Franco Morbidelli Incar Hasil Terbaik pada GP Portugal 2022

Morbidelli pernah naik podium pada GP Portugal 2020

Franco Morbidelli saat ini baru mengumpulkan 14 poin dari 4 seri balap MotoGP 2022. Pembalap asal Italia itu untuk sementara bercokol di posisi ke-15 klasemen sementara pembalap.

Menjelang GP Portugal, Morbidelli mengincar hasil terbaik untuk mengerek posisinya di klasemen. Apalagi, pembalap Monster Energy Yamaha itu pernah naik podium pada balapan yang berlangsung di Autodromo Internacional do Algarve.

1. Hasil yang didapat Morbidelli pada 4 seri balap awal MotoGP 2022

Franco Morbidelli Incar Hasil Terbaik pada GP Portugal 2022Franco Morbidelli pada GP Indonesia 2022 (motogp.com)

Pada 4 seri balap awal MotoGP musim ini, baru dua kali berhasil finis di zona poin. Pada GP Qatar, ia mampu melintasi garis finis di posisi ke-11. Kemudian, Morbidelli mampu tembus finis posisi ke-7 pada GP Indonesia.

Namun, hasil tersebut tak berlanjut pada dua balapan berikutnya. Morbidelli gagal finis pada GP Argentina, sementara pada GP Amerika harus puas finis di posisi ke-16.

2. Capaian Morbidelli berbanding terbalik dengan yang diraih Fabio Quartararo

Franco Morbidelli Incar Hasil Terbaik pada GP Portugal 2022Fabio Quartararo pada GP Amerika 2022 (motogp.com)

Hasil yang dialami oleh Morbidelli berbanding terbalik dengan yang didapat Fabio Quartararo. Saat ini, El Diablo bercokol di posisi ke-5 klasemen dengan perolehan 44 poin.

Quartararo lebih konsisten masuk zona poin, bahkan tidak pernah finis di luar 10 besar pada 4 seri balap sejauh ini. Ia juga sukses naik podium pada GP Indonesia usai finis runner-up.

Baca Juga: Franco Morbidelli, Murid Rossi Tandem Quartararo di Yamaha

3. Morbidelli punya pandangan terkait hasil kurang oke pada awal musim 2022

Franco Morbidelli Incar Hasil Terbaik pada GP Portugal 2022pembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli (motogp.com)

Melihat situasi yang bertolak belakang dengan Quartararo, Morbidelli punya pandangan tersendiri. Pembalap bernomor motor 21 itu mengaitkan performa kurang bagusnya dengan kurangnya pengetahuan dirinya terhadap YZR-M1 versi musim ini.

Perlu diketahui, Morbidelli menunggangi motor YZR-M1 versi 2020 A-spec pada musim 2021. Ketika itu, ia masih memperkuat Petronas Yamaha SRT. Namun, ia sempat absen pada 5 seri balap karena cedera.

Saat comeback pada GP San Marino, Morbidelli mengisi posisi kosong di Monster Energy Yamaha usai Vinales keluar dari tim. Barulah pada saat itu ia menunggangi YZR-M1 versi terbaru sehingga butuh waktu adaptasi.

“Berdasarkan pada pencapaian Quartararo dan perubahan pada motor, aku paham dia dan krunya punya pengetahuan luar biasa tentang motor itu. Aku masih kurang akan hal tersebut. Akan tetapi, aku bertekad memiliki itu sesegera mungkin,” kata Franky dilansir Motorsport Total.

4. Jelang GP Portugal, Morbidelli targetkan hasil maksimal

Franco Morbidelli Incar Hasil Terbaik pada GP Portugal 2022Franco Morbidelli pada GP Amerika 2022 (motogp.com)

Menyongsong GP Portugal, Morbidelli juga mengusung misi meraih hasil maksimal setelah rentetan hasil kurang oke pada GP Argentina dan Amerika. Terlebih, dia punya catatan bagus di sirkuit Algarve.

“GP Amerika adalah akhir pekan yang harus kita lupakan. Jadi, kami move on ke Portimao yang mana itu adalah trek favoritku karena cukup menantang.

Tahun lalu, sifat trek ini yang seperti rollercoaster diperparah oleh cedera pada lututku. Namun, masalah itu tak ada saat ini. Seharusnya aku bisa berkendara seperti yang aku lakukan pada musim 2020 dan 2021,” tegas Morbidelli dikutip Motorcycle Sports.

5. Catatan Morbidelli saat balapan pada GP Portugal, naik podium sekali!

Franco Morbidelli Incar Hasil Terbaik pada GP Portugal 2022Franco Morbidelli saat naik podium GP Portugal 2020 (motogp.com)

Optimisme Morbidelli jelang GP Portugal bukan tanpa sebab muncul. Sebab, ia pernah naik podium pada seri balap tersebut.

Saat masih berada di Petronas Yamaha SRT, Morbidelli mampu finis ketiga pada GP Portugal 2020. Semusim berselang, ia masih masuk zona poin usai menyudahi balapan di posisi ke-4. Akankah capaian pada musim-musim sebelumnya bisa diulangi Morbidelli?

Baca Juga: 10 Potret Franco Morbidelli, Pembalap Potensial Monster Energy Yamaha

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya