F1: Layout Sirkuit Albert Park Direvisi, Jadi Lebih Cepat 5 Detik!

Sejumlah tikungan mengalami pelebaran

Balapan seri Australia dalam ajang F1 2021 akan digelar 19--21 November mendatang. Namun, pihak penyelenggaran balapan di sirkuit tersebut sudah mulai berbenah.

Layout sirkuit yang masuk pertama kali ke F1 pada 1996 tersebut akan mengalami revisi dan ada perombakan pada beberapa bagian. Hal ini dikabarkan akan membuat pembalap dapat mencatatkan waktu lebih cepat lima detik ketimbang sebelum dilakukan adanya perubahan.

1. Tujuh tikungan alami perubahan, kecepatan rata-rata mobil akan naik 15 km/jam

F1: Layout Sirkuit Albert Park Direvisi, Jadi Lebih Cepat 5 Detik!formula1.com

Seperti dilansir formula1.com, total ada tujuh tikungan yang mengalami modifikasi dengan dua di antaranya dihilangkan untuk menyongsong gelaran musim ini.

Dengan perubahan yang dilakukan, diprediksi waktu lap yang dicatat oleh pembalap akan lebih cepat lima detik. Selain itu, kecepatan mobil akan mengalami peningkatan sekitar 15 km/jam.

Baca Juga: Jangan Asal Mengerem Saat di Tikungan, Ini Triknya

2. Perubahan signifikan terjadi pada tikungan 9 dan 10

F1: Layout Sirkuit Albert Park Direvisi, Jadi Lebih Cepat 5 Detik!formula1.com

Dari perubahan yang terjadi pada tujuh tikungan di sirkuit Albert Park, tikungan 9 dan tikungan 10 adalah yang paling mencolok. Tikungan chicane tersebut akan dihilangkan dan berganti menjadi trek cepat dengan belokan sedikit ke arah kanan sebelum masuk ke tikungan 11.

Dengan perubahan di area itu besar kemungkinan terjadi penambahan zona DRS dengan mengambil lokasi tersebut. Jumlah zona DRS di sirkuit yang berlokasi di Melbourne nantinya akan bertambah menjad empat.

3. Dimulai sejak Februari, pengerjaan dijadwalkan selesai pada Juli

F1: Layout Sirkuit Albert Park Direvisi, Jadi Lebih Cepat 5 Detik!formula1.com

Dikutip dari motorsportweek.com, pengerjaan perubahan layout sudah dilakukan sejak Februari. Rencannya, proyek ini akan selesai pada Juli mendatang. Pengerjaan ini pun juga sudah disahkan oleh pemerintah Victoria. 

Selain itu, trek sirkuit Albert Park pun akan diaspal ulang yang rencananya akan dilakukan diantara jadwal balapan musim 2021 dan 2022. Pengaspalan ulang trek sirkuit adalah yang pertama dilakukan pada sirkuit Albert Park selama 25 tahun menyelenggarakan balapan F1. 

4. Janjikan balapan yang lebih cepat dengan peluang menyalip yang lebih banyak

F1: Layout Sirkuit Albert Park Direvisi, Jadi Lebih Cepat 5 Detik!formula1.com

CEO Australian GP Corporation, Andrew Westacott, menyebut bahwa adanya modifikasi pada layout sirkuit akan membuat balapan menjadi seru. Sebab, semakin banyak peluang bagi para pembalap untuk menyalip dan bertarung dengan pembalap lainnya. 

“Modifikasi sirkuit ini bermakna bahwa balapan menjadi lebih cepat dengan banyak peluang baru untuk pembalap saling beradu. Pada November mendatang, GP Australia akan kembali dan menjadi lebih baik dari yang pernah ada sebelumnya,” papar Andrew.

5. Rincian perubahan layout sirkuit Albert Park

F1: Layout Sirkuit Albert Park Direvisi, Jadi Lebih Cepat 5 Detik!formula1.com

Selain tikungan 9 dan 10 yang dirombak menjadi trek cepat, ada sejumlah tikungan yang juga mengalami perubahan. Titik mana saja itu? Simak rinciannya berikut ini. 

  • Tikungan 1 dilebarkan 2,5 meter;
  • Tikungan 3 mengalami pelebaran sebesar 4 meter; 
  • Tikungan 6 turut dilebarkan sebesar 7,5 meter. Pelebaran meningkatkan kecepatan mobil secara drastis pada tikungan dari kecepatan minimum sebelumnya sekitar 149 km/jam menjadi 219 km/jam;
  • Tikungan 9 dan 10 dihilangkan menjadi trek sapuan cepat ke arah kanan;
  • Trek lurus jelang masuk tikungan 13 diperpanjang dan tikungan mengalami pelebaran sebesar 3,5 meter. Lengkungan di tikungan tersebut mengalami penyesuaian;
  • Tikungan 15 turut alami pelebaran sebesar 3,5 meter dan lengkungan tikungan juga akan disesuaikan.

Baca Juga: GP Formula 1 Arab Saudi Akan Ada Dalam Kalender Balap Selama 10 Tahun

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya