Ferrari Puas dengan Hasil Tes Pramusim Formula 1 2023

Meski begitu, mereka tidak mau jemawa

Tes pramusim Formula 1 2023 di Bahrain rampung akhir pekan lalu. Para pembalap dan tim kini bersiap menyongsong seri pembuka yang berlangsung di lokasi yang sama.

Ferrari yang tampil menjanjikan saat tes pramusim optimistis jelang GP Bahrain akhir pekan ini, Minggu (5/3/2023). Mereka juga tak terlalu risau dengan RB19 milik Red Bull yang tampil cepat selama tes berlangsung.

1. Ferrari jadi tim dengan total lap terbanyak ketiga sepanjang tes pramusim di Bahrain

Ferrari Puas dengan Hasil Tes Pramusim Formula 1 2023inforgrafis total lap para tim saat tes pramusim Formula 1 2023 (twitter.com/F1)

Ferrari menjadi tim ketiga dengan total lap terbanyak saat tes pramusim. Tim berlogo kuda jingkrak itu mampu melahap 416 lap selama 3 hari penyelenggaraan.

Catatan waktu terbaik yang dibukukan Ferrari adalah 1 menit 31,024 detik oleh Charles Leclerc. Waktu tersebut dibukukan pembalap asal Monako itu pada hari ketiga tes pramusim.

2. Meski menorehkan hasil bagus, Ferrari harus menghadapi beberapa persoalan

Ferrari Puas dengan Hasil Tes Pramusim Formula 1 2023catatan waktu tercepat dari masing-masing tim saat tes pramusim Formula 1 2023 (twitter.com/F1)

Secara keseluruhan, Ferrari menorehkan hasil mengesankan selama tes pramusim. Akan tetapi, mereka masih dihadapkan beberapa masalah pada mobil SF-23.

Melansir Formula 1, SF-23 harus berhadapan dengan masalah bouncing dan degradasi ban. Selain itu, Ferrari juga perlu mewaspadai Red Bull yang tampil cepat saat memakai RB19.

Red Bull menunjukkan keperkasaan mereka saat tes pramusim. Itu terlihat dari dominasi mereka, khususnya pada hari terakhir. Sergio Perez mampu mencatatkan waktu 1 menit 30,305 detik dan menempatkan namanya sebagai pembalap tercepat dalam hasil keseluruhan tes.

Baca Juga: Ferrari Resmi Perkenalkan SF-23, Siap Sambut Formula 1 2023

3. Frederic Vasseur mengakui kalau Ferrari puas dengan hasil tes pramusim di Bahrain

Ferrari Puas dengan Hasil Tes Pramusim Formula 1 2023Team Principal Ferrari Frederic Vasseur (formula1.com)

Meski mengalami beberapa kendala, Ferrari tampak puas dengan hasil tes kali ini. Frederic Vasseur, Team Principal Ferrari, mengakui hal tersebut selepas rangkaian tes.

"Secara keseluruhan, aku pikir kami bisa senang dengan tes yang kami lakukan. Mobil tampak bagus dari segi performa. 

Namun, kami tak tahu tentang tingkat bahan bakar untuk hal lainnya. Jadi, itu selalu jadi hal yang sedikit rumit," kata Vasseur dikutip Racing News 365

4. Frederic Vasseur tegaskan hasil tes pramusim belum jadi cerminan performa saat pekan balap

Ferrari Puas dengan Hasil Tes Pramusim Formula 1 2023Charles Leclerc mencoba mobil Ferrari pada tes pramusim Formula 1 2023. (twitter.com/F1)

Meski merasa puas, Frederic Vasseur menegaskan, hasil tes pramusim belum bisa menjadi cerminan performa mereka saat menjalani GP Bahrain. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi, salah satunya kondisi trek saat pekan balap.

"Sekarang, dalam hal kualitas performa, kami akan tahu di mana kami berada. Namun, untuk tampil memakai ban C4 saat suhu trek mencapai 55 derajat celsius tidak relevan untuk persiapan yang akan datang," jelas Vasseur.

 

5. Charles Leclerc jajal beberapa gaya balap guna memaksimalkan performa SF-23

Ferrari Puas dengan Hasil Tes Pramusim Formula 1 2023Charles Leclerc saat menjajal tes pramusim Formula 1 2023. (formula1.com)

Di sisi lain, Charles Leclerc mencoba beberapa gaya balap selama gelaran tes pramusim. Itu dilakukannya demi bisa memaksimalkan performa SF-23 saat dipacu di atas lintasan.

"Kami banyak berfokus pada pekerjaan pengaturan mobil dan membuat beberapa langkah maju. Aku juga mencoba beberapa gaya balap yang berbeda untuk menguji mana yang cocok untukku dalam mobil baru ini," terang Leclerc.

GP Bahrain akan jadi ujian pertama Ferrari di Formula 1 2023. Apakah hasil bagus saat tes pramusim bisa berlanjut saat pekan balap perdana musim ini?

Baca Juga: Ferrari Terbiasa Puasa Gelar di Formula 1, Kapan Juara?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya