitu, Dovi diprediksi bakal mengalami kesulitan saat menunggangi YZR-M1. Hal ini dilontarkan test rider Yamaha, Cal Crutchlow, dalam sebuah kesempatan menanggapi kembalinya mantan pembalap Ducati itu ke MotoGP.

1. Putuskan rehat dari balapan, sempat ikut tes bersama Aprilia

Dovizioso Diprediksi Bakal Kesulitan di SRT setelah Kembali ke MotoGPAndrea Dovizioso saat tes bersama Aprilia di Mugello (motogp.com)

Dovizioso memutuskan rehat sejenak dari balapan MotoGP pada musim lalu. Pada 2021, ia mendapat tawaran untuk menguji motor RS-GP Aprilia. Namun, ia tak turun balapan bersama tim asal Noale, Italia, tersebut.

Praktis, balapan terakhir Dovi adalah seri terakhir MotoGP 2020 yang berlangsung di Portimao, Portugal. Saat itu ia masih memperkuat Ducati dan finis di posisi keenam pada balapan tersebut.

2. Crutchlow sebut Dovizioso bakal temui kesulitan saat tunggangi motor Yamaha

Dovizioso Diprediksi Bakal Kesulitan di SRT setelah Kembali ke MotoGPAndrea Dovizioso (motogp.com)

Kini Dovizioso kembali balapan, tapi bersama Ducati. Ia akan memperkuat Petronas Yamaha SRT di Misano, San Marino, pada pertengahan September mendatang. Namun, Cal Crutchlow memberi catatan pada comeback Dovi kali ini.

Menurutnya, Dovi akan menemui sedikit kesulitan saat kembali menunggangi motor Yamaha. Pasalnya, ia lebih lama memakai motor Desmosedici, bahkan selama delapan musim di Ducati.

“Dia mengendarai motor Ducati untuk waktu yang lama. Keuntungan yang dia miliki tak berlaku di sini (Yamaha). Pastinya itu bukan hal mudah. Pastinya, aku akan bekerja dengan dia sebagaimana dengan pembalap Yamaha lainnya dan kami akan memahami situasi saat dia kembali balapan,” kata Crutchlow dilansir speedcafe.com.

Baca Juga: Menanti Balapan MotoGP dan Formula 1 di Sirkuit Mandalika

3. Rossi senang Dovizioso bakal jadi rekan setimnya di sisa musim 2021

Dovizioso Diprediksi Bakal Kesulitan di SRT setelah Kembali ke MotoGPAndrea Dovizioso dan Valentino Rossi (motogp.com)

Di lain pihak, Valentino Rossi mengaku senang bisa berduet dengan Dovizioso di SRT. Pembalap yang akan pensiun dari MotoGP akhir musim 2021 nanti melihat sosok Dovi sebagai pembalap yang kenyang akan pengalaman.

“Ya, aku bahagia memiliki Dovi di tim sebab ia punya banyak pengalaman. Dia sangat cepat dan kami khususnya punya hubungan yang baik. Kami selalu bertarung di balapan sejak 2008 dan aku sangat senang dia kembali,” kata Rossi dikutip Autosport.

4. Dovizioso bakal dapat motor YZR-M1 A-Spec 2019, sama seperti yang dipakai Morbidelli

Dovizioso Diprediksi Bakal Kesulitan di SRT setelah Kembali ke MotoGPMorbidelli memakai motor YZR-M1 2019 A-Spec (motogp.com)

Saat memperkuat SRT nanti di Misano, San Marino, hingga akhir musim 2021, Dovi kemungkinan akan memperoleh motor YZR-M1 A-Spec 2019. Motor itu sama seperti yang dipakai Morbidelli musim ini.

Sementara itu, Rossi tetap akan memakai motor spesifikasi pabrikan seperti yang digunakan pula oleh Fabio Quartararo di Monster Energy Yamaha. Dovi baru akan dapat motor spesifikasi pabrikan pada musim depan sebagai bagian dari kesepakatan yang diteken bersama Yamaha.

5. Dovizioso pernah memperkuat tim satelit Yamaha pada 2012

Dovizioso Diprediksi Bakal Kesulitan di SRT setelah Kembali ke MotoGPAndrea Dovizioso saat perkuat Monster Energy Tech3 Yamaha (motogp.com)

Hubungan antara Dovizioso dan Yamaha bukanlah hal baru. Pemilik 15 kemenangan di kelas utama MotoGP itu pernah memperkuat tim satelit pabrikan asal Jepang tersebut pada musim 2012.

Saat itu Dovi berada di Monster Energy Yamaha Tech3 bersama Cal Crutchlow. Kebersamaan itu hanya berlangsung satu musim dengan hasil akhir Dovi bertengger di posisi keempat klasemen dengan raihan 218 poin.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Dikabarkan Bakal Balapan Lagi Bersama Yamaha  

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya