Raih Poin Penuh, Hamilton Kuasai Balapan di GP F1 Suzuka

Perlebar jarak poin dengan Vettel

Lewis Hamilton sekali lagi menunjukkan keperkasaannya dalam perebutan gelar juara F1. Sirkuit Suzuka jadi arena baginya mendulang poin penuh pada balapan Minggu (7/10/2018) siang WIB. Hamilton unggul dari rekan setimnya Valtteri Bottas yang finis di posisi runner dan Pebala Red Bull Max Verstappen di urutan ketiga. Sementara itu, duet Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen masing - masing menyudahi balapan di posisi kelima dan keenam.

1. Verstappen senggol Raikkonen, kena penalti 5 detik

Raih Poin Penuh, Hamilton Kuasai Balapan di GP F1 Suzukatwitter.com/Racingnews2015

Balapan yang baru berumur satu lap sudah menyuguhkan insiden. Verstappen yang akan memasuki tikungan terakhir malah keluar jalur dan melintasi rumput di sisi kiri lintasan. Saat akan masuk kembali ke trek, mobil pebalap asal Belanda ini menyenggol mobil Raikkonen yang sudah berada di sisi kanannya. Akibat insiden itu Race Director menjatuhkan penalti 5 detik pada Verstappen.

2. Magnussen alami pecah ban setelah ditabrak Leclerc

Raih Poin Penuh, Hamilton Kuasai Balapan di GP F1 Suzukatwitter.com/F1

Tak berselang lama dari insiden Verstappen-Raikkonen, kejadian hampir serupa kembali terjadi. Kali ini, Kevin Magnussen dan Charles Leclerc yang terlibat tabrakan. Dikutip dari Motorsport.com, Magnussen mengambil lajur kanan di trek start-finish untuk mempertahankan posisinya dari kejaran Leclerc. 

Naas, mobil Leclerc menghantam bagian belakang mobil Magnussen dan membuat ban belakang kiri pebalap Haas itu pecah. Magnussen berusaha untuk melanjutkan balapan dan masuk ke pit. Dalam usahanya menuju ke pit Magnussen banyak meninggalkan serpihan di trek sehingga safety car masuk pada lap 4.

Baca Juga: Kalahkan Vettel, Lewis Hamilton Start Terdepan di GP Belgia

3. Vettel tabrak Verstappen, posisinya melorot ke urutan belakang

Raih Poin Penuh, Hamilton Kuasai Balapan di GP F1 Suzukatwitter.com/F1

Balapan kembali berlanjut setelah safety car kembali ke pit pada lap 8. Vettel mendapat kesempatan untuk menyalip Verstappen saat memasuki tikungan 13 dan 14. Tikungan yang dinamai Spoon ini jadi saksi manakala Vettel yang berusaha menyalip dari sisi kiri tikungan 13 malah berujung pada tabrakan ringan antara dirinya dengan Verstappen. 

Mobil Verstappen hanya 'melompat' kecil dan masih dapat melaju sedangkan mobil Ferrari milik Vettel harus melintir dan keluar lintasan. Posisi Vettel pun melorot ke peringkat 19 akibat insiden itu. Pebalap Jerman itu pun harus berjuang menyalip satu demi satu pebalap dan mampu mengakhiri balapan di peringkat keenam.

4. Tampil fantastis, Ricciardo finis urutan kelima

Raih Poin Penuh, Hamilton Kuasai Balapan di GP F1 Suzukatwitter.com/F1

Penampilan luar biasa ditampilkan oleh Daniel Ricciardo. Memulai balapan dari posisi ke-15, pebalap asal Australia ini mampu menyelesaikan lomba di urutan keempat, seperti dilansir Formula1.com. Ricciardo pun juga diganjar predikat Driver of The Day berkat penampilan apiknya di balapan kali ini. 

Perlu diketahui, gelar Driver of The Day diberikan kepada satu pebalap di setiap balapan berdasarkan voting yang diberikan ketika balapan berlangsung oleh penggemar F1 dengan mengakses situs resmi ajang balap tersebut.

5. Hasil lengkap balapan F1 GP Jepang

Raih Poin Penuh, Hamilton Kuasai Balapan di GP F1 Suzukatwitter.com/F1

Keseruan balapan F1 musim ini akan berlanjut ke Amerika Serikat pada 19 - 21 Oktober mendatang di Circuit of The Americas. Bagi kamu yang terlewat menyaksikan aksi - aksi pebalap F1 di sirkuit Suzuka, berikut kami sajikan hasil lengkap balapannya.

Baca Juga: [BREAKING]: Lewis Hamilton Sukses Ulangi Kemenangan di GP F1 Singapura

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya