Comscore Tracker

Lewis Hamilton Finis Pertama di GP Qatar, Fernando Alonso Naik Podium

Jarak poin Hamilton dengan Max Verstappen kian sedikit!

Persaingan gelar juara Formula 1 2021 semakin sengit. Hal ini tak lepas dari hasil gemilang yang diperoleh Lewis Hamilton pada balapan GP Qatar pada Minggu (21/11/2021) malam WIB.

Pembalap Mercedes itu mampu finis pertama di depan Max Verstappen pada balapan yang berlangsung di sirkuit Losail. Sementara itu, pembalap Alpine, Fernando Alonso, sukses naik podium lagi setelah kali terakhir pada 2014 silam.

1. Start dari pole position, Hamilton melenggang mulus jadi pemenang GP Qatar

Lewis Hamilton Finis Pertama di GP Qatar, Fernando Alonso Naik Podiumlap pembuka balapan F1 GP Qatar (twitter.com/MercedesAMGF1)

Memulai balapan dari pole position, Hamilton mampu mengatur kecepatan mobilnya dengan baik. Pemilik tujuh gelar juara dunia itu terus memimpin balapan sejak awal lomba hingga akhir balapan.

Di lain pihak, Verstappen harus start dari posisi ketujuh lantaran melanggar double yellow-flag yang dikibarkan saat sesi kualifikasi. Meski begitu, pembalap asal Belanda itu mampu menyodok ke posisi empat sebelum akhirnya berada di posisi kedua pada lap 5 setelah menyalip Gasly dan Alonso.

Hingga akhir balapan, Verstappen mampu mempertahankan posisi kedua sekaligus mencatatkan fastest lap untuk mendapat tambahan satu poin. Ia tak mampu kejar Hamilton yang berada jauh di depannya dengan jarak 25 detik.

2. Bottas alami kerusakan sayap depan dan ban pecah pada lap 33

Lewis Hamilton Finis Pertama di GP Qatar, Fernando Alonso Naik PodiumValtteri Bottas mengalami kerusakan sayap depan pada GP Qatar. (twitter.com/F1)

Nasib baik yang diperoleh Hamilton pada balapan kali ini tak dirasakan rekan setimnya, Valtteri Bottas. Dikutip PlanetF1, pembalap bernomor mobil 77 itu mengalami kerusakan pada sayap depan mobilnya dan ban depan kirinya pecah pada lap 33. Bahkan, ia sempat keluar trek di tikungan 7.

Bottas pun harus masuk ke pit untuk mengganti ban serta sayap depannya yang rusak. Walau begitu, Bottas tak terlalu lama berada di trek setelahnya. Pada lap 51 tim memintanya masuk ke pit. Namun, mobil Bottas masuk garasi dan ia tak melanjutkan balapan.

Baca Juga: Hamilton Menang di GP Brasil, Perez: Dia Seperti dari Planet Lain!

3. Fernando Alonso naik podium lagi setelah terakhir kali pada GP Hungaria 2014

Selain Hamilton, kebahagiaan juga dirasakan oleh Fernando Alonso. Ia sukses naik podium lagi setelah terakhir kali mendapatkannya pada GP Hungaria 2014 silam. Alonso sukses menghindari kejaran Sergio Perez yang berupaya mengejar dirinya untuk posisi finis ketiga.

Namun, karena jarak kedua pembalap yang mencapai 4,4 detik pada beberapa lap jelang akhir balapan membuat Alonso finis di depan Perez dengan keunggulan 2,849 detik. Total Alpine kini sudah dua kali naik podium di Formula 1 2021. Sebelumnya, Esteban Ocon berada di podium GP Hungaria usai menangi balapan di sana.

4. Hamilton bersyukur bisa menang di GP Qatar

Lewis Hamilton Finis Pertama di GP Qatar, Fernando Alonso Naik PodiumLewis Hamilton saat diwawancara seusai balapan GP Qatar. (twitter.com/F1)

Seusai balapan, Hamilton menyampaikan rasa syukurnya karena dapat memenangi balapan GP Qatar. Baginya, raihan 25 poin di Losail menjadi hal yang dibutuhkan dirinya dan tim saat ini.

“Kami butuh poin-poin itu hari ini. Aku tak sabar untuk menyaksikan tayang ulang balapan untuk mengetahui apa yang terjadi di belakangku. Aku sangat bersyukur atas poin-poin yang aku dapat. 

Kembali back-to-back kemenangan di sini. Aku merasa baik, jauh lebih baik dibanding yang pernah aku rasakan. Ayo rebut dua kemenangan sisa!” kata Hamilton dilansir Formula1.com.

5. Jarak poin Hamilton dan Verstappen kini hanya 8 poin, balapan tersisa dua seri

Lewis Hamilton Finis Pertama di GP Qatar, Fernando Alonso Naik Podiumklasemen sementara F1 2021 setelah GP Qatar (twitter.com/F1)

Kemenangan Hamilton pada GP Qatar membuat jarak poinnya dengan Verstappen kian tipis. Kini, kedua pembalap hanya terpisah 8 poin saja di klasemen pembalap. Sementara itu, Formula 1 2021 masih menyisakan dua balapan, yakni GP Arab Saudi dan Abu Dhabi.

Menilik dari kondisi tersebut, Verstappen dan Red Bull kini berada dalam tekanan. Mereka harus bisa semaksimal mungkin meraih kemenangan guna mengamankan asa meraih gelar juara dunia pembalap dan juga konstruktor.

 

Apakah itu bisa dilakukan atau justru Hamilton bersama Mercedes yang akan kembali berjaya dan meneruskan dominasi di Formula 1? Layak dinantikan bersama!

Baca Juga: 10 Pembalap Pengganti Formula 1 Ini Mampu Menuai Hasil Gemilang

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya