Finis Keenam pada F1 GP Prancis, Alonso: Kejutan Bagus untuk Alpine

Alpine bisa sedikit menjauh dari kejaran McLaren

Alpine kembali mencatatkan double point pada Formula 1 GP Prancis pada 24 Juli 2022 lalu. Fernando Alonso dan Esteban Ocon sukses finis di posisi delapan besar. Alonso melintasi garis finis di posisi keenam sementara Ocon menyudahi balapan di posisi kedelapan.

Hasil bagus yang didapat tersebut mendapat tanggapan dari Fernando Alonso. Juara dunia Formula 1 dua kali itu menyebut hasil yang mampu dicatatnya adalah kejutan bagus untuk tim. Padahal sempat muncul kekhawatiran kecepatan mobilnya tak akan mumpuni untuk bersaing dengan rival-rival terdekat saat balapan.

1. Start dari posisi ketujuh, Fernando Alonso langsung tancap gas salip Lando Norris

Finis Keenam pada F1 GP Prancis, Alonso: Kejutan Bagus untuk Alpinesuasana lap pertama balapan GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Sejatinya, kans Alonso untuk finis di zona poin terbuka lebar. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu mampu mencatatkan waktu tercepat ketujuh saat sesi kualifikasi. Hasil tersebut jauh lebih baik dari Esteban Ocon yang hanya bercokol di posisi ke-12 dan gagal lolos ke Q3.

Meski begitu, posisi start Ocon naik dua posisi. Ini karena Carlos Sainz dan Kevin Magnussen harus start dari barisan paling belakang. Keduanya terkena penalti akibat melakukan pergantian komponen unit daya.

Saat balapan, Alonso langsung tancap gas dan merangsek ke posisi kelima pada awal balapan. Ia mampu mengasapi Lando Norris yang memulai balapan dari posisi kelima

Norris sendiri notabene adalah pembalap McLaren. Alpine dan McLaren saat ini sedang bersaing berebut posisi keempat dalam klasemen konstruktor.

2. Fernando Alonso mampu finis keenam di depan Norris, menambah pundi-pundi poin untuk Alpine

Finis Keenam pada F1 GP Prancis, Alonso: Kejutan Bagus untuk AlpineFernando Alonso mengemudikan mobilnya pada balapan GP Prancis 2022. (twitter.com/AlpineF1Team)

Pada prosesnya, Fernando Alonso mampu menjaga keunggulan dari Lando Norris sehingga berhasil finis di posisi keenam. Sementara itu, Norris harus puas diasapi dan bercokol di posisi ketujuh.

Keberhasilan tersebut tak hanya menambah pundi-pundi poin untuk Alonso menjadi 37 poin, tetapi juga Alpine kini bisa sedikit menjauh dari kejaran McLaren. Tim yang dikepalai Otmar Szafnauer itu sudah mengumpulkan 93 poin.

Mereka unggul empat poin dari McLaren yang ada di posisi kelima. Sebelum GP Prancis digelar, kedua tim sama-sama mengemas 81 poin.

Baca Juga: Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022

3. Fernando Alonso menilai start balapan menjadi salah satu hal krusial untuk mengontrol balapan

Finis Keenam pada F1 GP Prancis, Alonso: Kejutan Bagus untuk AlpineFernando Alonso pada balapan GP Prancis 2022 (twitter.com/AlpineF1Team)

Menanggapi keberhasilan finis di depan Lando Norris, Fernando Alonso menilai proses start saat balapan adalah salah satu kunci penting. Sebab, start yang baik dan tidak melakukan kesalahan akan membuka peluang dirinya mengontrol balapan di depan rivalnya.

"Start mungkin menjadi hal krusial untuk bisa berada di depan Norris. Aku pikir mereka punya kecepatan yang hampir sama, tetapi berada di depan mereka dalam beberapa lap awal cukup untuk mengontrol balapan dan kecepatan.

Kami sama sekali tak merasa dalam tekanan, jadi itu bagus. Balapan dijalankan dengan baik," ucap Alonso dilansir F1i.

4. Alpine sempat khawatir A522 kurang cepat dibanding rival-rival mereka pada GP Prancis

Finis Keenam pada F1 GP Prancis, Alonso: Kejutan Bagus untuk AlpineFernando Alonso pada GP Prancis 2022 (twitter.com/AlpineF1Team)

Fernando Alonso turut menjelaskan bahwa Alpine sebenarnya khawatir akan kecepatan mereka selama akhir pekan di Circuit Paul Ricard. Akan tetapi, hasil di atas trek sudah cukup membuktikan bahwa A522 punya kecepatan yang cukup mumpuni untuk berjibaku ketika balapan.

"Kami sangat khawatir pada awal akhir pekan di sini bahwa kecepatan kami tidak bagus, tetapi kami berakhir di belakang tiga tim papan atas. Itu seperti posisi normal kami sejauh ini pada musim 2022.

Kami melihat pada Jumat (22/7/2022) pada long run juga, kami cukup oke. Kami melihat bahwa kami sedikit kehilangan performa pada satu lap jadi kami butuh untuk memperbaikinya," jelas Alonso dikutip Racing News 365.

5. Alonso berharap konsistensi finis di zona poin bisa berlanjut

Finis Keenam pada F1 GP Prancis, Alonso: Kejutan Bagus untuk Alpinepembalap Alpine Fernando Alonso (formula1.com)

Fernando Alonso sedang dalam kondisi bersemangat melanjutkan tren positif yang didapat dalam beberapa balapan terakhir. Tentu, pembalap bernomor mobil 14 berharap nasib sial yang diderita pada awal musim tak lagi terjadi.

Konsisten finis di zona poin mampu mengerek posisinya di klasemen. Selain itu, Alpine juga bisa makin menjauh dari McLaren dalam perebutan posisi empat di klasemen konstruktor.

"Nasib buruk mungkin membuatku sangat sakit jika berkaitan dengan poin di klasemen. Namun, dalam tiap balapan yang berlangsung normal, aku finis di posisi enam atau tujuh besar. Jadi, aku berharap kami bisa menjaga konsistensi ini pada paruh kedua musim 2022," pungkas Alonso.

Akhir pekan ini, Formula 1 akan menggelar GP Hungaria sebelum jeda musim panas selama sebulan. Akankah Alonso dan Alpine bisa meraih poin sebanyak mungkin di Sirkuit Hungaroring akhir pekan nanti?

Baca Juga: Esteban Ocon Senang Raih Posisi Kelima di Formula 1 GP Austria

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya