Comscore Tracker

Bersaing Lawan McLaren, Ferrari Ingin Finis Ketiga di Formula 1 2021

McLaren dan Ferrari incar posisi tiga besar di klasemen

Persaingan di Formula 1 musim 2021 tak hanya melulu soal Red Bull dan Mercedes. Ada rivalitas antara McLaren dan Ferrari yang semakin panas jelang akhir musim.

McLaren saat ini unggul 7,5 poin dari Ferrari dan duduk di posisi ketiga klasemen konstruktor. Tak ingin finis di belakang McLaren, Ferrari pun bertekad tampil maksimal di sisa enam balapan agar bisa finis di depan musuh terdekatnya itu.

1. Bos tim Ferrari tetap targetkan finis tiga besar meski juga fokus untuk kembangkan mobil musim 2022  

Bersaing Lawan McLaren, Ferrari Ingin Finis Ketiga di Formula 1 2021Bos tim Ferrari Mattia Binotto (formula1.com)

Ferrari memang tengah fokus pada pengembangan mobil untuk musim 2022. Hal ini dipilih mengingat adanya sejumlah aturan sekaligus ingin kembali tampil di barisan depan pada musim mendatang.

Tapi, bos tim Ferrari Mattia Binotto tetap menargetkan finis ketiga di klasemen konstruktor. Ia menganggap pencapaian itu sebagai target paling jelas yang bisa diraih timnya musim ini.

“Target itu (finis ketiga) sudah kami komunikasikan kepada semua orang di tim. Aku pikir semua orang setuju pada hal itu. Akan jadi hal luar biasa bisa finis tiga besar”, kata Binotto dilansir Motorsport.com.

2. Target yang dipatok Ferrari bertujuan agar terbiasa bekerja dalam tekanan

Bersaing Lawan McLaren, Ferrari Ingin Finis Ketiga di Formula 1 2021Kru Ferrari saat pergantian ban untuk Leclerc pada GP Turki (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Binotto pun menuturkan bahwa target yang dipatok Ferrari musim ini bertujuan pula untuk membiasakan semua elemen bisa bekerja dalam tekanan. Itu juga sebagai persiapan menyongsong musim 2022 yang diprediksi akan semakin ketat.

“Bagiku bekerja dengan tujuan jelas untuk akhir musim ini adalah hal penting bagi kami. Sebab, ini adalah sebuah cara untuk bekerja di bawah tekanan dan menjadi terlatih akan hal itu”.

Baca Juga: F1: Mercedes Antisipasi Kekuatan Ferrari dan McLaren di GP Portugal

3. Leclerc dan Sainz sudah pakai mesin baru guna bersaing lawan para pembalap McLaren

Bersaing Lawan McLaren, Ferrari Ingin Finis Ketiga di Formula 1 2021Charles Leclerc pada balapan GP Turki (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Terkait mobil Ferrari musim 2021 ini, baik yang dipakai Charles Leclerc dan Carlos Sainz sudah memakai mesin baru. Pemakaian mesin baru ini guna mendorong performa mobil agar dapat bertarung dengan McLaren.

“Anda bisa lihat di Turki kami lebih cepat dari McLaren. Pada balapan di Sochi, mereka lebih cepat dari mereka. Jadi, aku masih percaya bakal ada kondisi naik turun seperti itu hingga akhir musim”, ujar Sainz dikutip Autobala.

4. Sainz berharap mesin baru bisa beri sedikit kemajuan di sisa musim 2021 

Bersaing Lawan McLaren, Ferrari Ingin Finis Ketiga di Formula 1 2021Carlos Sainz pada balapan GP Turki (twitter.com/Carlossainz55)

Meski begitu, Sainz merasa cukup sulit memberi penilaian untuk mesin baru tersebut. Tapi, ia berharap ada sedikit kemajuan yang bisa didapat agar dirinya mampu membantu Ferrari finis di posisi tiga besar.

“Apa yang seharusnya mesin berikan kepada kami adalah kemungkinan untuk berada lebih dekat dengan pesaing di beberapa sirkuit dan membuat kami kian unggul di sirkuit yang lainnya. 

Itulah yang kami cari sejak upgrade mesin dipakai. Kami harap itu bisa memberi kami sedikit keunggulan untuk membuat persaingan semakin sengit”.

5. Ferrari lakukan penggantian mesin pada mobil Leclerc dan Sainz pada GP Rusia dan Turki. Hasilnya?

Bersaing Lawan McLaren, Ferrari Ingin Finis Ketiga di Formula 1 2021Mobil Charles Leclerc dan Carlos Sainz (formula1.com)

Perlu diketahui, Ferrari telah melakukan pergantian mesin pada dua balapan beruntun di GP Rusia dan Turki. Pada balapan GP Rusia, Charles Leclerc mendapat upgrade mesin yang membuatnya start dari posisi paling belakang. Hal ini juga dialami oleh Carlos Sainz pada GP Turki.

 

Keputusan melakukan upgrade mesin membuahkan hasil pada GP Turki. Leclerc finis keempat, sementara itu Sainz mampu melintasi garis finis di posisi kedelapan. Akankah jadi pertanda baik bagi Ferrari?

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pindah dari McLaren Ke Ferrari

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya