Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara Dunia

Leclerc makin tertinggal dari Verstappen di klasemen

Charles Leclerc harus pulang dari Circuit Paul Ricard dengan perasaan kesal. Betapa tidak, pembalap Ferrari itu kembali gagal finis usai mobilnya melintir dan menabrak barrier pada lap delapan belas dalam balapan GP Prancis.

Alhasil, Leclerc harus menyudahi balapan lebih awal dan gagal mendulang poin. Selepas balapan, pembalap Formula 1 berkebangsaan Monako itu mengaku menyesal atas kesalahan yang dilakukannya.

1. Leclerc memulai balapan dari pole position, berada di posisi pertama selama tujuh belas lap

Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara DuniaCharles Leclerc saat berada di garasi Ferrari. (formula1.com)

Sejatinya, Charles Leclerc memulai balapan dengan modal bagus. Ia meraih pole position saat sesi kualifikasi. Itu menjadi pole position ketujuh yang didapat Leclerc musim ini hingga GP Prancis.

Leclerc juga melakukan start balap dengan baik tanpa melakukan kesalahan. Ia mampu memimpin balapan selama tujuh belas lap awal sebelum pada akhirnya nasib sial menimpanya.

Mobilnya melintir saat melibas tikungan 11 pada lap 18. F1-75 yang dikemudikannya pun berakhir dengan menabrak barrier dan menyebabkan balapan sempat dipandu safety car hingga lap dua puluh. 

2. Leclerc tak bisa sembunyikan kekecewaan setelah alami insiden pada balapan GP Prancis

Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara DuniaMobil Leclerc menabrak barrier pada balapan GP Prancis 2022. (twitter.com/F1)

Charles Leclerc tak bisa menyembunyikan kekecewaan sesaat setelah mengalami insiden. Ia mengeluh pedal gasnya kembali bermasalah kepada tim lewat komunikasi radio. Tak berselang lama, teriakan penuh rasa kecewa terlontar dari mulutnya.

Ini menambah daftar gagal finis (DNF) Leclerc sepanjang 2022. Sebelumnya, pembalap bernomor mobil 16 itu juga gagal menuntaskan balapan pada GP Spanyol dan Azerbaijan.

Baca Juga: Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!

3. Leclerc membuat kesalahan yang harus dibayar mahal

Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara DuniaLeclerc saat berada di garasi Ferrari. (formula1.com)

Dalam wawancara dengan media, Charles Leclerc mengakui jika dirinya melakukan kesalahan yang berujung pada kegagalan meraih kemenangan. Ia merasa jika hal tersebut kembali terulang, bukan tak mungkin peluangnya meraih gelar juara dunia makin jauh dari genggaman.

"Itu sebuah kesalahan. Aku pikir aku tampil pada performa tertinggiku dalam karier balap. Namun, jika aku tetap melakukan kesalahan seperti itu, maka akan sia-sia tampil dalam performa terbaik. Aku kehilangan banyak poin," ungkap Leclerc dilansir Racing News 365.

4. Sempat berusaha memundurkan mobil selepas menabrak barrier, tetapi tak berhasil

Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara DuniaCharles Leclerc saat mengalami insiden pada GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Charles Leclerc menjelaskan bahwa sebetulnya dia berusaha untuk memundurkan mobilnya setelah menabrak barrier. Dia merasa mobilnya tak mengalami kerusakan serius sehingga punya peluang melanjutkan balapan. Nyatanya, usaha yang dilakukannya tak berhasil.

"Aku tidak bisa memundurkannya yang itu menjadi sebuah hal mengecewakan. Sebab, aku melihat mobilku dan itu tidak terlalu rusak. Kami masih bisa balapan.

Akan tetapi, ini detailnya. Pertama, aku tak perlu menempatkan mobil di dinding. Kemudian, mereka seharusnya bekerja lebih baik," jelas Leclerc dikutip F1i.

5. Jarak poin makin jauh dari Verstappen, Leclerc merasa dirinya buang banyak poin

Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara DuniaCharles Leclerc dan Carlos Sainz (formula1.com)

Charles Leclerc kini tertinggal 63 poin dari Max Verstappen selepas GP Prancis. Dengan jarak yang cukup jauh, Leclerc menilai bahwa dirinya tak layak memenangi gelar juara karena sudah membuang banyak poin pada beberapa kesempatan.

"Aku pikir ada 32 poin secara keseluruhan. Aku pikir itu tampak seperti kami akan memenangi balapan ini karena kami tampil cepat. 

Jadi, pada akhir tahun kami akan menghitung kembali. Jika ada 32 poin yang hilang, maka aku tahu itu berasal dari diriku (25 poin di GP Prancis dan 7 poin dari GP Emilia Romagna) dan aku tak layak memenangi kejuaraan. Untuk paruh kedua musim ini aku butuh mengatasi masalah jika ingin menjadi juara dunia," pungkas Leclerc.

Masih ada satu balapan tersisa sebelum Formula 1 memasuki jeda paruh musim. Akhir pekan ini para pembalap akan kembali beradu cepat di Sirkuit Hungaroring, Hungaria, pada 29—31 Juli 2022. Akankah Leclerc menutup paruh pertama musim ini dengan hasil bagus?

Baca Juga: 5 Kemenangan Charles Leclerc Sepanjang Kariernya di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya