Comscore Tracker

Lewis Hamilton Lanjutkan Tren Kemenangan di GP Hungaria

Terjadi drama menjelang akhir balapan

Lewis Hamilton kembali keluar sebagai jawara dalam balapan Formula 1 musim ini. Kali ini, pebalap Mercedes itu berhasil menaklukkan sirkuit Hungaroring, Hungaria dalam race yang berlangsung Minggu (29/7/2018) malam WIB.

Hamilton berhasil mengungguli duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang finis di posisi runner up dan ketiga. Sementara itu, Valtteri Bottas hanya mampu finis kelima di belakang Daniel Ricciardo yang tampil luar biasa meskipun memulai balapan dari urutan ke-12.

1. Hamilton langsung pimpin race

Lewis Hamilton Lanjutkan Tren Kemenangan di GP HungariaTwitter Formula 1

Menempati posisi pole position, Hamilton langsung memimpin jalannya race, selepas lampu start padam diikuti Bottas yang membayangi di posisi kedua. Vettel langsung merebut posisi ketiga dari Raikkonen setelah menyalip dari sisi luar tikungan kedua.

Pebalap Red Bull, Max Verstappen berhasil naik ke posisi kelima setelah memulai start dari posisi ketujuh. Sempat terjadi insiden selepas start yang melibatkan Daniel Ricciardo dan Marcus Ericsson karena senggolan ban. Beruntung, kedua pebalap tidak mengalami gagal finis.

2. Leclerc dan Verstappen gagal selesaikan race

Lewis Hamilton Lanjutkan Tren Kemenangan di GP HungariaTwitter Formula 1

Nasib sial justru dialami Charles Leclerc dan Max Verstappen. Leclerc harus menyudahi balapan lebih dini lantaran masalah mekanis yang dialami pebalap Sauber F1 Team itu pada lap pertama. Enam lap berikutnya jadi waktu yang buruk untuk Verstappen.

Mobil pebalap berkebangsaan Belanda tersebut mengalami kerusakan dan terpaksa berhenti di pinggir lintasan. Kegagalan menyelesaikan race yang dialami Verstappen menjadi ketiga kalinya dalam musim ini, setelah sebelumnya terjadi pada GP Bahrain dan GP Azerbaijan.

3. Hamilton mampu unggul 6 detik dari Bottas

Lewis Hamilton Lanjutkan Tren Kemenangan di GP HungariaTwitter Formula 1

Hamilton yang memimpin jalannya race mampu membuat jarak 6 detik dari Bottas di posisi kedua. Bottas yang membuntuti rekan setimnya di Mercedes itu pun masuk ke pit stop pada lap 15, satu lap lebih lambat dari Raikkonen. Hamilton yang tak “dikawal” oleh Bottas makin memperlebar jarak dari Vettel yang berada di posisi kedua.

Namun, jarak antara kedua pebalap sedikit demi sedikit terpangkas. Itu tak lepas dari ban yang digunakan keduanya. Vettel memulai balapan dengan ban jenis soft sedangkan Hamilton menggunakan ultrasoft, seperti dikutip dari Autosport.com.

4. Pit stoplambat hambat Vettel

Lewis Hamilton Lanjutkan Tren Kemenangan di GP HungariaTwitter Formula 1

Sepuluh lap berikutnya jadi kesempatan Hamilton masuk pit stop dan melakukan pergantian ban. Vettel yang masih belum masuk pit stop langsung memimpin jalannya balapan. Pebalap Ferrari itu mampu membuat gap waktu 10,2 detik dengan Hamilton pada lap 36. Namun, Vettel belum sama sekali melakukan pergantian ban.

Vettel akhirnya masuk pit stop pada lap 39 dan mengganti ban ke jenis ultrasoft. Pergantian ban nyatanya tidak berjalan mulus karena adanya masalah pemasangan ban depan kiri mobilnya. Alhasil, Vettel keluar dari pit stop di belakang Bottas dan memaksanya berada di posisi ketiga.

5. Drama di penghujung race

Lewis Hamilton Lanjutkan Tren Kemenangan di GP HungariaTwitter Formula 1

Drama pun terjadi menjelang balapan usai. Vettel yang terus berusaha menyalip Bottas mendapatkan kesempatan pada lap 65. Vettel berhasil menyalip Bottas di tikungan kedua untuk merebut posisi kedua. Namun, seperti dikutip dari Motorsport.com, Bottas terlambat melakukan pengereman dan membuat sayap depannya menabrak ban belakang kiri Vettel.

Insiden ini dimanfaatkan Raikkonen untuk merangsek naik ke posisi ketiga. Meskipun terkena tabrakan, ban belakang kiri Vettel tidak mengalami kebocoran. Drama kembali terjadi pada lap 68. Kali ini melibatkan Bottas dan Ricciardo.

Ricciardo yang tampil luar biasa meski memulai balapan dari posisi ke-12 berusaha menyalip Bottas di tikungan pertama. Namun, mobilnya mengalami tabrakan dengan Bottas. Walau mengalami kerusakan pada body kanan mobil, Riccirado tetap mampu menyalip Bottas dan berhak finis di urutan keempat.

6. Hasil lengkap dan HighlightsFormula 1 GP Hungaria

Lewis Hamilton Lanjutkan Tren Kemenangan di GP HungariaTwitter Formula 1

Hamilton yang jauh unggul meninggalkan Vettel pun akhirnya keluar sebagai juara GP Hungaria. Hamilton finis dengan gap 17,123 detik dari Vettel. Hasil ini semakin memperkokoh posisi Hamilton di klasemen pebalap dengan raihan 213 poin, unggul 24 poin dari Vettel di posisi kedua.

Bagi kamu yang penasaran dengan hasil lengkap balapan Formula 1 GP Hungaria yang berlangsung Minggu (29/7/2018), berikut kami sajikan hasil lengkapnya, seperti dilansir Twitter.com/f1.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Belgia di sirkuit Spa – Francorchamps pada 26 Agustus mendatang. Jika kamu ingin menyaksikan kembali aksi – aksi para pebalap F1 pada GP Hungaria kami juga sajikan highlights-nya berikut ini.

https://www.youtube.com/embed/swnvZggX0uo

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya