F1: Hamilton Raih Pole Position ke-100 Sepanjang Karier di GP Spanyol

Butuh hampir 14 tahun untuk Hamilton bisa meraihnya

Lewis Hamilton kembali mencatatkan namanya sebagai yang terdepan dalam sesi kualifikasi F1 2021. Terbaru, juara dunia tujuh kali tersebut menyabet pole position GP Spanyol pada Sabtu (8/5).

Raihan pole position Hamilton kali ini terasa spesial sebab ia sukses mencatatkan rekor sebagai pembalap pertama yang meraih 100 pole position sepanjang sejarah kejuaraan. Sebuah rekor yang sangat sulit disaingi pembalap lain dalam beberapa waktu ke depan.

1. Hamilton kembali ungguli Verstappen di sesi kualifikasi

F1: Hamilton Raih Pole Position ke-100 Sepanjang Karier di GP SpanyolHamilton dan Verstappen usai kualifikasi GP Spanyol (formula1.com)

Lewis Hamilton berada pada posisi start terdepan usai mencatatkan waktu 1 menit 16,741 detik di sesi kualifikasi ketiga. Pembalap asal Inggris itu mampu mengungguli rival terkuatnya, Max Verstappen, yang harus puas berada di posisi kedua.

Kedua pembalap hanya berjarak 0,036 detik di akhir sesi kualifikasi. Sementara itu, rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, akan memulai balapan di posisi ketiga. Menggenapi baris kedua ada Charles Leclerc yang memperoleh posisi start keempat.

2. Jadi pembalap pertama di F1 yang meraih 100 pole position

F1: Hamilton Raih Pole Position ke-100 Sepanjang Karier di GP SpanyolRekor pole position di F1 (twitter.com/F1)

Pencapaian Lewis Hamilton ini menjadikannya sebagai pembalap pertama sepanjang sejarah F1 yang mampu meraih 100 pole position. Sebuah rekor yang berhasil digapainya setelah membutuhkan waktu selama hampir 14 tahun dimulai sejak ia meraih pole pertama pada GP Kanada 2007 silam.

Ia mampu mengalahkan perolehan pole yang dimiliki sejumlah legenda F1. Hamilton mampu melampaui capaian Michael Schumacher dengan 68 kali pole serta Ayrton Senna yang mengantongi 65 kali start di urutan paling depan.

Baca Juga: 5 Pembalap F1 dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak, Hamilton Terdepan!

3. Hamilton takjub atas pencapaian 100 pole dirinya dalam karier

F1: Hamilton Raih Pole Position ke-100 Sepanjang Karier di GP SpanyolLewis Hamilton raih pole position ke-100 (twitter.com/F1)

Seusai kualifikasi, Hamilton menjelaskan perasaannya setelah mampu peraih 100 pole sepanjang kariernya. Menurutnya, rekor tersebut merupakan suatu pencapaian luar biasa dan terasa seperti salah satu yang pertama bagi dirinya.

“Rekor pole ke-100 ini adalah hal gila dan itu terasa seperti salah satu yang pertama. Bagiku, ini lebih istimewa sebab aku melewati begitu banyak kualifikasi, ada banyak hal yang nyaris terjadi, banyak kesalahan dan banyak momen yang membuatku bertumbuh,” kata Hamilton dilansir Motorsport.com.

“Betapa aku menyukai dekatnya hal tersebut dengan kami. Aku pikir itu sangat bagus untuk para penggemar dan aku pikir itu sangat menarik untukku juga untuk orang-orang di belakang kami,” lanjutnya.

4. Sempat kesulitan di Q1, Verstappen senang bisa start posisi kedua

F1: Hamilton Raih Pole Position ke-100 Sepanjang Karier di GP SpanyolMax Verstappen diwawancara usai kualifikasi GP Spanyol (twitter.com/F1)

Di sisi lain, Max Verstappen mengaku berada pada posisi start kedua untuk balapan di GP Spanyol. Menurutnya, hasil ini jadi modal untuk bisa menempel ketat Hamilton sehingga peluang untuk mengungguli rivalnya itu kian terbuka.

“Kami sedikit kesulitan di Q1, kemudian mulai mengatur keseimbangan di Q2 yang mana itu berjalan cukup baik. Lalu di Q3, jujur saya menurutku dua lap yang aku lahap cukup baik. Hanya lap kedua yang sedikit lebih buruk untuk alasan apa pun. Di sini angin berembus cukup kencang dan kondisi angin banyak mengalami perubahan.”

“Walau begitu, aku pikir posisi kedua di sini adalah hasil sangat bagus untuk kami hari ini. Kami tahu mereka susah dikalahkan di sini, jadi aku senang dengan hasil itu karena kami bisa menjadi sedekat itu dengan mereka”, papar Verstappen dilansir formula1.com.

5. Hasil lengkap kualifikasi F1 GP Spanyol

F1: Hamilton Raih Pole Position ke-100 Sepanjang Karier di GP SpanyolHasil lengkap kualifikasi F1 GP Spanyol (twitter.com/F1)

F1 GP Spanyol akan berlangsung pada Minggu (9/5) pukul 20.00 WIB. Namun, sebelum kita menyaksikan keseruan balapan di sirkuit Catalunya, kalian perlu simak hasil lengkap kualifikasinya pada gambar berikut ini.

Baca Juga: F1: Kualifikasi Sprint Disetujui, Bakal Digelar Pada 3 Seri Balap

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya