Menangi GP Amerika, Marc Marquez Kian Perkasa di COTA!

Mampu sudahi balapan di depan Quartararo dan Bagnaia

Marc Marquez kian menancapkan kuku di Circuit of The Americas (COTA). Terbaru, pembalap Repsol Honda itu sukses memenangi GP Amerika pada Senin (4/10/2021) dini hari WIB.

Marquez mampu mengungguli Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia. Kini, ia tercatat sebagai pembalap tersukses pada balapan di sirkuit tersebut.

1. Memulai balapan dari posisi ketiga, Marc Marquez langsung tancap gas pimpin balapan

Menangi GP Amerika, Marc Marquez Kian Perkasa di COTA!Start balapan MotoGP seri Amerika (motogp.com)

Memulai balapan pada posisi start ketiga, Marc Marquez langsung tancap gas dan merebut posisi pertama sebelum masuk tikungan awal. Ia dibuntuti oleh Fabio Quartararo yang berada di posisi kedua.

Sementara itu, Bagnaia yang meraih pole position harus melorot ke posisi keempat. Pembalap Ducati itu disalip Alex Rins sehingga ia kehilangan posisi ketiga. Bahkan, di lap kedua, posisi Bagnaia melorot satu tingkat setelah disusul Jorge Martin.

2. Marc Marquez kian melesat, Quartararo jaga posisi kedua dari kejaran Jorge Martin

Menangi GP Amerika, Marc Marquez Kian Perkasa di COTA!Fabio Quartararo pada GP Amerika (motogp.com)

Sementara Marc Marquez terus melaju di posisi pertama, Fabio Quartararo berupaya menjaga posisi keduanya dari kejaran Jorge Martin. Hingga akhir balapan, El Diablo mampu pertahankan posisi runner-up dan berhak atas tambahan 20 poin.

Di sisi lain, Jorge Martin yang terus membuntuti Quartararo justru harus menemui tantangan dari Bagnaia. Rookie asal Spanyol itu pada akhirnya harus rela kehilangan posisi ketiga usai disalip Bagnaia di tikungan 12 pada lap 18.

Baca Juga: Bagnaia Berupaya Kejar Jarak Poin dari Quartararo di GP Amerika

3. Kembali menang di GP Amerika, status pembalap tersukses di COTA pun kian terjaga

Menangi GP Amerika, Marc Marquez Kian Perkasa di COTA!Marc Marquez rayakan kemenangan GP Amerika bersama kru (motogp.com)

Pada prosesnya, Marc Marquez semakin tak terkejar dan melenggang sebagai pemenang GP Amerika. Kemenangan ini menjadi yang kedua di musim ini setelah pembalap bernomor motor 93 itu sukses jadi yang pertama di GP Jerman.

Kakak kandung Alex Marquez itu juga kian memperkokoh statusnya sebagai penguasa COTA. Tercatat, ia kini sudah mengantongi tujuh kemenangan di sirkuit yang berlokasi di Austin tersebut. Sebuah catatan yang masih belum ada pembalap yang bisa melakukannya di COTA.

4. Marc Marquez senang finis pertama, rencana pimpin balapan sejak awal terwujud

Menangi GP Amerika, Marc Marquez Kian Perkasa di COTA!Marc Marquez berselebrasi dengan makan donat seusai GP Amerika (motogp.com)

Diwawancara seusai balapan, Marc Marquez mengaku sangat puas dengan hasil yang didapatnya ini. Ia menyebut memimpin sejak awal balapan adalah rencana utamanya agar kemenangan lebih mudah didapat.

“Ini hari Minggu yang luar biasa! Dimulai dari sesi warm-up perasaanku sangat bagus. Pada dasarnya, rencana utamaku untuk memimpin balapan dari lap pertama dan aku melakukannya. 

Sebuah start yang baik, terutama di tikungan pertama saat aku melakukan pengereman dengan lebih keras dan dalam. Aku mencoba mengendalikan balapan pada 3 sampai 4 lap dan kemudian aku melaju sejauh mungkin,” kata Marc Marquez dilansir Crash.net.

5. Posisi Marc Marquez di klasemen naik, Quartararo kian menjauh dari kejaran Bagnaia

Menangi GP Amerika, Marc Marquez Kian Perkasa di COTA!Klasemen sementara MotoGP 2021 seusai GP Amerika (resources.motogp.com)

Kemenangan Marc Marquez membuat posisinya di klasemen terkerek naik. Ia kini bercokol di posisi ketujuh dengan kantongi 117 poin. Sebelumnya, Marc Marquez berada di posisi kesembilan lewat perolehan 92 poin.

Sementara itu, Quartararo yang finis kedua kembali menjauh dari kejaran Bagnaia yang finis ketiga dalam balapan. Jarak poin keduanya di klasemen kini menjadi 52 poin. Balapan berikutnya akan kembali berlangsung di Misano, San Marino, pada 22--24 Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga: Marc Marquez Masa Bodoh dengan Kritik dan Hinaan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya