Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama Ducati

Jorge Martin bersaing ketat dengan Enea Bastianini

Jorge Martin menjadi 1 dari 2 nama yang santer berpeluang memperkuat tim utama Ducati di MotoGP. Akan tetapi, Enea Bastianini lebih dijagokan untuk bertandem dengan Francesco Bagnaia pada 2023 mendatang.

Hingga saat ini, Ducati masih belum memutuskan siapa yang bakal dipilih untuk menjadi rekan setim Bagnaia. Jorge Martin pun masih berharap kesempatan itu bisa datang kepadanya dalam waktu dekat.

1. Dijagokan dapat tempat di tim utama Ducati, Jorge Martin kesulitan pada awal musim 2022

Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama DucatiJorge Martin pada GP Catalunya 2022 (motogp.com)

Sebelum musim 2022 digelar, Jorge Martin menjadi pembalap yang paling difavoritkan promosi ke tim utama Ducati. Apalagi saat debutnya pada 2021 lalu, The Martinator mampu naik podium empat kali. Salah satunya berbuah kemenangan pada GP Styria.

Jorge Martin justru mengalami kesulitan pada awal musim ini. Dari 9 seri balap yang sudah digelar, ia 4 kali gagal finis. Saat ini, ia berada di posisi ke-12 pada klasemen sementara setelah mengumpulkan 51 poin.

2. Tak mau bicara banyak tentang masa depannya, hanya ingin tampil kompetitif

Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama DucatiJorge Martin pada GP Catalunya 2022 (motogp.com)

Jorge Martin mengakui sendiri bahwa motor Desmosedici yang ditungganginya terasa berbeda dibandingkan musim lalu. Untuk itu, ia mengaku berusaha untuk meningkatkan performanya dalam beberapa balapan ke depan.

Martin juga tak mau terlalu bicara banyak soal masa depannya. Ia hanya ingin bisa tampil kompetitif pada sisa balapan musim ini.

"Aku tak bisa bicara lebih jauh soal masa depanku. Aku ingin menjadi kompetitif. Aku telah menunjukkannya tahun lalu. Sekarang situasinya berubah. Sulit untuk mengontrolnya," kata Martin dilansir Motorsport.com

Baca Juga: Masalah Girboks jadi Penyebab Jorge Martin Finis ke-13 pada GP Italia

3. Jorge Martin menjelaskan situasi penentuan pembalap yang promosi ke tim utama Ducati

Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama DucatiJorge Martin seusai GP Catalunya 2022 (motogp.com)

Jorge Martin juga membahas seperti apa progres penentuan pembalap yang promosi ke tim utama Ducati. Menurutnya, keputusan yang bakal diambil Ducati tak semudah seperti yang dinilai oleh banyak orang, mengingat ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan.

"Dari sisi luar, terlihat mudah memutuskan siapa yang layak mendapatkan sebuah tempat. Namun, secara internal tidak seperti itu. Itulah mengapa Ducati punya beberapa kesulitan untuk membuat keputusan," jelas Martin.

4. Pikirkan opsi bertahan di Pramac Racing, tetapi masih berharap naik ke tim utama Ducati

Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama DucatiJorge Martin berselebrasi usai balapan GP Catalunya 2022. (motogp.com)

Jika pada akhirnya Ducati lebih memilih Enea Bastianini, maka Jorge Martin bisa saja tetap bersama Pramac Racing. Sebab, tak banyak opsi menarik yang tersedia di grid MotoGP yang bisa dipilih olehnya.

"Itu menjadi sebuah opsi (bertahan bersama Pramac). Aku memikirkan hal itu. Namun, aku ingin mengendarai motor pabrikan di tim utama," tegas Martin dikutip Motorsport Total.

5. Enea Bastianini masih jadi pembalap terbaik Ducati di klasemen sementara

Jorge Martin Masih Berharap Bisa Perkuat Tim Utama Ducatipembalap Gresini Racing Enea Bastianini (motogp.com)

Jika menilik posisi di klasemen sementara, Enea Bastianini masih menjadi pembalap bermotor Ducati. Pembalap Gresini Racing itu berada di posisi ketiga dengan perolehan 94 poin.

Enea Bastianini sudah mengoleksi tiga kemenangan pada GP Qatar, Amerika, dan Prancis. Sementara itu, Jorge Martin baru dua kali naik podium setelah finis runner-up pada GP Argentina dan Catalunya.

Teka-teki siapa yang bakal menjadi tandem Bagnaia pada musim depan masih jadi tanda tanya. Menarik untuk menantikan siapa yang akan dipilih Ducati. Apakah tetap mempertahankan Jack Miller? Atau memilih antara Enea Bastianini atau Jorge Martin?

Baca Juga: Enea Bastianini Ingin Membuktikan Diri di MotoGP Italia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya