Comscore Tracker

Jajal Mesin GSX-RR Versi 2022, Alex Rins Merasa Terkesan

Tetap minta Suzuki melakukan modifikasi aerodinamika

MotoGP telah menuntaskan tes pramusim 2022 yang pertama pada 18--19 November 2021 lalu di Jerez, Spanyol. Semua tim menurunkan motor mereka guna memperoleh data untuk pengembangan jelang digelarnya MotoGP 2022 mendatang.

Suzuki juga ikut meramaikan tes pramusim di Jerez dengan menjajal desain mesin baru untuk GSX-RR versi 2022. Rupanya, mesin tersebut membuat Alex Rins terkesan.

1. Alex Rins senang motornya punya lebih banyak kecepatan dan tenaga saat pakai mesin 2022

Jajal Mesin GSX-RR Versi 2022, Alex Rins Merasa TerkesanAlex Rins pada sesi tes pramusim di Jerez (motogp.com)

Selama dua hari tes, Suzuki berkesempatan menjajal mesin 2021 dan 2022 untuk melihat perbedaan dari keduanya. Hasilnya, Alex Rins mengaku senang karena motornya memiliki kecepatan dan tenaga lebih besar dari sebelumnya.

“Kami senang terhadap hal-hal yang kami lakukan, termasuk dengan mesin yang tampaknya punya kecepatan dan tenaga lebih besar. Setelah mencoba mesin 2021 dan 2022, kami bisa merasakan bahwa kami telah membuat langkah sangat penting,” ujar Rins dilansir the-race.com.

2. Rins masih merasa Suzuki masih harus melakukan modifikasi di aspek aerodinamika

Jajal Mesin GSX-RR Versi 2022, Alex Rins Merasa TerkesanAlex Rins pada sesi tes pramusim di Jerez (motogp.com)

Jika aspek mesin telah memenuhi harapan Rins, lain halnya dengan aspek aerodinamika motor. Rins merasa Suzuki masih harus melakukan modifikasi pada aspek tersebut meski menilai fairing yang dicoba saat tes tampak oke.

“Tampaknya aspek mesin bekerja dengan baik, tapi kami kami masih harus bekerja di beberapa aspek aerodinamika. Kami mencoba beberapa fairing yang kurang lebih bekerja dengan cukup baik. 

Bukan efek besar yang kami nantikan, tapi tampak oke. Sepertinya kami melakukan pengembangan pekat yang bagus untuk musim depan,” nilai Rins dikutip Crash.

Baca Juga: Alex Rins Uring-uringan Lihat Dominasi Ducati

3. Suzuki sudah coba mesin spesifikasi 2022 di tes pramusim Qatar awal 2021 lalu

Jajal Mesin GSX-RR Versi 2022, Alex Rins Merasa TerkesanAir intake motor Alex Rins pada sesi tes pramusim di Jerez (motogp.com)

Sejatinya, Suzuki menjadi pabrikan pertama yang mencoba mesin spesifikasi 2022 pada tes pramusim di Qatar pada Maret 2021 lalu. Sejak saat itu, mesin mengalami perkembangan terus-menerus dan kembali dijajal pada tes Jerez kali ini.

Berakhirnya technical freeze yang diberlakukan pada musim 2020 dan 2021 membuat Suzuki bisa melakukan perubahan pada desain mesin. Perubahan tersebut menjadi kali pertama sejak 2020 lalu.

Perlu diketahui, imbas pandemi COVID-19 yang merebak sejak 2020 lalu membuat MotoGP memberlakukan aturan, yakni engine and aero package freeze. Aturan ini membatasi tim dalam melakukan perubahan pada aspek mesin dan aerodinamika dengan menggunakan partisi yang sudah dihomologasi pada 2020.

4. Tak hanya Joan Mir dan Alex Rins, Suzuki juga menurunkan dua rider test di Jerez

Jajal Mesin GSX-RR Versi 2022, Alex Rins Merasa TerkesanSylvain Guintoli pada tes pramusim di Jerez (motogp.com)

Kembali soal tes pramusim di Jerez, Suzuki tak hanya menurunkan Joan Mir dan Alex Rins, tetapi juga test rider, Sylvain Guintoli dan Takuya Tsuda, dalam pengujian sejumlah partisi motor GSX-RR.

“Kami melalui periode tes yang intensif saat ini dengan banyak hari dihabiskan di trek sebab kami mencoba banyak partisi. Tsuda dan aku melakukan banyak pekerjaan untuk memberikan Joan Mir dan Alex Rins beberapa opsi bagus,” jelas Guintoli.

5. MotoGP masih sisakan dua tes pramusim 2022, Sepang dan Mandalika jadi tuan rumah

Jajal Mesin GSX-RR Versi 2022, Alex Rins Merasa Terkesantampilan Sirkuit Internasional Mandalika (worldsbk.com)

MotoGP masih akan menggelar dua tes resmi tahun depan menyongsong musim 2022. Sirkuit Sepang akan menjadi tuan rumah tes berikutnya pada 5--6 Februari 2022.

Seminggu berselang giliran sirkuit Mandalika akan dijajal untuk pertama kalinya oleh para pembalap di kelas utama MotoGP pada 11--13 Februari 2022 mendatang. Menarik untuk dinanti perubahan seperti apa yang akan dibawa oleh para tim pada tes pramusim berikutnya.

Baca Juga: MGPA: Sirkuit Mandalika Belum Sepenuhnya Ideal dan Siap Dibenahi

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya