Lewis Hamilton Menangi Balapan Penuh Drama di GP Arab Saudi

Poin Max Verstappen dan Lewis Hamilton kini sama kuat!

Lewis Hamilton kembali meraih kemenangan pada balapan Formula 1 musim 2021 ini. Pembalap Mercedes itu merebut hasil terbaik dalam GP Arab Saudi usai mengasapi rival terdekatnya, Max Verstappen.

Balapan yang berlangsung di Jeddah Corniche Circuit pada Senin (6/12/2021) dini hari WIB diwarnai sejumlah drama panas. Salah satu drama yang terjadi melibatkan Hamilton dan Verstappen. Seperti apa fakta menarik pada GP Arab Saudi lalu?

1. Mick Schumacher alami insiden pada 10 dan memicu dikibarkannya bendera merah

Lewis Hamilton Menangi Balapan Penuh Drama di GP Arab Saudimobil Mick Schumacher rusak setelah menabrak dinding di tikungan 22 (twitter.com/F1)

Drama pertama dimulai saat Mick Schumacher alami insiden pada lap 10. Mobil pembalap Haas itu menghantam dinding pembatas sirkuit di tikungan 22. Alhasil, bendera kuning dikibarkan sebagai penanda agar pembalap lebih berhati-hati.

Tak berselang lama, safety car keluar memandu balapan. Di saat bersamaan, Hamilton dan Bottas masuk ke pit untuk mengganti ban ke kompon hard.

Namun, pada lap 13 bendera merah dikibarkan dan balapan dihentikan. Hal ini membuat para pembalap kembali ke pit lane. Kondisi ini menguntungkan bagi Verstappen karena bisa mengganti ban tanpa perlu melakukan skema pit stop.

2. Balapan kembali dihentikan pada lap 15, tiga pembalap alami insiden

Lewis Hamilton Menangi Balapan Penuh Drama di GP Arab SaudiNikita Mazepin menabrak bagian belakang mobil George Russell. (twitter.com/F1)

Setelah menunggu selama 18 menit balapan pun kembali dilanjutkan. Standing restart diberlakukan pada lap 15 dan membuat Verstappen memulai lanjutan balapan dari posisi pertama.

Selepas lampu start padam Verstappen dan Hamilton terlibat duel untuk perebutan posisi pertama. Hamilton mampu mengungguli Verstappen jelang tikungan 1. 

Namun, Verstappen memotong run-off dan kembali memimpin balapan. Di saat yang bersamaan Esteban Ocon berhasil menyalip Hamilton untuk merebut posisi kedua.

Di barisan belakang insiden kembali terjadi. Dilansir PlanetF1, Sergio Perez, Nikita Mazepin, dan George Russell gagal menyelesaikan lomba yang berdurasi 50 lap itu.

Mobil Perez melintir pada tikungan 3 dan menabrak dinding, sementara itu Mazepin menabrak Russell dari belakang. Alhasil, bendera merah kembali berkibar.

Baca Juga: Red Bull Bantah Adanya Ganti Mesin untuk Verstappen di GP Arab Saudi 

3. Drama lagi-lagi terjadi di lap 37, Hamilton menabrak bagian belakang mobil Verstappen

Lewis Hamilton Menangi Balapan Penuh Drama di GP Arab Saudiinsiden yang melibatkan Max Verstappen dan Lewis Hamilton pada lap 37 (formula1.com)

Balapan kembali dilanjutkan pada lap 17. Ocon memulai lanjutan balapan dari posisi terdepan disusul Hamilton dan Verstappen. Di tikungan 1 Verstappen langsung mengambil alih posisi pertama.

Satu lap berselang, Hamilton sukses menyalip Ocon untuk posisi kedua. Beberapa lap setelahnya drama kembali terjadi dan lagi-lagi melibatkan Verstappen serta Hamilton.

Pada lap 37, Hamilton berupaya menyalip Verstappen di tikungan 1, tetapi gagal dan justru membuat keduanya melebar. Verstappen terlihat memotong jalur di tikungan 2 dan melenggang memimpin balapan.

Masih di lap yang sama, Verstappen diinstruksikan oleh tim memberi posisi pertama kepada Hamilton karena memotong tikungan 2. Namun, Verstappen memperlambat lajunya sebelum tikungan 27 dan Hamilton menabrak bagian belakang mobilnya.

4. Hamilton menyalip Verstappen di lap 43 dan mempertahankan posisi pertama hingga akhir

Lewis Hamilton Menangi Balapan Penuh Drama di GP Arab Saudihasil lengkap balapan Formula 1 2021 GP Arab Saudi (twitter.com/F1)

Pada lap 43, Verstappen dijatuhi hukuman penalti 5 detik sebagai akibat memotong jalur di tikungan 2. Pada tikungan 27, Hamilton sukses menggasak Verstappen untuk merebut posisi pertama.

Hamilton pun mampu mempertahankan posisi tersebut hingga akhir lomba. Verstappen harus puas berada finis runner-up dan Bottas memastikan posisi ketiga setelah berduel sengit dengan Ocon.

5. Poin Verstappen dan Hamilton kini sama kuat, penentuan gelar juara bakal terjadi di Abu Dhabi

Lewis Hamilton Menangi Balapan Penuh Drama di GP Arab Saudiklasemen sementara Formula 1 2021 usai GP Arab Saudi (twitter.com/F1)

Selepas balapan, bumbu-bumbu drama rupanya belum kunjung usai. Terbaru, berdasarkan rilisan resmi Formula1.com, Verstappen dijatuhi penalti tambahan 10 detik karena menyebabkan insiden di tikungan 27 pada lap 37.

Meski begitu, pembalap bernomor mobil 33 itu tetap berhak finis runner-up di GP Arab Saudi. Dengan hasil tersebut, jumlah poin Verstappen dan Hamilton kini sama kuat yaitu 369,5 poin.

 

Gelar juara dunia Formula 1 akan ditentukan hingga balapan terakhir. Balapan pamungkas Formula 1 2021 akan berlangsung di Abu Dhabi pada 10-12 Desember mendatang. Siapakah yang akan jadi juara dunia di musim ini?

Baca Juga: 7 Kemenangan Lewis Hamilton Paling Tak Terlupakan di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya