Comscore Tracker

Kilas Balik Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Formula 1 

10 Juni 2007, awal mula keran kemenangan Hamilton

Semua hal besar dimulai dari satu langkah kecil di awal. Memang, memulai sesuatu tak pernah terasa mudah. Tapi, jika dijalani dengan konsisten dan penuh semangat bukan tak mungkin impian yang ingin diraih akan tercapai.

Hal ini juga berlaku pada Lewis Hamilton. Yup, pembalap tersukses dalam sejarah Formula 1 yang masih aktif hingga kini. Tujuh gelar juara dunia sudah diraih dan namanya kini bersanding dengan Michael Schumacher sebagai pembalap terbanyak peraih gelar juara dunia sepanjang sejarah kejuaraan.

Kesuksesan itu tak dibangun Hamilton dalam sehari. Ada perjuangan keras yang diupayakannya demi meraih kemenangan demi kemenangan dalam setiap balapan. Ini termasuk soal kemenangan perdananya pada GP Kanada.

1. 10 Juni 2007, tanggal bersejarah dalam karier Lewis Hamilton

Kilas Balik Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Formula 1 Lewis Hamilton saat melintasi garis finis GP Kanada 2007 (media.daimler.com)

Mari kita kembali ke tanggal 10 Juni 2007. Sirkuit Gilles Villeneuve yang berlokasi di Montreal, Kanada menjadi saksi ‘batu pertama’ kemenangan seorang pemuda asal Inggris di ajang Formula 1.

Saat itu, ia baru menjalani debut di kejuaraan tersebut pada tahun yang sama. Umurnya masih 22 tahun. Meski masih berstatus pendatang baru, tapi kehadiran Hamilton sudah menyita perhatian penggemar.

Buktinya, pada balapan tersebut ia berhasil menang setelah sehari sebelumnya ia meraih pole position. Bahkan, ia mampu mengungguli rekan setimnya Fernando Alonso yang harus puas finis di posisi ketujuh.

2. Tercatat sebagai pembalap termuda ketujuh yang raih kemenangan pertama dalam sejarah Formula 1

Kilas Balik Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Formula 1 Hamilton pada kemenangan pertamanya di Formula 1 pada 2007 (goodwood.com)

Kemenangan tersebut tak hanya menghidupkan asanya meraih kemenangan berikutnya. Tapi, nama Hamilton juga tercatat sebagai pembalap termuda ketujuh dalam sejarah Formula 1 yang raih kemenangan perdana.

Ketika naik podium tertinggi di GP Kanada tercatat usia detail Hamilton adalah 22 tahun 154 hari. Momen itu pastinya diingat tak hanya oleh Hamilton seorang, tetapi juga oleh seluruh penggemar Formula 1 di dunia.

Baca Juga: Hamilton Percaya Format Pekan Balap F1 GP Monako Perlu Diubah 

3. Usai kemenangan pertama, Hamilton serasa berada di planet lain

Kilas Balik Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Formula 1 Hamilton memandangi piala kemenangan pertamanya pada GP Kanada 2007 (skysports.com)

Usai memenangi GP Kanada, Hamilton menyampaikan perasaannya. Ia merasa sedang berada di planet lain sebab masih berupaya memahami apa yang baru saja terjadi dalam hidupnya.

“Aku ada di planet lain, tentu saja. Sangat sulit untuk memahami apa pun saat ini. Pertama, aku masuk ke Formula 1 bersama tim sekelas McLaren, kemudian meraih lima podium dan satu pole position. Dan, aku meraih pole position di sini dan saya berpikir bahwa ini adalah waktu saya”, ujar Hamilton dilansir Grand Prix 247

4. Hamilton muda yang berani bermimpi raih gelar juara dunia

Kilas Balik Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Formula 1 Hamilton muda yang masih memperkuat McLaren (grandprix247.com)

Tak hanya mengungkapkan rasa senang dan terkejut setelah menang GP Kanada, Lewis Hamilton membuat target yang lebih besar, menjadi juara dunia. Sebuah mimpi berani dari pembalap berstatus rookie.

“Pastinya, sekarang mimpi itu adalah memenangkan gelar juara dunia. Tapi, pada momen ini kami harus realistis dan aku pikir selalu baik untuk mengingat bahwa saya masih seorang rookie. Ini musim pertama saya dan akan ada masa-masa sulit”.

5. Impian Hamilton terwujud, jadi juara dunia untuk pertama kali di 2008

Kilas Balik Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Formula 1 Hamilton saat perayaan juara 2008 (planetf1.com)

Ungkapan mimpi atau ucapan adalah doa rupanya jadi kenyataan untuk Hamilton. Semusim berselang tepatnya pada 2008, pembalap yang kini memperkuat Mercedes itu meraih gelar juara dunia pertamanya.

Berdasarkan catatan dari StatsF1, Hamilton menjadi juara dunia setelah mengumpulkan 98 poin dalam semusim. Ia unggul tipis dari pembalap Ferrari Felipe Massa. Hingga kini, ia tercatat sebagai pembalap termuda kedua di bawah Sebastian Vettel yang meraih gelar juara dunia untuk pertama kali pada usia 23 tahun 300 hari.

Baca Juga: Mundur karena Jujur, Naomi Osaka Dipuji Hamilton

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya