George Russell Menangi Sprint Race F1 GP Brasil, Hamilton Finis Ketiga

Russell berhak atas posisi start pertama saat balapan utama

George Russell sukses memenangi sprint race Formula 1 GP Brasil yang berlangsung pada Minggu (13/11/2022) dini hari WIB. Pembalap dari tim Mercedes itu mampu finis di depan Carlos Sainz dengan keunggulan 3,995 detik.

Kemenangan itu menjadi modal bagus untuk Russell. Sebab, hasil sprint race bakal menentukan posisi start saat balapan utama atau main race. Lantas, seperti apa jalannya sprint race yang digelar dengan durasi 24 lap tersebut?

1. Sempat pimpin balapan, Magnussen disalip Verstappen pada lap ketiga

Selepas lampu start padam, Kevin Magnussen yang menduduki posisi start terdepan langsung memimpin jalannya balapan. Sempat terjadi insiden antara Esteban Ocon dan Fernando Alonso saat awal balapan yang membuat sayap depan mobil Alonso rusak hingga terlepas akibat berkontak dengan mobil Ocon.

Pada lap ketiga, Verstappen mengambil alih pimpinan balapan setelah menyalip Magnussen. Satu lap berselang, giliran Russell yang mengasapi Magnussen untuk berada di posisi kedua. 

2. Russel mampu rebut posisi pimpinan balapan dari Verstappen pada lap 15 

George Russell Menangi Sprint Race F1 GP Brasil, Hamilton Finis KetigaDuel antara George Russell dan Max Verstappen saat sprint race GP Brasil 2022. (twitter.com/F1)

Russell yang berada di belakang Verstappen terus berusaha mengejar juara dunia Formula 1 musim 2022 itu untuk posisi pimpinan balapan. Kedua pembalap terlibat duel sengit pada lap 13. Mereka saling salip meski Verstappen mampu mempertahankan posisi pertama dari kejaran Russell

Akan tetapi, upaya gigih Russell berbuah hasil pada lap 15. Pembalap berkebangsaan Inggris itu mampu menyalip Verstappen memanfaatkan DRS yang terbuka sebelum memasuki tikungan 4.

Pada prosesnya, George Russell mampu menuntaskan sprint race sebagai pemenang. Sementara itu, Carlos Sainz yang sukses menyalip Verstappen pada lap 19 finis di posisi runner-up, disusul oleh Lewis Hamilton yang menggenapi komposisi podium.

Baca Juga: George Russell Takjub Berada di Posisi Dua Klasemen Sementara F1 2022

3. Russell takjub dengan performanya saat sprint race, apresiasi kerja keras tim

Selepas balapan, Russell merasa takjub dengan performanya selama sprint race. Baginya, penampilan mengesankan kali ini adalah berkat kerja keras seluruh elemen dalam tim Mercedes selama beberapa waktu terakhir.

"Itu luar biasa. Aku tidak menyangka memiliki kecepatan sebanyak itu. Akan tetapi, aku pikir itu menunjukkan semua kerja keras yang sudah dilakukan semua orang dan progres yang kami telah buat sebagai sebuah tim.

Tiga balapan terakhir sejak GP Amerika di Austin, mobil telah terasa benar-benar baik. Pastinya, sulit mengetahui bagaimana Verstappen akan naik jika dia menggunakan ban soft. Walau begitu, berdiri di posisi ini adalah hal yang terasa luar biasa," jelas Russell dilansir Formula 1.

4. Hamilton berupaya manfaatkan posisi start terdepan untuk hasil terbaik saat main race

George Russell Menangi Sprint Race F1 GP Brasil, Hamilton Finis KetigaLewis Hamilton selepas finis ketiga dalam sprint race F1 GP Brasil 2022 (twitter.com/F1)

Sementara itu, meski berada di posisi ketiga Hamilton tetap merasa puas. Ia bertekad akan memanfaatkan posisi yang didapat selepas sprint race untuk merebut hasil terbaik saat balapan. Tak lupa, Hamilton turut mengucapkan selamat atas kesuksesan Russell memenangi sprint race GP Brasil.

"Pertama, aku ucapkan selamat kepada Russell. Balapanku semuanya tentang bekerja untuk naik dari posisi kedelapan. Hasil ini untuk semua orang yang ada di pabrik dan juga di sini. Mereka telah bekerja sangat keras tahun ini.

Bagi kami, berada di barisan depan saat balapan adalah hal menakjubkan. Dari hal tersebut kami seharusnya bisa bekerja sebagai tim dan semoga kami bisa menahan pembalap lain agar tetap berada di belakang," kata Hamilton dikutip F1i.

5. Starting grid dan jadwal main race Formula 1 GP Brasil 2022

George Russell Menangi Sprint Race F1 GP Brasil, Hamilton Finis Ketigastarting grid main race Formula 1 GP Brasil 2022 (twitter.com/F1)

Perlu diketahui, hasil sprint race akan menentukan posisi untuk memulai main race. Adapun pembalap yang finis di posisi delapan besar saat sprint race akan mendapat poin dengan konfigurasi poin yaitu 8-7-6-5-4-3-2-1.

 

Main race Formula 1 GP Brasil akan berlangsung Senin (14/11/2022) pukul 01.00 WIB. Apakah ini akan jadi momentum bagi Mercedes meraih kemenangan pertama pada main race musim ini?

Baca Juga: George Russell Akui Ferrari dan Red Bull Punya Mobil Cepat

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya