Drama Bursa Pembalap F1 Terpecahkan, Oscar Piastri Resmi ke McLaren

Nasib Daniel Ricciardo semakin abu-abu

Selama hampir sebulan, para penggemar Formula 1 menantikan titik terang dari drama bursa pembalap yang melibatkan Oscar Piastri, Alpine, dan McLaren. Pada akhirnya, keputusan pun keluar di sela-sela Formula 1 seri GP Belanda yang berlangsung akhir pekan ini.

Oscar Piastri secara resmi akan menjadi tandem Lando Norris di McLaren musim Formula 1 2023. Lantas, seperti apa tanggapan Alpine dan juga McLaren atas keputusan ini?

1. CRB mengakui kontrak antara McLaren dan Piastri, Alpine anggap masalah sudah kelar

Drama Bursa Pembalap F1 Terpecahkan, Oscar Piastri Resmi ke McLarenTeam Principal Alpine Otmar Szafnauer (formula1.com)

Resmi bergabungnya Oscar Piastri ke McLaren didasarkan atas putusan yang dikeluarkan oleh Contract Recognition Board (CRB) yang mengadakan sidang pada, Senin (29/8/2022). Sidang tersebut digelar untuk meninjau situasi kontrak antara Piastri dan Alpine.

Hasilnya, CRB memutuskan bahwa mereka mengakui kontrak McLaren untuk Piastri. Hasil ini ditanggapi oleh Alpine. Mereka pun menyatakan bahwa fokus mereka tak lagi pada masalah tersebut.

"BWT Alpine F1 Team berterima kasih kepada CRB atas sidang yang dilakukan pada Senin. Kami mengetahui keputusan yang mereka buat. Kami menganggap masalah telah selesai pada sisi kami dan kami akan mengumumkan susunan pembalap musim 2023 pada waktunya," bunyi pernyataan Alpine dilansir F1i.

2. McLaren sambut hangat kehadiran Piastri; puji pencapaian selama berkiprah di F2 dan F3

Drama Bursa Pembalap F1 Terpecahkan, Oscar Piastri Resmi ke McLarenOscar Piastri mengangkat trofi Formula 2 musim 2021. (formula1.com)

Sementara itu, McLaren menyambut hangat kedatangan Oscar Piastri untuk membalap pada Formula 1 2023 mendatang. Pembalap asal Australia itu diikat kontrak selama dua musim oleh tim yang berbasis di Woking, Inggris.

"Piastri adalah salah satu talenta baru yang datang dari seri feeder menuju Formula 1. Kami senang melihatnya bergabung ke dalam tim pada musim 2023. Memenangkan Formula 3 dan Formula 2 pada musim debutnya berturut-turut adalah pencapaian nyata dan bukti atas talentanya di ajang balap single-seater," sebut pihak McLaren.

Baca Juga: Lando Norris Senang Membantu Ricciardo dalam Masa Sulit di McLaren

3. Piastri sudah tak sabar ingin segera memperkuat McLaren musim depan

Drama Bursa Pembalap F1 Terpecahkan, Oscar Piastri Resmi ke McLarenOscar Piastri menandatangani sebuah majalah milik seorang penggemar Formula 1. (formula1.com)

Oscar Piastri juga merasa senang bisa bergabung dengan McLaren musim depan. Ia pun menantikan momen bekerja bersama tim ber-livery oranye itu sekaligus menjadi rekan setim Lando Norris.

"Aku sangat bersemangat menjalani debutku di Formula 1 bersama tim bergengsi seperti McLaren. Aku sangat bersyukur untuk kesempatan yang telah ditawarkan kepadaku.

McLaren telah memiliki tradisi panjang yang memberikan talenta muda sebuah peluang. Aku tak sabar untuk bekerja keras bersama Norris untuk mendorong tim menuju ke barisan depan," kata Piastri.

4. Ada hal menarik dari keputusan CRB terhadap kontrak McLaren dan Piastri

Drama Bursa Pembalap F1 Terpecahkan, Oscar Piastri Resmi ke McLarenOscar Piastri (formula1.com)

Keputusan CRB juga sudah disampaikan oleh FIA. Menariknya, FIA menyebut bahwa CRB mengakui kontrak McLaren dan Oscar Piastri bertanggal 4 Juli 2022.

Tanggal tersebut tepat sehari setelah seri Formula 1 GP Inggris dan sembilan hari sebelum Ricciardo menyatakan tetap berkomitmen dengan McLaren melalui unggahan media sosial miliknya. 

Di sela-sela pekan balap GP Belanda, Ricciardo pun menanggapi pertanyaan seputar apakah dirinya tahu apa yang terjadi antara McLaren dan Piastri. Lantas, apa jawabannya?

"Sejujurnya, pada tanggal itu, itulah yang pertama saya dengar. Aku tidak mengetahui dengan jelas jadwalnya dan apa yang tim sedang didiskusikan.

Jujur, katankanlah sebelum tanggal itu, atau katakanlah selama berbulan-bulan, kami sudah berdiskusi. Bukan tentang masa depan saya, tetapi tentu saja tentang di mana kami bisa berkembang untuk mencoba memiliki masa depan yang lebih baik dengan tim," kata Ricciardo dikutip PlanetF1.

5. Ricciardo tahu ada pembicaraan yang berlangsung, tetapi mengaku itu bukan urusannya

Drama Bursa Pembalap F1 Terpecahkan, Oscar Piastri Resmi ke McLarenpembalap McLaren Daniel Ricciardo (formula1.com)

Meski begitu, Ricciardo menyatakan bahwa ia menyadari ada pembicaraan yang berlangsung di McLaren. Namun, pembalap berusia 33 tahun itu menegaskan masalah tersebut bukanlah urusannya.

"Aku sadar akan ada pembicaraan yang sedang berlangsung. Dalam hal jadwal, aku pikir apa yang tim lakukan, katakanlah mempersiapkan Piastri, itu juga bukanlah urusanku berkaitan dengan apa yang mereka katakan tentang ini atau itu.

Jika itu masalahnya, maka jadilah seperti itu. Itu benar-benar bukan keputusan yang aku buat," tandas Ricciardo.

Oscar Piastri sudah pasti akan menjadi bagian dari McLaren mulai musim depan. Akan tetapi, nasib Ricciardo di Formula 1 kian tak pasti.

Sejatinya, masih ada sejumlah tim yang kursi balapnya masih lowong, seperti AlphaTauri, Alpine, Williams, Haas, dan Alfa Romeo. Namun, Alpine kemungkinan besar akan menggaet Pierre Gasly.

Lalu, ke mana Ricciardo akan berlabuh? Apakah ia justru akan angkat kaki dari Formula 1?

Baca Juga: Daniel Ricciardo Pisah dengan McLaren Usai Formula 1 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya