Comscore Tracker

F1 dan MotoGP Beri Penghormatan Pada Fausto Gresini Jelang Balapan

Seremoni penghormatan akan digelar pada hari Minggu

Februari 2021 lalu dunia balap berduka setelah Fausto Gresini dinyatakan meninggal dunia akibat COVID-19. Pendiri tim Gresini Racing itu mengembuskan napas terakhir pada usia 60 tahun.

Pada akhir pekan ini F1 dan MotoGP akan menggelar seremoni penghormatan pada dua juara dunia MotoGP kelas 125cc ini jelang balapan pada Minggu (18/4). Rencananya, pihak keluarga Fausto Gresini akan hadir di Imola, Italia, untuk ikut dalam seremoni bersama seluruh pihak F1 yang menggelar balapan di sana.

1. Minute of Silence akan digelar pada waktu yang bersamaan

F1 dan MotoGP Beri Penghormatan Pada Fausto Gresini Jelang Balapanmotorsportweek.com

Dilansir motorsportweek.com, F1 dan MotoGP akan menggelar penghormatan dalam bentuk minute of silence pada waktu yang bersamaan meskipun Portimao, Portugal, yang menjadi lokasi balapan MotoGP dan Imola, Italia, ada perbedaan zona waktu.

Seremoni akan berlangsung pada pukul 12.42 waktu Portimao dan 13.42 waktu Imola atau pukul 18.42 WIB. Seremoni ini pun juga disepakati bersama antara pihak MotoGP dan F1.

2. Seluruh pembalap dan kru tim MotoGP berkumpul di depan pit box Aprilia Gresini Team saat seremoni

F1 dan MotoGP Beri Penghormatan Pada Fausto Gresini Jelang Balapansecure.motogp.com

Pihak MotoGP pun juga memberi keterangan terkait seperti apa jalannya minute of silence yang akan digelar beberapa menit jelang balapan dimulai. Nantinya, seluruh pembalap dan kru tim dari kelas Moto3 hingga MotoGP akan berkumpul di depan pit box Aprilia Gresini Team.

“Di Autodromo Internacional do Algarve, semua motor, kru, dan pembalap dari kelas Moto3 hingga MotoGP akan berkumpul di depan pit box Aprilia Racing Team Gresini jelang balapan kelas utama MotoGP.

Presiden FIM, Jorge Viegas, dan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, akan ikut bergabung dan memberi penghormatan kepada mendiang Fausto Gresini,” bunyi pernyataan resmi MotoGP dikutip dari motorsport.com.

Baca Juga: 5 Cara Keliru Menghibur Orang yang Sedang Berduka, Bikin Tambah Sedih

3. CEO F1 akan ikut memberi penghormatan di Imola bersama keluarga Fausto Gresini

F1 dan MotoGP Beri Penghormatan Pada Fausto Gresini Jelang Balapanmotogp.com

Di tempat terpisah, CEO F1, Stefano Domenicali, ikut serta memberi penghormatan terakhir kepada mendiang Fausto bersama dengan para pembalap serta kru F1 lainnya. Ia pun turut menemani keluarga Fausto yang dijadwalkan hadir pada Minggu (18/4).

4. F1 juga ubah waktu kualifikasi untuk menghormati pemakaman Pangeran Philips

F1 dan MotoGP Beri Penghormatan Pada Fausto Gresini Jelang Balapanformula1.com

Sebelumnya, F1 melakukan perubahan pada jadwal kualifikasi guna menghormati proses pemakanan Pangeran Philips yang akan digelar Sabtu (17/4). Ini dimaksudkan agar waktu kualifikasi tidak bertabrakan dengan prosesi pemakaman suami Ratu Elizabeth II tersebut.

Alhasil, sesi kualifikasi akan berlangsung pada 19.00--20.00 WIB dan sesi kualifikasi ketiga akan digelar pada 16.00--17.00 WIB. Sebelum sesi kualifikasi dimulai, para pembalap dan kru akan melakukan minute of silence untuk memberi penghormatan kepada mendiang Pangeran Philips.

5. Rekam jejak singkat Fausto Gresini di kancah MotoGP

F1 dan MotoGP Beri Penghormatan Pada Fausto Gresini Jelang Balapanmotogp.com

Sedikit mengenang Fausto Gresini. Sepanjang aktif membalap di kelas 125cc sejak tahun 1983 hingga pensiun pada 1997, pembalap kelahiran Imola itu sudah membukukan 21 kali kemenangan. Gelar juara dunia pun direngkuhnya sebanyak dua kali pada 1985 dan 1987.

Selepas pensiun pada 1997, ia mendirikan Gresini Racing dan kini Gresini Racing memiliki tim di kelas Moto3, Moto2, dan kelas utama MotoGP, bahkan merambah ke ajang MotoE.

Hingga musim 2020, Gresini Racing telah meraih empat gelar juara dunia pembalap di kelas 250cc pada 2001, kelas Moto2 pada 2010, kelas Moto3 pada 2018, dan MotoE pada 2019. Selamat jalan, Fausto Gresini!

Baca Juga: MotoGP Berduka, Fausto Gresini Meninggal Dunia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya