Lewis Hamilton Takjub pada Kecepatan Mobil Verstappen pada GP Prancis

Hamilton finis runner-up pada balapan di Circuit Paul Ricard

Lewis Hamilton kembali melanjutkan tren positif pada gelaran Formula 1 GP Prancis. Pembalap Mercedes itu kembali naik podium usai finis runner-up pada balapan di Circuit Paul Ricard.

Selepas balapan, Hamilton justru memberi pujian pada Max Verstappen. Ia merasa takjub pada kecepatan mobil RB18 yang dikemudikan juara dunia Formula 1 musim lalu itu sepanjang balapan yang berdurasi 53 lap.

1. Start dari posisi empat, Hamilton langsung salip Perez dan mengejar Verstappen

Lewis Hamilton Takjub pada Kecepatan Mobil Verstappen pada GP Prancissalah satu momen pada balapan Formula 1 GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Lewis Hamilton berhasil mengamankan posisi start keempat saat sesi kualifikasi. Ini menjadi permulaan bagus baginya dalam upaya melanjutkan rentetan finis di zona podium.

Selepas lampu start padam tanda balapan dimulai, Hamilton langsung mengambil alih posisi ketiga dari Sergio Perez. Pembalap bernomor mobil 44 itu terus berusaha mengejar Verstappen dan Leclerc yang ada di depannya.

Akan tetapi, pada lap 18 Leclerc mengalami insiden yang membuat pembalap Ferrari itu harus menyudahi balapan lebih cepat. Masuknya Safety Car menyebabkan jarak antara Hamilton dan Verstappen menjadi lebih dekat.

2. Hamilton finis kedua dengan ketertinggalan 10,587 detik dari Verstappen

Lewis Hamilton Takjub pada Kecepatan Mobil Verstappen pada GP Prancissalah satu momen pada balapan Formula 1 GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Selepas Safety Car kembali masuk pit pada lap 20, Verstappen langsung melaju meninggalkan Hamilton di belakangnya. Pada prosesnya, Super Max finis sebagai pemenang dengan jarak waktu yang cukup jauh dari Hamilton, yaitu 10,587 detik.

Jarak waktu yang sebesar itu jelas membuktikan bahwa kecepatan RB18 milik Verstappen lebih superior ketimbang W13 yang dikemudikan Hamilton. Meski begitu, Mercedes masih bisa berpuas diri karena sukses meraih double podium setelah George Russell mampu menuntaskan balapan di posisi ketiga.

Baca Juga: Kembali Naik Podium, Russell Sebut GP Prancis Balapan yang Sulit

3. Hamilton terkesima dengan top speed RB18 saat dipacu di trek lurus

Lewis Hamilton Takjub pada Kecepatan Mobil Verstappen pada GP PrancisLewis Hamilton, Max Verstappen, dan George Russell dalam konferensi pers usai GP Prancis 2022 (formula1.com)

Diwawancara sesudah balapan, Hamilton terkesima dengan top speed RB18 saat melibas trek lurus. Walau berusaha tetap menjaga jarak dengan Verstappen, Hamilton mengakui jika performa mobilnya tak sebagus milik pembalap berkebangsaan Belanda tersebut.

"Aku mencoba untuk mengikuti Verstappen, tapi dia sangat cepat. Aku pikir itu salah satu jarak di trek lurus terbesar yang kami punya. Jika Anda tertinggal 0,3 atau 0,4 detik saat di trek lurus, maka tak ada yang bisa Anda lakukan," ujar Hamilton dilansir Racing News 365.

4. Meski puas dengan hasil GP Prancis, Hamilton tetap mengharapkan upgrade untuk W13

Lewis Hamilton Takjub pada Kecepatan Mobil Verstappen pada GP PrancisLewis Hamilton saat berada di podium GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Konsistensi Mercedes meraih poin selama beberapa balapan terakhir memang salah satunya dinilai karena terbantu oleh kesialan yang didapat pembalap Red Bull dan Ferrari. Namun, beberapa kali Hamilton dan Russell mampu memberi perlawanan kepada para pembalap dari dua tim itu saat balapan.

Hamilton pun menyadari perlunya upgrade pada W13 agar bisa bersaing dengan Red Bull dan Ferrari. Sebab, W13 dirasa masih kurang saat harus beradu cepat dalam one-lap pace saat kualifikasi. Walau begitu, Hamilton tetap puas dengan performa mobilnya saat balapan.

"Ini adalah kemajuan. Meskipun kami tidak serta merta menutup jarak semacam itu dalam performa kualifikasi sebenarnya, tapi ini poin yang bagus untuk kami.

Kami harus terus mendorong setiap pekan dan kami berharap bisa sedikit lebih dekat. Akhir pekan ini (GP Prancis) kami entah bagaimana tidak sedekat yang kami harapkan. Namun, dia (Verstappen) hanya unggul 10 detik. Jadi, itu hal yang positif," pungkas Hamilton.

5. Mercedes kini tertinggal 44 poin dari Ferrari di klasemen konstruktor

Mercedes kini berada di posisi ketiga dan tertinggal 44 poin dari Ferrari di klasemen konstruktor. Sementara itu, Hamilton berada di posisi keenam dengan menorehkan 127 poin.

Berdasarkan catatan Motorsport Stats, Hamilton menorehkan finis podium empat kali beruntun pada GP Prancis. Sebelumnya, ia finis posisi ketiga pada GP Kanada, Inggris, dan Austria.

 

GP Hungaria yang akan berlangsung akhir pekan nanti bakal menjadi seri berikutnya bagi Mercedes untuk meneruskan tren positif. Akankah tim berjuluk Silver Arrows bisa kembali meraih double podium?

Baca Juga: Gagal Finis pada GP Prancis, Leclerc: Aku Tak Pantas Jadi Juara Dunia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya