Comscore Tracker

Formula E Bakal Tambah Tiga Lokasi Balap untuk Musim Depan

E-Prix Jakarta bakal masuk di kalender musim depan!

Formula E punya rencana untuk menggelar balapan pada lebih banyak lokasi di musim mendatang. Tiga lokasi disiapkan untuk musim balap mendatang.

Kabarnya, rancangan kalender sementara musim 2021/2022 bakal diumumkan pada Juli mendatang. Apakah Indonesia masuk dalam kalender balap Formula E?

1. Dua musim beruntun kalender balap Formula E terdampak pandemi COVID-19

Formula E Bakal Tambah Tiga Lokasi Balap untuk Musim Depantwitter.com/MercedesEQFE

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh negara di dunia membuat berbagai kegiatan mengalami penyesuaian. Formula E juga merasakan dampak dari pandemi yang berkepanjangan tersebut.

Sudah dua musim beruntun ajang balap tersebut menggelar balapan tanpa penonton serta harus menghadapi beberapa pembatalan seri guna mencegah penyebaran virus COVID-19 agar tak makin parah.

Alhasil, beberapa cara dilakukan, seperti menggelar enam balapan E-Prix Berlin selama 9 hari beruntun pada Agustus 2020 lalu. Selain itu, beberapa seri menggelar dua balapan sekaligus termasuk pada musim ini di E-Prix Diriyah serta E-Prix Roma yang berjalan tanpa kendala.

2. Berencana mencari lokasi balapan baru, susunan kalender balap sementara bakal diumumkan Juli 2021

Formula E Bakal Tambah Tiga Lokasi Balap untuk Musim Depantwitter.com/FIAFormulaE

Pihak Formula E pun berbicara terkait rencana balapan untuk musim 2021/2022. Wakli CEO sekaligus co-founder Formula E, Alberto Longo, menyatakan bahwa mereka akan mencari lokasi baru untuk menggelar lebih banyak balapan di musim kedelapan.

“Kami akan melihat lokasi baru dengan pasti. Tujuan kami pada dasarnya untuk mempresentasikan rancangan kalender balap musim kedelapan pada awal Juli,” kata Longo dilansir the-race.com.

Baca Juga: Jakpro Klaim Formula E Bisa Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemik  

3. E-Prix Seoul dan Jakarta akan dimasukkan ke kalender balap musim 2021/2022

Formula E Bakal Tambah Tiga Lokasi Balap untuk Musim Depantwitter.com/MotorsportWeek

Longo juga menambahkan bahwa E-Prix Seoul dan Jakarta akan masuk dalam rancangan kalender balap musim depan. Ia pun turut menegaskan keinginan menambah seri balap setidaknya satu atau dua seri. Jika digabung dengan E-Prix Seoul dan Jakarta, Formula E mengharapkan ada tiga hingga empat seri balap baru.

“Kami juga telah mengumumkan dua balapan di Seoul dan Jakarta. Sayangya, kami masih belum bisa balapan di sana. Namun, kami berharap kami bisa menggelar di dua lokasi itu dan kami juga akan memiliki balapan baru di musim kedelapan. Tidak hanya dua ini, tetapi juga mungkin satu atau dua lagi,” papar Longo.

4. Sejumlah lokasi dikaitkan dengan kalender balap Formula E 2021/2022

Formula E Bakal Tambah Tiga Lokasi Balap untuk Musim Depanthe-race.com

Terkait tambahan seri balap di musim depan, sejumlah lokasi kini dikaitkan dan masuk dalam radar Formula E. Vancouver diketahui sedikit lagi mencapai kesepakatan menjadi tuan rumah pada musim panas 2022 mendatang.

Kemudian, beberapa kota, seperti Cape Town, Atlanta, dan Eindhoven juga turut diperbincangkan. Meski begitu, ketiga lokasi tersebut masih jauh dari konfirmasi kepastian menggelar balapan.

India dan Jepang juga diketahui sangat tertarik untuk Formula E, tetapi gelaran balap di dua negara tersebut diperkirakan baru bisa digelar pada 2023. Perwakilan Formula E pun juga sudah mengadakan diskusi dengan pemilik kompleks sirkuit Igora Drive yang ada di Rusia baru-baru ini.

5. TVRI siarkan balapan Formula E musim 2020/2021

Formula E Bakal Tambah Tiga Lokasi Balap untuk Musim Depantwitter.com/TVRINasional

Beralih ke dalam negeri, TVRI menjadi stasiun televisi yang musim ini menyiarkan balapan Formula E. Mereka sudah menayangkan E-Prix Roma yang berlangsung pada 10--11 April lalu.

Kerja sama ini diharapkan mampu menarik minat penonton terhadap ajang balap ini sehingga basis penggemar menjadi lebih besar. Program siaran langsung pun juga menggunakan bahasa Indonesia guna menyesuaikan pasar audiens di tanah air.

“Di TVRI, kami sangat senang dapat bergabung kembali dengan Formula E untuk menyiarkan olahraga generasi terbaru yang menarik. Di Indonesia, ada banyak minat untuk beralih ke kendaraan listrik.

Bagi kami, ini menjadi wadah untuk memberi wawasan kepada masyarakat tentang transisi ini sembari menghibur mereka dengan tayangan olahraga tersebut,” kata Direktur Program dan Berita TVRI Pipiet Irianto dilansir fiaformulae.com.

Baca Juga: Menang Banyak! 12 Artis Nikah dan Lamaran Disiarkan TV Nasional

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya