Khusus Wanita, Ajang Balap W Series Bakal Digelar Tahun Depan

Batu loncatan untuk wanita menjadi pebalap F1

Selama ini, ajang balap seperti F1 selalu identik dengan kompetisi untuk pria. Jarang sekali kaum wanita ambil bagian menjadi pebalap dalam ajang tersebut. Namun, kondisi semacam ini sedikit 'terobati'. 

Pasalnya, tahun depan bakal digelar ajang balap single seater khusus untuk wanita. Memakai nama W Series, ajang ini bertujuan untuk membantu pebalap-pebalap wanita untuk mencapai kompetisi balap yang lebih tinggi.

1. Didukung mantan pebalap F1

Khusus Wanita, Ajang Balap W Series Bakal Digelar Tahun Depanredbull.com

Meski tergolong baru, ajang balap ini nyatanya mendapatkan dukungan dari salah satu mantan pebalap F1, David Coulthard. Pria kelahiran Skotlandia itu mengatakan bahwa pria dan wanita punya kesempatan untuk saling bersaing pada kompetisi yang sama asalkan mendapatkan kesempatan yang sama. 

"Namun saat ini, pebalap-pebalap wanita cenderung menyentuh 'langit-langit kaca' ketika terjun di level GP3/Formula 3. Itu lebih disebabkan mereka kekurangan dana daripada kekurangan bakat," ungkap Coulthard seperti dikutip dari crash.net.

2. Akan ada seleksi untuk ikuti W Series

Khusus Wanita, Ajang Balap W Series Bakal Digelar Tahun Depanautosport.com

Untuk mengikuti kompetisi ini pebalap tidak memerlukan sokongan dana dari sponsor. Mereka hanya perlu membuktikan kemampuan yang dimiliki dalam sebuah tes untuk menguji layak tidaknya mengikuti kompetisi. Juri yang akan menilai mereka bukanlah orang sembarangan. Di samping David Coulthard, Dave Ryan selaku race director W Series dan Technical Desainer F1 Adrian Newey yang juga menjadi konsultan dalam ajang ini. 

Rencananya, ajang ini akan diperkenalkan pada Mei 2019 mendatang. W Series akan memakai format lomba berdurasi 30 menit dan akan menggelar enam seri, salah satunya digelar di Britania Raya.

Baca Juga: Raih Poin Penuh, Hamilton Kuasai Balapan di GP F1 Suzuka

3. CEO W Series: Tak ada alasan pebalap wanita tidak bisa raih sukses di F1

Khusus Wanita, Ajang Balap W Series Bakal Digelar Tahun Depanautosport.com

Kehadiran ajang balap khusus wanita ini juga dijelaskan oleh CEO W Series, Catherine Bond Muir sebagai wadah yang inovatif dan menginspirasi saat ini. Dirinya juga sependapat dengan David Coulthard dengan menyebut bahwa masih sangat sedikit pebalap wanita yang terjun dalam ajang balap single seater

Dengan kehadiran W Series, Catherine berharap bakal ada lebih banyak pebalap wanita potensial yang mampu bersaing di kancah dengan level lebih tinggi seperti F1. Wanita asal Inggris itu juga yakin bahwa tak ada alasan bagi pebalap wanita untuk bisa sukses di F1. 

"Aku percaya mengapa hanya sedikit wanita yang sukses di level tertinggi bersaing dengan pria adalah karena kurangnya kesempatan daripada kurangnya kemampuan," ujar Catherine seperti dikutip dari motorsport.com.

4. Ditanggapi beragam oleh beberapa pebalap wanita

Khusus Wanita, Ajang Balap W Series Bakal Digelar Tahun Depanwww.autosport.com

Rencana bergulirnya W Series juga mendapatkan sorotan dari beberapa pebalap wanita yang meniti karir di dunia balap. Pemenang race F3 British dan kampiun British GT4 Jamie Chadwick menyatakan dukungan dengan menyebut W Series memberikan pebalap wanita wadah untuk balapan. Pebalap GT4 European Series Stephane Kox juga satu suara mendukung W Series. Stephane berujar bahwa kehadiran W Series menjadi tambahan positif untuk perkembangan dunia motorsport dan menganggap sebagai bantuan besar untuk pebalap wanita untuk berkembang.

Di sisi lain, pebalap Indianapolis 500 Pippa Mann justru mengkritik adanya ajang W Series. Mann menyebut pihak-pihak yang mempunyai dana untuk membantu lebih memilih memisahkan pebalap wanita ketimbang mendukung. Dia menyebutnya sebagai langkah mundur yang ada dalam hidupnya. 

Pebalap F3 European Championship Sophia Florsch menambahkan bahwa pebalap wanita tidak memerlukan ajang balap khusus. "Wanita perlu dukungan jangka panjang dan rekan yang terpercaya," ujar Sophia seperti dikutip autosport.com.

Baca Juga: Ini Alasan Aktor Christian Sugiono Jatuh Cinta Pada Balapan F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya