Comscore Tracker

Meski Tak Diunggulkan, Ducati Percaya Diri Tatap GP Jerman

Miller dan Bagnaia optimistis tampil oke di Sachsenring

Ducati menunjukkan performa oke dalam tujuh balapan MotoGP 2021. Kecuali di Mugello, setidaknya ada satu pembalap dari manufaktur asal Italia itu yang naik podium dengan finis posisi pertama dan kedua.

Menyongsong GP Jerman akhir pekan ini, Ducati bertekad meraih hasil baik untuk terus menempel ketat Yamaha. Meski tak diunggulkan di sirkuit Sachsenring, mereka tetap percaya diri.

1. Keunggulan Desmosedici GP21 berpotensi sulit muncul di Sachsenring

Meski Tak Diunggulkan, Ducati Percaya Diri Tatap GP JermanMiller dan Bagnaia pada GP Catalunya (motogp.com)

Desmosedici GP21 punya kekuatan di trek lurus panjang. Mereka unggul dalam urusan akselerasi, top speed, dan pengereman keras. Namun, karakteristik kekuatan motor Ducati itu tampaknya berpotensi sulit muncul di Sachsenring.

Pasalnya, Sachsenring merupakan trek dengan kecepatan maksimum terendah di antara sirkuit lain dalam kalender balap MotoGP. Adapun motor sulit berdiri tegak hingga tikungan 11 sebab trek yang berkelok.

2. Ducati sudah lama tak pernah menang di GP Jerman

Meski Tak Diunggulkan, Ducati Percaya Diri Tatap GP JermanCasey Stoner saat menang di GP Jerman 2008 (motogp.com)

Selain itu, Ducati sudah lama tak menang di Sachsenring. Terakhir kali tim ber-livery khas merah itu menang di sana pada 2008 silam. Kala itu Casey Stoner mampu finis di depan Valentino Rossi dan Chris Vermeulen.

Delapan tahun berselang, Ducati mampu naik podium usai Andrea Dovizioso finis di posisi ketiga di belakang Marc Marquez dan Cal Crutchlow. Hal-hal seperti itu yang membuat banyak pihak kurang menjagokan Ducati bakal berbicara banyak di GP Jerman.

Baca Juga: Perpanjang Kontrak, Jack Miller Tetap di Ducati Hingga Musim 2022

3. Miller optimistis meraih hasil baik meski Ducati tak diunggulkan

Meski Tak Diunggulkan, Ducati Percaya Diri Tatap GP JermanJack Miller pada GP Catalunya (motogp.com)

Meski tak diunggulkan, Ducati optimistis mampu meraup hasil baik di Sachsenring. Hal ini diutarakan langsung oleh Jack Miller yang menyebut Ducati mampu bersaing, bahkan di trek yang menyulitkan sekalipun.

“Ducati bukanlah salah satu favorit di sirkuit ini, tapi tahun ini kami bisa tampil kompetitif, bahkan pada trek yang sejatinya menyulitkan kami.

Perasaanku dengan Desmosedici GP21 berlanjut dengan sangat baik. Jadi, aku sangat yakin aku bisa bertarung untuk hasil baik di balapan kali ini,” kata Miller dilansir Crash.

4. Tak hanya Miller, Bagnaia juga suarakan optimisme jelang GP Jerman

Meski Tak Diunggulkan, Ducati Percaya Diri Tatap GP JermanFrancesco Bagnaia pada konferensi pers GP Italia (motogp.com)

Nada optimisme juga disuarakan rekan setim Miller, Francesco Bagnaia. Pecco, sapaan akrab Bagnaia, juga mengakui bahwa Sachsenring dan Desmosedici kurang berjodoh. Namun, kemenangan di sirkuit itu akan berarti dalam upaya merebut gelar juara dunia.

“Kami berada di dua balapan jelang jeda musim panas. Ini momen penting pada kejuaraan dan akan sangat penting untuk mendapat hasil bagus di akhir pekan ini.

Sachsenring bukanlah trek yang cocok dengan motor kami, tapi saya percaya saya akan melakukan dengan baik tahun ini,” ucap Pecco dikutip GPOne.

5. Jadwal balapan MotoGP seri Jerman

Meski Tak Diunggulkan, Ducati Percaya Diri Tatap GP JermanKondisi selepas start pada GP Jerman 2019 (motogp.com)

Keseruan balapan MotoGP akan kembali di akhir pekan ini. Marc Marquez yang berstatus sebagai pembalap terbanyak yang menang di Sachsenring akan berupaya melanjutkan catatan tersebut akhir pekan ini.

Di sisi lain, Fabio Quartararo yang sudah mengantongi tiga kemenangan di musim ini juga berupaya mengincar kemenangan lainnya. Siapa yang bakal melenggang sebagai pemenang? Nah, biar tidak ketinggalan keseruan balapan akhir pekan ini, yuk, simak jadwalnya berikut ini!

  • Jumat, 18 Juni 2021

Sesi Latihan 1: 14.55--15.40 WIB

Sesi Latihan 2: 19.10--19.55 WIB

  • Sabtu, 19 Juni 2021

Sesi Latihan 3: 14.55--15.40 WIB

Sesi Latihan 4: 18.30--19.00 WIB

Kualifikasi 1: 19.10--19.25 WIB

Kualifikasi 2: 19.35--19.50 WIB

  • Minggu, 20 Juni 2021

Main Race: 19.00 WIB

Baca Juga: Upaya Marc Marquez Pertahankan Rekor Apik di GP Jerman

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya