Jack Miller Ungkap Kelemahan RC16 saat Main Race MotoGP Portugal

Jack Miller harus puas finis di luar posisi lima besar 

Jack Miller gagal mengulangi capaian bagus saat main race MotoGP Portugal pada Minggu (26/3/2023) malam WIB. Ia harus puas finis di posisi ketujuh dalam balapan yang berlangsung selama 25 lap.

Padahal, Jack Miller mampu menuntaskan sprint race di posisi keempat sehari sebelumnya. Ia pun membeberkan kekurangan RC16 yang dirasakan selama main race.

1. Sempat berada di posisi ketiga, Jack Miller terus melorot hingga finis di posisi ketujuh

Jack Miller Ungkap Kelemahan RC16 saat Main Race MotoGP PortugalJack Miller dan Alex Marquez saat menjalani main race MotoGP Portugal 2023. (motogp.com)

Jack Miller sebetulnya tampil baik pada lap-lap awal main race. Pembalap asal Australia itu sempat bercokol di posisi ketiga ketika balapan berusia empat lap.

Sayangnya, posisi tersebut langsung direbut Marco Bezzecchi satu lap berikutnya. Seiring waktu berjalan, posisi Miller terus melorot hingga pada akhirnya melintasi garis finis di posisi ketujuh, berjarak 0,134 detik dari Brad Binder.

2. Jack Miller membeberkan penyebab posisinya melorot saat bertarung melawan para rival

Jack Miller Ungkap Kelemahan RC16 saat Main Race MotoGP PortugalJack Miller berada di belakang Alex Marquez saat main race MotoGP Portugal 2023. (motogp.com)

Jack Miller menjelaskan kendalanya selepas balapan. Ia merasa sudah maksimal mempertahankan posisi dari kejaran para rival. Namun, RC16 yang dipacunya sulit membendung perlawanan ketika berada di trek lurus.

"Saat Bezzecchi mendorong, aku membuat kesalahan di tikungan lima. Jadi, dia dan Alex Marquez datang dan aku tertahan dalam pertarungan melawan mereka.

Ttiap kali aku melewati mereka, mereka membalas di trek lurus. Pada akhirnya, kami berada di grup besar dengan Johann Zarco dan Brad Binder di dalamnya. Aku mendorong secara maksimal untuk menyalip, tetapi itu tak mungkin," jelas Miller dilansir Speedweek.

Baca Juga: Jack Miller Nilai Francesco Bagnaia Lebih Kuat Ketimbang Musim 2022

3. Meski masih ada kekurangan, Jack Miller mengaku puas dengan performa RC16

Jack Miller Ungkap Kelemahan RC16 saat Main Race MotoGP PortugalJack Miller dan Brad Binder saat menjalani main race MotoGP Portugal 2023. (ktm.com)

Jack Miller sadar RC16 masih kalah saat di trek lurus ketika harus berhadapan dengan motor Ducati Desmosedici. Meski begitu, ia mengaku tetap puas dengan performa motornya pada akhir pekan di Algarve International Circuit.

"Dalam pertarungan melawan Ducati, aku kesulitan di trek lurus. Di luar itu, motor bekerja dengan baik. Keausan ban juga sangat bagus begitu juga dengan umpan baliknya," kata Miller.

 

4. Jack Miller memberi apresiasi kepada KTM atas kerja keras dalam pengembangan RC16

Jack Miller Ungkap Kelemahan RC16 saat Main Race MotoGP PortugalJack Miller kembali ke paddock setelah balapan MotoGP Portugal 2023. (motogp.com)

Jack Miller tak lupa memberi apresiasi kepada KTM. Performa bagusnya sepanjang GP Portugal tak lepas dari kerja keras orang-orang di dalam tim dalam pengembangan motor RC16.

"Aku sangat senang dengan bagaimana semua hal berjalan. Lingkungan di KTM juga luar biasa. Kami bersenang-senang membangun proyek ini bersama dan meningkatkan motor ini. 

Aku finis di posisi ketujuh, tetapi itu karena beberapa lap terakhir. Walau begitu, aku hanya berjarak 8 detik di belakang pemenang balapan. Aku tahu kami bisa melakukan dengan lebih baik pada balapan berikutnya," pungkas Miller.

5. Posisi Jack Miller di klasemen pembalap usai MotoGP Portugal 2023

Jack Miller Ungkap Kelemahan RC16 saat Main Race MotoGP Portugalklasemen sementara MotoGP 2023 usai GP Portugal (twitter.com/MotoGP)

Jack Miller untuk sementara bertengger di posisi kelima klasemen pembalap. Ia sudah mengumpulkan 15 poin dari sprint dan main race GP Portugal.

Rinciannya, 9 poin diperoleh setelah finis ketujuh saat main race, sedangkan 6 poin diraih usai finis keempat dalam sprint race. Di lain pihak, Brad Binder berada di posisi ke-8 lewat perolehan sepuluh poin karena finis keenam saat main race.

Kombinasi poin Jack Miller dan Brad Binder menempatkan KTM Factory Racing bertengger di posisi ketiga klasemen tim. Mereka terpaut sebelas poin dari Aprilia Racing yang berada di peringkat kedua.

Baca Juga: Jack Miller Evaluasi Performanya saat Memacu RC16, Masih Masa Transisi

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya