Comscore Tracker

Fernando Alonso Puji Performa Max Verstappen pada Formula 1 2022

Verstappen tinggal selangkah lagi meraih gelar juara dunia

Max Verstappen kini dalam posisi di atas angin dalam perebutan gelar juara dunia Formula 1. Pembalap Red Bull itu kini unggul 104 poin dari Charles Leclerc jelang balapan Formula 1 GP Jepang yang berlangsung pada 7--9 Oktober 2022 di sirkuit Suzuka.

Performa mengesankan Verstappen selama musim 2022 menuai pujian dari sejumlah pihak, salah satunya Fernando Alonso. Ia menyebut Verstappen dan Red Bull tampil cemerlang dengan melaju meninggalkan para pesaing.

1. Sempat kesulitan pada awal musim, Verstappen tampil oke setelah GP Australia

Fernando Alonso Puji Performa Max Verstappen pada Formula 1 2022pembalap Red Bull Max Verstappen (formula1.com)

Verstappen dan Red Bull bukannya tanpa hambatan pada musim 2022. Pada tiga balapan awal Verstappen hanya mampu meraih satu kemenangan pada GP Arab Saudi. Dua balapan lainnya, yakni GP Bahrain dan Australia, harus dilalui dengan gagal mendapat poin.

Akan tetapi, Verstappen mampu tampil konsisten ketimbang Leclerc selepas GP Australia. Itu dibuktikan lewat perolehan sepuluh kemenangan yang didapat sejak GP Emilia Romagna hingga GP Italia.

2. Performa bagus Verstappen disebut Alonso sebagai hal yang luar biasa

Fernando Alonso Puji Performa Max Verstappen pada Formula 1 2022Max Verstappen dan Fernando Alonso (formula1.com)

Performa bagus Verstappen yang tersaji pada musim ini disebut oleh Alonso sebagai hal yang luar biasa. Pembalap yang baru saja memecahkan rekor jumlah start balap terbanyak di Formula 1 itu menilai Red Bull dan Verstappen berada di depan para kompetitor.

"Red Bull dan Verstappen sangat luar biasa. Mungkin tidak ada pertarungan karena mereka lebih baik daripada yang lain," ucap Alonso dilansir Racing News 365.

Baca Juga: Sirkuit di Jepang yang Pernah Menggelar Balapan F1, Tak Hanya Suzuka

3. Alonso kagum pada proses adaptasi Verstappen terhadap mobil musim 2022

Fernando Alonso Puji Performa Max Verstappen pada Formula 1 2022Max Verstappen pada GP Italia 2022 (formula1.com)

Alonso juga kagum pada proses adaptasi yang dimiliki oleh Verstappen. Apalagi, musim 2022 adalah pertama kalinya diberlakukan regulasi teknis baru sehingga mengubah desain mobil yang dipakai para pembalap musim ini.

Alonso melihat Verstappen mampu langsung tampil cepat sejak sesi latihan pertama pekan balap yang selalu digelar pada hari Jumat. Adaptasi Verstappen dinilai lebih cepat ketimbang pembalap lain yang ada di grid balap musim ini.

"Anda tak bisa mengajarinya. Itu harus datang dari diri Anda sendiri. Ada beberapa pembalap yang perlu waktu lebih banyak dan butuh mempelajari banyak data. Mereka butuh semua sesi pada hari Jumat untuk menganalisis  dan membandingkannya dengan rekan setim mereka.

Ada pula yang tampil seratus persen pada sesi latihan pertama. Verstappen adalah salah satunya dan dia selalu seperti itu sejak dari gokart hingga sekarang. Jadi, itu seharusnya tak mengherankan bagi siapapun," jelas Alonso dikutip GPFans.

4. Ferrari punya mobil yang sangat cepat, tapi Red Bull dan Verstappen mampu tampil konsisten

Fernando Alonso Puji Performa Max Verstappen pada Formula 1 2022Charles Leclerc dan Max Verstappen (formula1.com)

Alonso mengakui bahwa Ferrari punya mobil yang sangat cepat musim ini. Namun, Verstappen bersama Red Bull mampu tampil konsisten dan minim kehilangan poin.

Hal ini yang dinilai oleh pembalap asal Spanyol itu sebagai keunggulan yang dimiliki oleh Verstappen dan Red Bull dalam perebutan gelar juara pembalap serta konstruktor.

"Ferrari punya mobil yang amat cepat, tapi, Red Bull dan Verstappen begitu mengesankan. Keduanya lebih baik ketimbang yang lain meskipun tidak memiliki mobil yang superior," tandas Alonso.

5. Jadwal lengkap Formula 1 2022 GP Jepang, jangan sampai terlewat!

Fernando Alonso Puji Performa Max Verstappen pada Formula 1 2022balapan Formula 1 GP Jepang musim 2019 (formula1.com)

Akhir pekan ini Formula 1 akan kembali mengaspal di Suzuka International Racing Course. Setelah absen selama dua musim akibat pandemi COVID-19, para penggemar di Jepang akan kembali menyaksikan para pembalap Formula 1 saling bersaing berebut posisi terbaik.

GP Jepang juga akan menjadi momen yang dinantikan Verstappen. Sebab, pembalap asal Belanda itu berpeluang besar menyegel gelar juara musim ini.

Nah, supaya kalian tak ketinggalan keseruan balapan akhir pekan ini ada baiknya menyimak jadwal lengkap GP Jepang berikut ini. Jangan sampai lupa, ya!

  • Jumat, 7 Oktober 2022

FP1: 10.00 -- 11.00 WIB

FP2: 13.00 -- 14.30 WIB

  • Sabtu, 8 Oktober 2022

FP3: 10.00 -- 11.00 WIB

Kualifikasi: 13.00 -- 14.00 WIB

  • Minggu, 9 Oktober 2022

Main Race: 12.00 -- 14.00 WIB

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP Jepang

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya