GP Portugal Resmi Masuk Kalender F1 2021, Bakal Digelar Bulan Mei

Genap sudah 23 seri balap F1 2021

Kepastian seri ketiga F1 2021 akhirnya terjawab. Portugal secara resmi masuk kalender balap musim ini. Sebelumnya, tak ada nama Portugal dalam jadwal yang dikeluarkan F1 beberapa waktu lalu.

Namun, pada akhirnya negara tersebut kembali masuk ke kalender balap 2021. Musim 2020, GP Portugal sukses digelar pada 25 Oktober meski masih dalam suasana pandemi Covid-19.

1. GP Portugal bakal digelar pada 2 Mei

GP Portugal Resmi Masuk Kalender F1 2021, Bakal Digelar Bulan Meiformula1.com

Satu posisi kosong yang diisi Portugal akan menggenapi 23 seri balap yang diproyeksikan oleh F1 di musim 2021. Berdasarkan keterangan resmi pada formula1.com, balapan yang berlangsung di sirkuit Algarve, Portugal, tersebut akan dilaksanakan pada 2 Mei mendatang. 

“Kami berterima kasih kepada promotor dan pemerintah Portugal untuk kerja keras dan dedikasinya untuk membawa kami pada titik ini. Kami percaya diri dan gembira menyambut musim 2021 setelah berhasil menggelar 17 balapan dengan aman dan membawa jutaan penggemar menyaksikan balapan menegangkan di waktu sulit,” kata CEO F1, Stefano Domenicalli.

2. Menjadi seri ketiga dalam kalender balap 2021

GP Portugal Resmi Masuk Kalender F1 2021, Bakal Digelar Bulan Meitwitter.com/F1

GP Portugal akan menempati seri ketiga dalam F1 musim ini. Balapan di negara tersebut akan digelar usai GP Bahrain dan GP Italia jilid pertama yang digelar di Imola. Hal ini sekaligus membuat F1 tak menyisakan jadwal kosong lagi di kalender balap.

Baca Juga: Formula 1 Catatkan Kerugian 386 Juta Dolar AS Sepanjang Musim 2020

3. Berencana membuka balapan untuk penonton datang ke sirkuit

GP Portugal Resmi Masuk Kalender F1 2021, Bakal Digelar Bulan Meif1experiences.com

Meski digelar di tengah pandemi Covid-19, GP Portugal tahun ini berencana akan dibuka untuk penonton. Artinya, peluang para penggemar untuk menyaksikan aksi para pembalap secara langsung di sirkuit menjadi terbuka.

Meski begitu, pihak F1 akan mengomunikasikan hal tersebut kepada pihak-pihak terkait mengenai rencana tersebut. Dilansir motorsport.com, keputusan untuk menggelar balapan terbuka atau tertutup untuk penonton akan diambil oleh otoritas terkait dalam beberapa minggu ke depan.

4. Sukses menggelar balapan musim lalu dengan dihadiri 27 ribu penonton

GP Portugal Resmi Masuk Kalender F1 2021, Bakal Digelar Bulan Meiautosport.com

Munculnya wacana menggelar balapan terbuka untuk penonton bukan tanpa sebab. Ini berkaca dari kesuksesan GP Portugal tahun lalu yang sukses menggelar balapan dengan dihadiri 27 ribu penonton. 

Angka kasus harian Covid-19 di Portugal pun juga mengalami penurunan. Seperti dilansir reuters.com, jumlah kasus baru berada di angka 691 kasus dan 38 kasus kematian. Angka ini sama seperti angka rata-rata yang tercatat pada bulan Oktober tahun lalu.

5. Kilas balik GP Portugal 2020, Lewis Hamilton sukses melewati rekor Michael Schumacher!

GP Portugal Resmi Masuk Kalender F1 2021, Bakal Digelar Bulan Meimotorsportmagazine.com

Kembali ke GP Portugal 2020. Ketika itu, Lewis Hamilton sukses memenangkan balapan setelah mengungguli rekan setimnya, Valtteri Bottas. Max Verstappen menggenapi podium dengan finis di posisi ketiga.

Kemenangan ini membuat Hamilton memecahkan rekor yang dipegang Michael Schumacher. Kemenangan ke-92 sepanjang kariernya sukses menyalip rekor milik Schumacher dengan 91 kali kemenangan. Rekor ini menjadikan pembalap asal Inggris tersebut sebagai pembalap F1 dengan kemenangan terbanyak sepanjang sejarah kejuaraan.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Lewis Hamilton, Pemecah Rekor Michael Schumacher

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya