Leclerc Raih Kemenangan pada F1 GP Australia, Verstappen Gagal Finis

Kemenangan pertama Leclerc saat balapan di Australia

Charles Leclerc kembali meraih kemenangan pada balapan Formula 1 2022. Pembalap Ferrari itu mampu melintasi garis finis sebagai yang terdepan pada GP Australia di Albert Park Circuit, Minggu (10/4/2022).

Sementara itu, juara Formula 1 2021, Max Verstappen, harus gigit jari. Ia gagal menuntaskan balapan akibat masalah pada mobilnya. Lantas, seperti apa jalannya balapan GP Australia kali ini?

1. Leclerc memimpin selepas start, mobil Sainz terjebak di gravel

Leclerc Raih Kemenangan pada F1 GP Australia, Verstappen Gagal FinisMobil Carlos Sainz terjebak di gravel saat balapan GP Australia 2022. (twitter.com/F1)

Selepas lampu start padam, Charles Leclerc langsung memimpin jalannya balapan. Max Verstappen dan Lewis Hamilton membuntuti di belakang pembalap berkebangsaan Monako itu. Namun, petaka terjadi pada rekan setim Charles Leclerc, Carlos Sainz, pada lap dua.

Mobil pembalap asal Spanyol tersebut keluar trek dan terjebak di gravel setelah tikungan sepuluh. Ketika itu, ia berusaha mengejar ketertinggalan dari pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu, yang ada di depannya. Alhasil, safety car keluar memimpin jalannya balapan untuk beberapa saat dan Sainz harus menyudahi balapan lebih dini.

2. Sebastian Vettel gagal menuntaskan balapan, mobilnya menabrak dinding pada lap 24

Insiden yang menyebabkan safety car keluar memandu jalannya balapan kembali terjadi pada lap 24. Mobil yang dikemudikan Sebastian Vettel menabrak dinding selepas tikungan empat dan membuat pembalap Aston Martin itu gagal melanjutkan balapan.

Balapan kembali berlanjut tanpa safety car pada lap 27. Verstappen yang punya kesempatan menyalip Leclerc pada tikungan satu gagal memanfaatkan peluang. Leclerc justru makin jauh meninggalkan Verstappen untuk tetap berada di posisi pertama.

Baca Juga: Leclerc Bakal Main Cerdas Melawan Verstappen pada GP Australia

3. Verstappen kembali gagal finis akibat masalah pada mobil, Leclerc menangi GP Australia

Leclerc Raih Kemenangan pada F1 GP Australia, Verstappen Gagal FinisVerstappen keluar dari mobil saat balapan GP Australia 2022. (twitter.com/F1)

Malapetaka datang menghampiri Max Verstappen pada lap 39. Api muncul dari bagian belakang mobil RB18 dan memaksanya menepi pada tikungan dua. Akibatnya, Super Max harus menelan pil pahit lagi karena gagal menuntaskan balapan.

Ini menjadi kali kedua dalam tiga balapan awal musim 2022 Verstappen mengalami nasib kurang mujur saat balapan. Sebelumnya, ia gagal finis pada GP Bahrain akibat mobil yang dikemudikannya mengalami masalah teknis.

Di lain pihak, Leclerc terus melaju tanpa hambatan hingga chequered flag dikibarkan. Ini menjadi kemenangan perdananya kala melakoni balapan di Australia. Sementara itu, Sergio Perez sukses mengamankan posisi runner-up yang diikuti George Russell di posisi ketiga.

4. Leclerc bahagia bisa meraih kemenangan pada GP Australia

Leclerc Raih Kemenangan pada F1 GP Australia, Verstappen Gagal FinisCharles Leclerc diwawancarai seusai balapan GP Australia 2022. (twitter.com/F1)

Ditemui seusai balapan, Charles Leclerc tak dapat menyembunyikan rasa bahagianya karena memenangi GP Australia. Ia memuji performa F1-75 yang luar biasa sehingga membuatnya bisa memperoleh hasil maksimal pada balapan yang digelar di Albert Park Circuit.

“Jujur, mobil ini luar biasa. Tentunya, aku melakukan akhir pekan dengan baik dengan mobil ini. Kecepatan mobil benar-benar kuat. Ban terasa sangat baik dari lap pertama hingga akhir. Kami bisa mengatur pemakaian ban dengan sangat baik dan aku benar-benar gembira,” ucap Leclerc dilansir situs resmi Formula 1.

5. Leclerc puncaki klasemen sementara Formula 1 2022, unggul 34 poin dari George Russell

Leclerc Raih Kemenangan pada F1 GP Australia, Verstappen Gagal Finisklasemen sementara Formula 1 2022 usai GP Australia (twitter.com/F1)

Kemenangan pada GP Australia membuat Leclerc kini sudah mengoleksi 4 kemenangan selama berkiprah pada ajang Formula 1. Berdasarkan data StatsF1, Leclerc sudah memenangi balapan GP Bahrain pada 2022. Lalu, ia juga pernah memenangi GP Italia dan Belgia pada 2019 silam.

Kini, Leclerc berada di singgasana klasemen dengan koleksi 71 poin. Pembalap bernomor mobil 16 itu unggul 34 poin dari George Russell yang menduduki posisi runner-up. Sementara itu, Ferrari ada di pucuk klasemen konstruktor dengan raihan 104 poin.

Baca Juga: Max Verstappen Antisipasi Gempuran Leclerc di F1 GP Australia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya