Comscore Tracker

Joan Mir dan Lewis Hamilton Masuk Nominasi Laureus Sports Awards 2021

Keduanya berada di kategori yang berbeda

Laureus World Sports Awards resmi umumkan sejumlah nominasi dari beberapa kategori untuk acara di tahun 2021 ini. Joan Mir dan Lewis Hamilton masuk dalam kategori penghargaan yang diberikan oleh ajang penghargaan untuk para atlet di dunia tersebut. 

Joan Mir dan Lewis Hamilton nantinya akan bersaing dengan sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga guna memperoleh gelar prestisius itu. Lantas, di kategori mana saja keduanya berada?

1. Joan Mir masuk kategori Breakthrough of The Year

Joan Mir dan Lewis Hamilton Masuk Nominasi Laureus Sports Awards 2021instagram.com/laureussport

Joan Mir masuk dalam kategori Breakthrough of The Year. Juara dunia MotoGP musim 2020 tersebut akan bersaing dengan sejumlah atlet seperti Ansu Fati (sepak bola), Dominic Thiem (tenis) hingga Tadej Pogacar (balap sepeda) yang sukses jadi juara termuda dalam ajang Tour de France.

Dilansir dari laureus.com, kategori ini diberikan kepada para atlet muda yang mampu menciptakan dampak luar biasa pada tahun 2020 lalu. Perlu diketahui, Joan Mir berhasil menjuarai kelas utama MotoGP pada musim lalu pada usia 23 tahun. Ini menjadikannya sebagai pembalap termuda ketujuh yang raih juara dunia MotoGP sepanjang sejarah kompetisi.

2. Lewis Hamilton kembali masuk kategori Sportsman of The Year

Joan Mir dan Lewis Hamilton Masuk Nominasi Laureus Sports Awards 2021instagram.com/laureussport

Di lain pihak, Lewis Hamilton kembali masuk dalam daftar nominasi Sportsman of The Year di tahun 2021. Ia akan berhadapan dengan sejumlah nama besar semacam Lebron James (basket), Robert Lewandowski (sepak bola) hingga Rafael Nadal (tenis).

Di tahun 2020, pembalap asal Inggris tersebut sukses meraih gelar yang sama bersama dengan Lionel Messi. Masuk kembali dalam nominasi membuat Hamilton merasa bangga.

"Sebuah kehormatan dinominasikan untuk Laureus World Sportsman of the Year bersama atlet-atlet luar biasa. Ketika saya melihat kembali upacara penghargaan di tahun lalu, sangat sulit percaya bahwa ada banyak yang berubah" ujarnya.

"Tahun 2020 adalah tahun yang sulit untuk banyak orang, untuk banyak alasan berbeda dan pastinya untuk dunia olahraga sangatlah berpengaruh", lanjut Hamilton.

Baca Juga: 5 Pembalap F1 dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak, Hamilton Terdepan!

3. Mercedes-AMG Petronas masuk nominasi juga di tahun ini

Joan Mir dan Lewis Hamilton Masuk Nominasi Laureus Sports Awards 2021instagram.com/laureussport

Tak hanya Lewis Hamilton, Mercedes-AMG Petronas juga kembali bersaing dalam nominasi Team of the Year. Mereka akan kembali berhadapan dengan Liverpool dan sejumlah tim besar lain macam LA Lakers, Bayern Munich sampai Kansas City Chiefs.

Mercedes-AMG tahun lalu juga masuk kategori yang sama. Namun, tim peraih tujuh gelar juara konstruktor F1 secara berturut-turut itu gagal memboyong piala sebab kalah dari tim nasional rugby Afrika Selatan.

4. Perjalanan Joan Mir jadi juara dunia MotoGP 2020

Joan Mir dan Lewis Hamilton Masuk Nominasi Laureus Sports Awards 2021instagram.com/joanmir36official

Musim 2020 menjadi musim kedua Joan Mir berada di MotoGP sekaligus menjadi musim kedua bersama Suzuki Ecstar. Di musim pertama, pembalap asal Spanyol itu gagal meraih satu kemenangan pun. Bahkan, ia tak mampu naik podium.

Musim berikutnya, momen baik datang padanya. Ia sukses meraih kemenangan pertamanya sepanjang karier di kelas utama pada GP Eropa di Valencia, Spanyol. Total di musim lalu ia naik podium sebanyak tujuh kali. 

Konsistensi itulah yang mengantarkan Joan Mir menjadi juara dunia. Bahkan, ia masuk dalam jajaran juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP.

5. Lewis Hamilton yang kembali pecahkan rekor di tahun 2020

Joan Mir dan Lewis Hamilton Masuk Nominasi Laureus Sports Awards 2021instagram.com/lewishamilton

Terbang ke ajang F1 musim lalu para penggemar disuguhkan dengan penampilan luar biasa Mercedes dan Lewis Hamilton. Beberapa rekor dipecahkan oleh pembalap bernomor mobil 44 itu antara lain rekor kemenangan terbanyak sepanjang karier, podium terbanyak hingga samai rekor juara dunia yang dipegang sebelumnya oleh Michael Schumacher.

Sudah tujuh gelar juara dunia diraihnya dan berpeluang besar akan bertambah di musim 2021 ini. Para penggemar akan jadi saksi apakah rekor juara dunia F1 akan dipatahkan oleh Hamilton atau masih harus menunggu musim berikutnya.

Baca Juga: Rahasia Joan Mir Juara MotoGP 2020 Ternyata Bukan Kecepatan!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya