Comscore Tracker

Comeback ke MotoGP, Dovizioso Terima Undangan Tes Bersama Aprilia

Tes bakal digelar pada April mendatang

Andrea Dovizioso pada akhir musim lalu memutuskan cuti dari gelaran MotoGP pada musim 2021. Keputusan ini diambil setelah tak lagi memperkuat Ducati. Apalagi, kepergian Dovi dari tim juga diiringi dengan kian buruknya hubungan dengan General Manager Ducati, Gigi Dall’Igna. 

Setelah menolak sejumlah tawaran yang datang dari beberapa tim sebagai test rider, Dovi akhirnya membuka diri pada Aprilia. Ia menerima tawaran tes bersama skuad yang berbasis di Noale, Italia tersebut. 

1. Tes akan digelar pada 12--14 April 2021

Comeback ke MotoGP, Dovizioso Terima Undangan Tes Bersama Apriliamotogp.com

Seperti dilansir motogp.com, Dovi dijadwalkan mengikuti tes bersama Aprilia selama tiga hari pada 12--14 April mendatang. Gelaran tes tersebut akan dilaksanakan di Circuito de Jerez, Spanyol. 

“Adalah suatu kebahagiaan untuk mengundang Andrea. Hari-hari di Jerez akan menjadi sebuah kesempatan untuk mengetahui satu sama lain dengan lebih baik, juga ketika berada di trek,” ujar CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola.  

“Kami menyadari semua kualitas dan kontribusi Andrea akan sangat penting, bahkan untuk satu tes saja,” lanjutnya.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Jadi Serep Marc Marquez? Manager: Belum Tentu Mau

2. Dovizioso mengaku senang bisa menerima undangan tes dari Aprilia

Comeback ke MotoGP, Dovizioso Terima Undangan Tes Bersama Apriliamotogp.com

Di lain pihak, Dovizioso menanggapi undangan tes yang dialamatkan Aprilia pada dirinya. Ia merasa senang atas ketertarikan pada dirinya dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan.

“Aku senang dengan ketertarikan Aprilia dan ketika berbicara terkait kemungkinan melakukan tes. Aku dengan senang menerima undangan untuk bisa mengendarai motor MotoGP kembali dan untuk menjaga performa terbaik diriku serta memberikan saran dan kritik kepada para teknisi,” kata Dovi.

3. Aprilia sudah coba merekrut Dovi sejak tahun lalu

Comeback ke MotoGP, Dovizioso Terima Undangan Tes Bersama Apriliamotogp.com

Sejatinya, Aprilia sudah mencoba dengan sekuat tenaga merekrut Dovi pada tahun lalu. Langkah tersebut dilakukan menyusul Dovi yang memutuskan tak lagi terikat dengan Ducati pada pertengahan Agustus 2020.  

Namun, seperti dilansir crash.net, ketika itu Dovi tak yakin dengan Aprilia dan memilih cuti meski tim lain juga memberi tawaran padanya sebagai test rider. Kala itu, ia berharap dapat kembali ke kejuaraan dengan tim yang lebih kompetitif.

4. Performa apik Aprilia di tes pramusim mengubah keputusan Dovi

Comeback ke MotoGP, Dovizioso Terima Undangan Tes Bersama Apriliamotogp.com

Kini, Aprilia menunjukkan performa apik sepanjang tes pramusim. Aleix Espargaro mampu menempati posisi keenam dalam catatan waktu kombinasi tes pramusim selama lima hari. Hal ini disinyalir membuat Dovi berubah pikiran dan mau menerima undangan dari mereka.

Kondisi ini juga ditambah dengan Honda yang tak membuka opsi mengganti Marc Marquez yang masih dalam proses pemulihan cedera. Situasi tersebut semakin memantapkan hatinya untuk bergabung dengan Aprilia.

5. Dovizioso ikut tes, masa depan Bradley Smith kian dipertanyakan

Comeback ke MotoGP, Dovizioso Terima Undangan Tes Bersama Apriliamotogp.com

Dengan hadirnya Dovizioso ke garasi Aprilia pada April mendatang, kemungkinan Dovi direkrut sebagai test rider pun kian terbuka. Hal ini justru berdampak kelanjutan hubungan Bradley Smith dengan Aprilia.

Saat ini, Smith tak dipilih sebagai pembalap utama di Aprilia dan Lorenzo Savadori yang bakal bertandem dengan Aleix Espargaro musim ini. Pembalap asal Inggris tersebut merasa ia lebih pantas mendapat tempat di skuad ketimbang Savadori sebab telah memberi hasil cukup baik di musim lalu kala menggantikan Andrea Iannone.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Siap ke Honda, Asal Proyeknya Jelas

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya