Ferrari Resmi Perkenalkan SF-23, Siap Sambut Formula 1 2023

Charles Leclerc langsung jajal mobil di sirkuit

Ferrari menyusul tim-tim lain meluncurkan livery mobil untuk Formula 1 2023. Tim berlogo kuda jingkrak itu menggelar acara peluncuran pada Selasa (14/11/2023) sore WIB.

Acara tersebut digelar di markas Ferrari yang berlokasi di Maranello, Italia. Bahkan, mereka langsung menjajal mobil SF-23 di Sirkuit Pista di Fiorano.

Seperti apa tampilan SF-23? Lalu, bagaimana kesan Charles Leclerc dan Carlos Sainz terhadap mobil baru mereka?

1. Warna merah masih mendominasi livery SF-23, warna hitam tampak dalam beberapa bagian

Ferrari Resmi Perkenalkan SF-23, Siap Sambut Formula 1 2023tampilan SF-23 dan F1-75 (twitter.com/F1)

Warna livery Ferrari untuk SF-23 masih tetap sama seperti versi F1-75. Warna merah yang jadi ciri khas tim dipertahankan.

Terdapat juga sejumlah bagian pada mobil yang diberi warna hitam. Warna tersebut tampak pada area sidepod, depan haloshark fin, dan sisi samping hidung mobil.

2. Frederic Vasseur sebut timnya bangga atas pengembangan SF-23

Ferrari Resmi Perkenalkan SF-23, Siap Sambut Formula 1 2023Carlos Sainz, Frederic Vasseur, dan Charles Leclerc berfoto (formula1.com)

Frederic Vasseur, Team Principal Ferrari, hadir dalam acara peluncuran SF-23. Ia bergabung sebagai pengganti Mattia Binotto yang memutuskan mundur dari jabatannya dan meninggalkan tim.

Pria berkebangsaan Prancis itu berujar Ferrari punya banyak hal yang diperlukan dalam upaya meraih gelar juara dunia. Vasseur melihat semua orang di tim sangat puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan selama pengembangan SF-23.

"Aku bisa merasakan semua orang sangat bangga terhadap pekerjaan yang dilakukan. Perasaan ini sangat penting untuk motivasi bagi semua orang dan untuk musim ini.

Ini akan jadi musim yang cukup panjang. Namun, motivasi ada di sana dan sangat penting dalam hal performa," ucap Vasseur dilansir Formula 1.

Baca Juga: Alasan Dibalik Nama Aneh pada Mobil Ferrari di Formula 1

3. Charles Leclerc sampaikan pendapatnya usai menjajal SF-23 secara langsung saat peluncuran

Ferrari Resmi Perkenalkan SF-23, Siap Sambut Formula 1 2023Charles Leclerc saat menjajal SF-23 di Fiorano (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Dalam acara peluncuran, Ferrari juga menjajal SF-23 yang disaksikan langsung oleh Tifosi yang hadir di Fiorano. Sesi tersebut juga ditonton jutaan pasang mata melalui kanal YouTube Formula 1.

Charles Leclerc mendapat kesempatan untuk mengemudikan SF-23 selama dua lap. Pembalap asal Monako itu memberikan pandangannya terhadap mobil baru yang jadi andalan tim pada 2023.

"Kilometer pertama dengan proyek baru ini setelah menempuh banyak kilometer di simulator. Itu terasa spesial. Semuanya berjalan dengan mulus.

Pastinya, dengan dua lap, sulit untuk menjelaskan secara detail. Namun, aku memberikan masukan begitu berada di dalam mobil bersama para insinyur untuk mendapatkan perasaan pertama. Mobil berjalan dengan baik dan lancar," jelas Leclerc.

4. Carlos Sainz siap menghadapi jadwal Formula 1 2023 yang kian padat

Ferrari Resmi Perkenalkan SF-23, Siap Sambut Formula 1 2023Pembalap Ferrari Carlos Sainz (carlossainz.es)

Carlos Sainz mengaku siap menghadapi Formula 1 2023 yang punya jadwal lebih banyak dari musim-musim sebelumnya. Ajang balap jet darat itu bakal melangsungkan 23 seri balap dan 6 sesi sprint race

"Kami benar-benar melakukan tes di sini (Fiorano) dengan sebuah mobil versi lama. Aku pikir kami siap dan terisi penuh sebaik mungkin untuk tahun ini," ucap Sainz.

5. Tersisa dua tim yang belum melangsungkan peluncuran livery, siapa saja?

Ferrari Resmi Perkenalkan SF-23, Siap Sambut Formula 1 2023jadwal peluncuran livery mobil Formula 1 2023 (instagram.com/f1)

Masih ada dua tim yang belum merilis livery mobil. Mercedes akan menggelar acara peluncuran pada 15 Februari. Sementara itu, Alpine jadi tim terakhir yang akan menampilkan livery mereka pada 16 Februari mendatang.

Para tim dan pembalap akan terbang ke Bahrain untuk melakukan tes pramusim pada 23—25 Februari 2023. Seminggu berselang, GP Bahrain akan digelar sebagai balapan pembuka Formula 1 musim ini, tepatnya pada 3—5 Maret 2023.

Baca Juga: 7 Pembalap Italia yang Beri Kemenangan untuk Ferrari di F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya