Comscore Tracker

Jadwal F1 2022 Kian Padat, Vettel: Bikin Balapan Tak Lagi Spesial!

Vettel kritik 23 balapan dalam semusim di Formula 1

Formula 1 secara resmi merilis kalender balap musim 2022. Ada 23 seri balap yang bakal tersaji di era baru ajang balap jet darat tersebut.

Namun, keputusan kejuaraan menggelar balapan lebih banyak dari musim-musim sebelumnya mendapat kritikan dari beberapa pihak. Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel, baru-baru ini menyampaikan pandangannya terkait jadwal yang kian padat musim depan.

1. Kekhawatiran Vettel pada Formula 1 yang tak lagi spesial

Jadwal F1 2022 Kian Padat, Vettel: Bikin Balapan Tak Lagi Spesial!Salah satu balapan Formula 1 di musim 2021 (formula1.com)

Vettel menyampaikan kekhawatirannya terkait banyaknya balapan yang harus dijalani oleh seluruh elemen di Formula 1 mulai musim depan. Menurutnya, semakin banyak balapan yang digelar akan membuat ajang balap tersebut jadi kurang terasa spesial.

“Untuk satu hal, mungkin ada terlalu banyak balapan untuk orang-orang yang ingin melihatnya. Itu tak lagi spesial ketika terlalu banyak balapan yang masuk dalam satu kalender,” kata Vettel dilansir PlanetF1.

2. Vettel juga menyoroti beban kerja kru tim yang kian banyak

Jadwal F1 2022 Kian Padat, Vettel: Bikin Balapan Tak Lagi Spesial!Para kru Aston Martin saat melakukan pergantian ban di pit (twitter.com/AstonMartinF1)

Selain itu, Vettel juga menyoroti beban kerja yang harus dipikul oleh kru tim saat pekan balap tiba. Dengan lebih banyak balapan yang digelar, mau tidak mau kru akan dapat beban kerja lebih banyak dari sebelumnya.

“Aku merasa kasihan pada mereka (kru dan staf). Kami sebagai pembalap berada di sisi yang baik. Kami bisa datang di hari Rabu petang dan kami bisa meninggalkan venue hari Minggu petang jika ada penerbangan.

Tapi, kru tim punya lebih banyak beban. Mereka datang hari Senin atau Sabtu di pekan sebelumnya. Setelah tiba mereka harus mengatur garasi dan menyiapkan mobil. Kemudian, mereka harus mengemas semuanya setelah selesai balapan, mengirim kembali ke pabrik, dan menyiapkannya di sana.”

Baca Juga: GP Italia 2008, saat Sebastian Vettel Raih Kemenangan Pertamanya di F1

3. Vettel: Semakin sibuk kru dan staf, mereka tak punya waktu untuk diri sendiri

Jadwal F1 2022 Kian Padat, Vettel: Bikin Balapan Tak Lagi Spesial!Sebastian Vettel bersama kru Aston Martin di garasi tim (formula1.com)

Dengan makin sibuknya para kru dan staf musim depan, Vettel merasa mereka tak akan punya banyak waktu untuk diri sendiri. Baginya, perlu ada keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

“Bagi mereka, itu adalah pekerjaan yang akan membuat Anda sibuk sepanjang hari kerja dan bahkan hampir setiap pekan. Jadi, Anda tak punya waktu untuk diri sendiri.

Aku pikir kita berada dalam suatu masa saat orang-orang kian bertumbuh dan sadar bahwa mereka juga punya kehidupan. Kehidupan itu bukan hanya milik atasan saja,” jelas Vettel dikutip Motorsport.com.

4. Jumlah balapan yang meningkat menyebabkan beberapa staf memilih tak lagi ada di kejuaraan

Jadwal F1 2022 Kian Padat, Vettel: Bikin Balapan Tak Lagi Spesial!Pembalap Aston Martin Sebastian Vettel (twitter.com/AstonMartinF1)

Peningkatan jumlah balapan Formula 1 dalam semusim telah menyebabkan eksodus beberapa staf yang bekerja pada tim balap yang berkompetisi. Beberapa di antara mereka memilih bekerja di pabrik tim atau bahkan pergi dari kejuaraan secara penuh.

Meski begitu, Vettel tak punya kuasa dalam mengubah aturan. Pembalap bernomor mobil 5 itu hanya berharap yang terbaik bagi kelangsungan Formula 1 di masa mendatang.

“Aku bukan yang bertanggung jawab dalam hal ini dan pastinya ada beberapa kepentingan lain. Tapi, ini untuk memastikan bahwa orang-orang punya keseimbangan antara hidup mereka bersama keluarga dan waktu yang mereka luangkan di ajang balap.”

5. Formula 1 musim 2022 dimulai Maret di Bahrain, berakhir pada November di Abu Dhabi

Jadwal F1 2022 Kian Padat, Vettel: Bikin Balapan Tak Lagi Spesial!Mobil-mobil Formula 1 2021 saat berada di pitlane (formula1.com)

Formula 1 sudah merilis jadwal resmi untuk gelaran musim 2022. Bakal ada 23 balapan yang akan disuguhkan dengan GP Bahrain didapuk menjadi balapan pembuka pada 18--20 Maret.

Lalu, musim balap 2022 akan berakhir pada 20 November dengan GP Abu Dhabi kembali didaulat sebagai balapan pamungkas seperti yang akan terjadi musim 2021 ini. Jadi, apakah kalian sependapat dengan pernyataan Vettel?

Baca Juga: Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya