Charles Leclerc Raih Pole Position F1 GP Miami, Ferrari Start 1-2

Pole position pertama Leclerc pada GP Miami

Charles Leclerc menuntaskan sesi kualifikasi Formula 1 GP Miami sebagai yang tercepat. Leclerc mampu mencatatkan waktu 1 menit 28,796 detik. Ia lebih cepat 0,190 detik dari rekan setimnya, Carlos Sainz.

Hasil itu membuat Ferrari meraih posisi start 1-2. Sementara itu, Max Verstappen harus puas memulai balapan dari posisi ketiga. Seperti apa jalannya sesi kualifikasi GP Miami? Yuk, langsung disimak ya!

1. Leclerc langsung tampil cepat saat Q1, Lewis Hamilton hampir gagal lolos ke Q2

Charles Leclerc Raih Pole Position F1 GP Miami, Ferrari Start 1-2Lewis Hamilton pada sesi kualifikasi GP Miami 2022 (formula1.com)

Pada sesi kualifikasi pertama (Q1), Verstappen langsung tancap gas. Namun, catatannya digeser oleh Leclerc dengan waktu 1 menit 29,474 detik. Verstappen kemudian memperbaiki catatan waktunya dengan jarak 0,362 detik di belakang Leclerc. 

Sementara itu, Lewis Hamilton hampir saja tersingkir dari Q1. Catatan waktu pembalap Mercedes itu sempat dibatalkan karena melintasi track limit. Hamilton pada akhirnya lolos ke Q2 setelah menempati posisi ke-5 pada akhir sesi Q1.

Esteban Ocon tak mencatatkan waktu pada Q1 lantaran mobilnya mengalami kerusakan saat sesi latihan ketiga (FP3). Secara otomatis, pembalap Alpine itu gagal lolos Q1. Selain Ocon, ada 4 pembalap yang gagal lolos Q1, yaitu Nicholas Latifi (Williams), Alexander Albon (Williams), Zhou Guanyu (Alfa Romeo), dan Kevin Magnussen (Haas).

2. Leclerc dominasi Q2, Russell gagal tembus posisi 10 besar

Charles Leclerc Raih Pole Position F1 GP Miami, Ferrari Start 1-2George Russell pada sesi kualifikasi GP Miami 2022 (twitter.com/MercedesAMGF1)

Pada Q2, Leclerc masih mendominasi lewat perolehan waktu yang lebih baik dari sesi sebelumnya. Pembalap asal Monako itu mencatatkan waktu 1 menit 29,130 detik. Verstappen terus membuntutinya dengan jarak 0,072 detik.

Sementara itu, persaingan untuk lepas dari posisi 5 terbawah pada Q2 berlangsung sengit. Secara mengejutkan, George Russell gagal lolos ke Q3. Ia hanya mampu menempati posisi ke-12 di tengah kondisi mobilnya yang mengalami porpoising berat.

Tak hanya Russell yang gagal lolos Q2, 4 pembalap berikut ini juga gagal masuk 10 besar pada sesi kualifikasi. Keempat pembalap tersebut adalah Mick Schumacher (Haas), Daniel Ricciardo (McLaren), Sebastian Vettel (Aston Martin), dan Fernando Alonso (Alpine). 

Baca Juga: Jos Verstappen Nikmati Penampilan Anaknya pada Formula 1 GP Imola

3. Persaingan pole position berlangsung sengit, Leclerc sukses amankan posisi start pertama

Charles Leclerc Raih Pole Position F1 GP Miami, Ferrari Start 1-2Charles Leclerc pada sesi kualifikasi GP Miami 2022 (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Persaingan perebutan pole position pada sesi Q3 berlangsung sengit antara Leclerc dan Verstappen. Pada percobaan pertama, Verstappen langsung mencatatkan waktu 1 menit 28,991 detik. Sementara itu, Leclerc tertinggal 0,064 detik dari Verstappen.

Namun, Leclerc mampu memperbaiki catatan waktunya dan meraih perolehan waktu 1 menit 28,796 detik. Catatan waktu tersebut mengantarkan pembalap bernomor mobil 16 itu meraup pole position.

Carlos Sainz kemudian mengamankan posisi kedua untuk membuat Ferrari mengunci posisi start di barisan paling depan. Verstappen dan Perez membuntuti duo Ferrari dengan memulai balapan dari baris kedua.

 

4. Leclerc senang meraih pole position GP Miami, takjub dengan antusiasme penonton

Ditemui seusai sesi kualifikasi, Leclerc mengaku merasa senang bisa meraih pole position untuk pertama kalinya pada GP Miami. Ia mengaku takjub dengan antusiasme penonton yang memadati Miami Internasional Autodrome, terlebih ada banyak penonton yang mendukung dirinya pada balapan akhir pekan ini.

"Itu tentunya memotivasi kami dan ada banyak juga penggemar Ferrari di sini. Itu luar biasa. Pekan balap sebelumnya bukanlah yang terbaik untukku. Aku melakukan kesalahan ketika balapan, tapi hari ini berjalan dengan baik. Kami memulai balapan dari pole position dan kami butuh untuk menuntaskan pekerjaan itu besok (Senin dini hari WIB)," kata Leclerc dilansir Formula 1.

5. Leclerc mengeluhkan kesalahan yang terjadi saat sesi kualifikasi

Charles Leclerc Raih Pole Position F1 GP Miami, Ferrari Start 1-2starting grid Formula 1 GP Miami 2022 (twitter.com/F1)

Meski meraih posisi terdepan pada sesi kualifikasi, Leclerc mengeluhkan masalah yang terjadi ketika sedang mencatatkan waktu. Ia mengaku melakukan kesalahan pada bagian awal sektor 1 dan berharap hal itu tak terjadi saat balapan.

"Saat kualifikasi aku berada dalam kendali, tapi pada putaran terakhir aku melakukan kesalahan pada tikungan 1, 2, dan 3. Tikungan-tikungan itu aku tidak pernah bisa melibas dengan baik pada akhir pekan ini. Aku tak tahu mengapa.

Saat balapan seharusnya bisa lebih baik. Akan tetapi, ketika kualifikasi aku tak punya feeling terhadap mobil dengan pengaturan yang aku pilih. Jadi, aku kehilangan banyak jika dibandingkan dengan putaran sebelumnya dan terhadap Sainz serta yang lainnya," jelas Leclerc dikutip PlanetF1.

 

Balapan GP Miami akan berlangsung pada Senin (9/5/2022) pukul 02.30 WIB. Untuk yang ketinggalan keseruan sesi kualifikasinya kalian bisa melihat starting grid balapan berikut ini. Akankah Leclerc merebut kemenangan pada balapan kali ini? Kita nantikan bersama ya!

Baca Juga: Verstappen Punya Tugas Taklukkan Leclerc jika Ingin Pertahankan Juara

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya