Joan Mir Puji Penampilan Fabio Quartararo pada MotoGP Portugal

Quartararo meraih kemenangan pertama pada 2022

Fabio Quartararo akhirnya meraih kemenangan perdana pada MotoGP 2022. Pembalap Monster Energy Yamaha itu menuntaskan balapan GP Portugal sebagai pemenang setelah berjibaku selama 25 lap.

Joan Mir yang sempat berduel dengan Quartararo pada lap-lap awal balapan memuji performa pembalap asal Prancis itu. Mir menilai Quartararo mampu membalap dengan baik dan tampil dengan minim kesalahan.

1. Quartararo memulai dari posisi kelima, langsung tancap gas sejak awal balapan

Joan Mir Puji Penampilan Fabio Quartararo pada MotoGP PortugalFabio Quartararo pada balapan GP Portugal 2022 (motogp.com)

Fabio Quartararo memulai balapan GP Portugal di Sirkuit Algarve dari posisi ke-5. Posisi ini berdasarkan hasil kualifikasi sesi kedua (Q2) yang dicapai juara dunia MotoGP 2021 tersebut.

Selepas lampu start padam, Quartararo langsung tancap gas. Ia menyodok ke posisi kedua saat balapan masih berumur satu lap. Sementara itu, Joan Mir berada di posisi pimpinan balap.

2. Quartararo mengambil alih pimpinan balapan, Joan Mir justru mengalami insiden

Keunggulan Joan Mir tak bertahan lama. Pada awal lap empat, pembalap Suzuki Ecstar itu disalip Fabio Quartararo di tikungan pertama. Posisi pertama yang didapat El Diablo berhasil dijaga hingga akhir balapan.

Sementara itu, Mir justru melorot ke posisi tiga karena disalip Johann Zarco pada lap tujuh belas. Puncaknya, ia gagal finis lantaran terlibat insiden dengan Jack Miller pada lap sembilan belas. Miller terjatuh di tikungan satu dan motornya menyambar Mir yang ada di sampingnya.

 

Baca Juga: Honda Bidik Pebalap Top untuk MotoGP 2023, Quartararo atau Joan Mir?

3. Joan Mir mengeluhkan ban depan motornya yang kurang maksimal

Joan Mir Puji Penampilan Fabio Quartararo pada MotoGP PortugalJoan Mir jelang balapan GP Portugal 2022 (motogp.com)

Kegagalan Joan Mir memenangi balapan GP Portugal memang diakibatkan insiden dengan Jack Miller. Namun, pembalap bernomor motor 36 itu juga mengeluhkan masalah ban depan yang menjadi biang kerok dirinya bisa tersalip Fabio Quartararo dan Johann Zarco saat balapan.

"Masalah utamanya adalah bagian depan yang banyak bergerak ketika melaju dalam batasan. Itu dimulai tepat pada lap pertama dan makin memburuk saat balapan berlangsung. Pada lap sepuluh, saya hampir mencapai ujung," kata Mir dilansir Speedweek.

4. Joan Mir beri pujian kepada Quartararo, akui motornya kurang kencang

Joan Mir Puji Penampilan Fabio Quartararo pada MotoGP PortugalFabio Quartararo berselebrasi usai GP Portugal 2022. (motogp.com)

Mengenai performa apik Fabio Quartararo, Joan Mir memberikan pujian. Ia mengakui El Diablo memiliki kecepatan yang lebih besar dari dirinya saat balapan. Selain itu, Quartararo juga tak melakukan kesalahan yang membuatnya bisa memimpin hingga balapan tuntas.

"Dia punya balapan yang bagus. Saat dia menyalipku, aku sadar bahwa dia punya kecepatan yang lebih baik daripada diriku. Dia melakukan tugas dengan baik," puji Mir dikutip Motorcycle Sports.

5. Fabio Quartararo kini memimpin klasemen sementara, poinnya sama seperti Alex Rins

Joan Mir Puji Penampilan Fabio Quartararo pada MotoGP PortugalFabio Quartararo merayakan keberhasilan finis pertama pada GP Portugal bersama kru tim. (motogp.com)

Kemenangan Fabio Quartararo pada GP Portugal membuat El Diablo untuk sementara berada di singgasana klasemen dengan perolehan 69 poin. Poinnya sama seperti Alex Rins yang kini bercokol di posisi kedua.

Balapan berikutnya berlangsung di Jerez, Spanyol, pada 29 April—1 Mei 2022. Akankah Joan Mir bisa menebus kegagalannya pada GP Spanyol nanti? Atau Fabio Quartararo yang meneruskan tren positif?

Baca Juga: Fabio Quartararo Narsis Usai Kuasai MotoGP Portugal

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya