Comscore Tracker

GP Prancis Dimajukan, Tes F1 untuk Grosjean Tetap Berjalan

Jadwal tes pertama bertabrakan dengan ajang IndyCar

Formula 1 GP Prancis mengalami perubahan jadwal sebagai imbas dari dibatalkannya balapan GP Turki akibat pembatasan bepergian dari dan ke negara tersebut.

Perubahan jadwal GP Formula 1 Prancis ini rupanya berpengaruh pada persiapan Romain Grosjean yang akan menjalani tes bersama Mercedes.

1. Romain Grosjean dapat jatah dua kali tes bersama Mercedes

GP Prancis Dimajukan, Tes F1 untuk Grosjean Tetap BerjalanGrosjean saat berada di mobil Mercedes W10 (formula1.com)

Sejatinya, Romain Grosjean memperoleh dua kali tes bersama Mercedes pada Juni mendatang. Tes pertama atau demo run rencananya digelar saat pekan balap GP Prancis pada 25--27 Juni.

Untuk tes kedua, mantan pembalap Haas itu akan turun ke sirkuit Paul Ricard pada 29 Juni. Pada dua rangkaian tes itu Grosjean akan memakai mobil Mercedes W10 yang dipakai Lewis Hamilton menjuarai Formula 1 pada 2019 lalu.

2. Jadwal GP Prancis dimajukan dan bentrok dengan IndyCar

GP Prancis Dimajukan, Tes F1 untuk Grosjean Tetap BerjalanGrosjean pada ajang IndyCar (the-race.com)

Namun, rencana untuk melakukan demo run sepertinya akan menemui kegagalan. Pasalnya, penyelenggaraan GP Prancis dimajukan seminggu lebih awal pascapembatalan GP Prancis.

Di sisi lain, pada tanggal 20 Juni yang bertepatan dengan main race GP Prancis, Grosjean akan berkompetisi di IndyCar GP Road America. Salah satu perwakilan Mercedes menyatakan bahwa meski tak bisa melakukan demo run, Grosjean masih berkesempatan melakukan tes pada 29 Juni.

Baca Juga: 10 Fakta dan Potret Menawan Romain Grosjean, Pembalap F1 asal Prancis

3. Tes yang ditawarkan langsung oleh bos Mercedes sebagai bentuk perpisahan dengan F1

GP Prancis Dimajukan, Tes F1 untuk Grosjean Tetap BerjalanGrosjean saat berbincang dengan Toto Wolff (formula1.com)

Tes yang akan dijalani oleh Grosjean adalah ‘hadiah’ yang diberikan oleh bos Mercedes kepadanya pascakecelakaan hebat di GP Bahrain tahun lalu. Toto Wolff menyodorkan ide tersebut ketika Grosjean masih menjalani proses pemulihan di rumah sakit pada luka bakar yang dideritanya.

Sedikit memutar waktu, Grosjean mengalami kecelakaan di GP Bahrain yang membuat mobilnya menghantam tembok pembatas dan terbakar. Kejadian tersebut terjadi selepas tikungan ketiga saat balapan masih berumur satu lap.

4. Grosjean sambut gembira tawaran dari Toto Wolff

GP Prancis Dimajukan, Tes F1 untuk Grosjean Tetap BerjalanGrosjean saat melihat mobil Mercedes W10 (formula1.com)

Tawaran tes sekaligus sebagai salam perpisahan untuk Formula 1 dari Mercedes disambut baik oleh Grosjean. Meski sebenarnya ia ingin mengikuti balapan terakhir di Abu Dhabi, itu gagal terwujud lantaran kondisi fisiknya yang masih belum memungkinkan.

“Pastinya, pada waktu itu, aku sangat menyukainya (tawaran dari Mercedes). Namun, aku ingin comeback ke Abu Dhabi, tapi itu tak bisa terjadi. Kemudian, aku kembali ke rumah, menjalani pemulihan, dan memperoleh telepon dari Mercedes.”

“Mereka bilang, ‘oke ini tanggal saat kami bisa melakukannya, pengaturan kursi balap untuk Anda akan dilakukan pada tanggal itu, Anda juga bisa memakai simulator juga dan melihat cara kerjanya untuk Anda. Apakah Anda siap?’ Gila, tentu saja aku siap!” kata Grosjean dikutip Motorsport.com.

5. GP Turki dibatalkan, Austria gelar dua balapan beruntun

GP Prancis Dimajukan, Tes F1 untuk Grosjean Tetap BerjalanJadwal baru Formula 1 2021 pasca batalnya GP Turki (formula1.com)

GP Turki mengalami pembatalan akibat pembatasan perjalanan dari dan ke negara tersebut yang diberlakukan pemerintah setempat dan beberapa negara lainnya. Sedianya balapan tersebut akan dilangsungkan pada 11--13 Juni mendatang.

Alhasil, dilansir Formula 1, GP Prancis maju seminggu ke tanggal 18--20 Juni. Selain itu, Austria kembali mendapat mandat menggelar dua balapan sekaligus seperti pada musim lalu. Rencananya, GP Styria akan berlangsung 25--27 Juni dan GP Austria dihelat pada 2--4 Juli mendatang.

Baca Juga: Inggris Berpeluang Gantikan Turki Jadi Venue Final Liga Champions

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya