Jadwal Peluncuran Mobil Tim Formula 1 2023, Jangan Sampai Terlewat!

Haas jadi tim pertama yang bakal meluncurkan mobil

Formula 1 2023 berlangsung mulai 3 Maret di Bahrain. Menjelang bergulirnya kompetisi, peluncuran mobil menjadi salah satu tradisi yang tak boleh dilewatkan.

Lantas, kapan tim Formula 1 memperkenalkan mobil terbaru mereka kepada publik? Tim mana yang bakal meluncurkan mobil lebih dahulu? Inilah jadwal peluncuran mobil tim Formula 1 2023!

1. Haas (31 Januari 2023)

Jadwal Peluncuran Mobil Tim Formula 1 2023, Jangan Sampai Terlewat!mobil Haas untuk Formula 1 2022 (formula1.com)

Haas menjadi tim pertama yang bakal memperkenalkan mobil mereka kepada publik. Tim yang dikepalai Guenther Steiner itu memilih tanggal 31 Januari 2023 sebagai momen peluncuran mobil mereka.

Haas tak akan meluncurkan mobil dalam tampilan skala penuh. Mereka memilih menunjukkan livery mobil dalam bentuk render yang dipresentasikan secara daring.

Musim ini, Haas disokong MoneyGram sebagai sponsor utama. Kevin Magnussen masih berada di tim. Ia ditemani Nico Hulkenberg yang dipilih menggantikan Mick Schumacher.

2. Red Bull (3 Februari 2023)

Red Bull jadi tim kedua yang bakal meluncurkan mobil terbaru mereka untuk musim 2023. Tim yang berbasis di Milton Keynes, Inggris, itu berencana menggelar peluncuran pada 3 Februari.

New York dipilih menjadi lokasi pengenalan mobil baru Max Verstappen dan Sergio Perez. Ambisi Red Bull musim ini adalah mempertahankan gelar juara dunia pembalap dan konstruktor.

Sebelum musim 2022, Red Bull terakhir kali meraih dua titel juara dalam semusim pada 2013. Saat itu, Sebastian Vettel meraih gelar keempatnya secara beruntun dan Red Bull mampu mengasapi Mercedes di klasemen konstruktor.

3. Williams (6 Februari 2023)

Jadwal Peluncuran Mobil Tim Formula 1 2023, Jangan Sampai Terlewat!mobil Alexander Albon di GP Belanda 2022 (formula1.com)

Musim 2022 jadi momen yang berusaha dilupakan Williams. Mereka harus menerima kenyataan berada di posisi juru kunci dengan hanya mengemas delapan poin.

Musim ini, Williams menatap gelaran Formula 1 dengan optimisme. Susunan pembalap tim telah berganti. Alexander Albon tetap dalam skuad, sedangkan Nicholas Latifi diganti Logan Sargeant.

Mengenai peluncuran mobil baru, Williams memilih tanggal 6 Februari sebagai waktu perkenalan kepada publik. Sama seperti Haas, Williams akan menunjukkan skema livery mobil mereka secara daring melalui situs resmi tim.

4. Alfa Romeo (7 Februari 2023)

Alfa Romeo bakal menyapa para penggemar Formula 1 pada 7 Februari 2023 dengan peluncuran mobil. C43 diperkirakan menjadi nama mobil Alfa Romeo musim ini.

Komposisi pembalap tim yang berbasis di Hinwil, Swiss, tersebut tidak mengalami perubahan. Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu masih bersinergi untuk membawa tim meraih pencapaian lebih tinggi.

Sementara itu, Frederic Vasseur tak lagi menjabat sebagai team principal. Pria berkebangsaan Prancis itu kini menjadi kepala tim Ferrari usai Mattia Binotto mengundurkan diri.

5. AlphaTauri (11 Februari 2023)

Berselang 4 hari dari peluncuran C43, AlphaTauri bakal tampil ke depan publik dengan livery baru. Tim yang musim lalu menempati posisi kesembilan klasemen konstruktor itu menggelar peluncuran mobil pada 11 Februari 2023.

Yuki Tsunoda akan menjalani musim ketiganya di Formula 1 bersama tim yang sama. Bedanya, pembalap asal Jepang itu akan bertandem dengan Nyck de Vries. 

Nyck de Vries sudah debut di Formula 1 pada GP Italia musim lalu. Juara dunia Formula E 2020 dan 2021 itu menggantikan Alexander Albon (Williams) yang absen lantaran radang usus buntu.

Baca Juga: Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

6. Aston Martin (13 Februari 2023)

Jadwal Peluncuran Mobil Tim Formula 1 2023, Jangan Sampai Terlewat!bagian depan mobil Aston Martin musim 2022 (formula1.com)

Aston Martin adalah tim pertama yang mengumumkan tanggal peluncuran mobil musim 2023. Tim dengan livery warna hijau itu memilih 13 Februari sebagai waktu pengenalan AMR23 kepada para penggemar Formula 1.

Posisi Sebastian Vettel di tim kini digantikan Fernando Alonso. Sementara itu, Lance Stroll tetap dalam skuad yang berbasis di Sliverstone, Inggris.

Selama 2 musim beruntun, Aston Martin menempati posisi ketujuh di klasemen konstruktor. Tim yang dimiliki Lawrence Stroll itu berharap bisa meraih hasil lebih baik musim ini.

7. McLaren (13 Februari 2023)

Tak hanya Aston Martin, McLaren juga akan meluncurkan mobil terbaru mereka pada 13 Februari 2023. Acara rencananya berlangsung di McLaren Technology Centre, Inggris.

Pengumuman tanggal peluncuran mobil McLaren diunggah dengan cara yang unik. Tim mengunggah gambar seseorang berada di meja kerja. Ada kertas bertuliskan tanggal peluncuran yang tertempel di monitor.

Lando Norris masih berada dalam skuad yang dikepalai Andrea Stella. Norris akan berbagi garasi dengan Oscar Piastri yang mengisi posisi Daniel Ricciardo yang keluar dari tim.

8. Ferrari (14 Februari 2023)

Tanggal 14 Februari tentu identik dengan Valentine. Akan tetapi, tanggal tersebut jadi momen paling dinanti para tifosi. Sebab, Ferrari akan meluncurkan mobil terbaru mereka ke hadapan publik.

Hingga saat ini, belum ada keterangan mengenai nama yang bakal dipakai untuk mobil baru tim asal Italia itu. Musim lalu, Ferrari menggunakan nama F1-75 untuk mobil andalan mereka.

Charles Leclerc dan Carlos Sainz masih ada di garasi yang sama. Frederic Vasseur akan memimpin tim setelah Mattia Binotto meletakkan jabatannya.

9. Mercedes (15 Februari 2023)

Jadwal Peluncuran Mobil Tim Formula 1 2023, Jangan Sampai Terlewat!Lewis Hamilton dan George Russell berfoto bersama seluruh kru tim Mercedes. (twitter.com/MercedesAMGF1)

Pada 2022, Mercedes hampir saja melalui musim tanpa kemenangan. Beruntung, George Russell memberi kemenangan bagi tim berjuluk Silver Arrows itu di GP Brasil.

Mercedes tak ingin mengulangi hal yang sama musim ini. Mereka bertekad untuk bertarung di barisan depan melawan Red Bull dan Ferrari. W14 menjadi mobil baru yang diharapkan dapat memberi hasil lebih baik ketimbang pendahulunya.

W14 akan diperkenalkan sehari setelah Ferrari menggelar peluncuran. Lewis Hamilton dan George Russell masih mengisi posisi di balik kemudi mobil tim yang dipimpin Toto Wollf itu.

10. Alpine (16 Februari 2023)

Jadwal Peluncuran Mobil Tim Formula 1 2023, Jangan Sampai Terlewat!tampilan belakang mobil A522 (formula1.com)

Alpine jadi tim yang menutup rangkaian peluncuran mobil Formula 1 2023. Tim asal Prancis itu akan menggelar peluncuran mobil di London, Inggris, pada 16 Februari.

Cita rasa Prancis makin terasa dalam susunan pembalap Alpine. Sebab, tim itu diperkuat Esteban Ocon dan Pierre Gasly. Alpine juga mengumumkan A523 sebagai nama mobil baru mereka.

Peluncuran mobil Formula 1 2023 akan menarik perhatian para pencinta balap di seluruh dunia. Lantas, siapa yang bisa memberi gebrakan? Kita nantikan saja, ya!

Baca Juga: 8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang Rally

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya