Comscore Tracker

Marc Marquez Pakai Baju Balap Khusus akibat Sakit di Area Bahu

Modifikasi baju balap sudah dilakukan sejak GP Aragon

Akhir pekan ini MotoGP kembali bergeliat di Misano. Bertajuk GP Emilia Romagna, balapan kali ini adalah satu dari tiga seri tersisa di musim 2021 ini.

Sejumlah persiapan dilakukan para pembalap, termasuk Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu memakai baju balap khusus guna mengatasi rasa sakit pascacedera yang diderita.

1. Marc Marquez minta Alpinestars lakukan modifikasi baju balap pada area bahu

Marc Marquez Pakai Baju Balap Khusus akibat Sakit di Area BahuMarc Marquez pada balapan GP Amerika (motogp.com)

Marc Marquez telah meminta Alpinestars selaku apparel baju balapnya untuk memodifikasi pada area bahu kanan guna memberi keleluasaan gerak. Baju balap modifikasi sudah dipakai sejak GP Aragon. 

“Modifikasi itu ada sejak GP Aragon karena di Aragon aku merasa kesulitan. Ada rasa sakit di bahu dan ketika Anda merasakannya, segalanya akan mengganggumu,” kata Marc Marquez dilansir speedcafe.com.

2. Marc Marquez masih merasakan sakit pascainsiden musim lalu

Marc Marquez Pakai Baju Balap Khusus akibat Sakit di Area BahuMarc Marquez pada balapan GP Aragon (motogp.com)

Pemakaian baju balap yang sudah dimodifikasi di bagian bahu kanan bukan tanpa sebab. Marc Marquez masih merasakan sakit pascainsiden di GP Spanyol Juli 2020 lalu.

Sirkuit Misano yang akan gelar GP Emilia Romagna termasuk sirkuit yang banyak tikungan ke kanan atau dikenal dengan istilah clockwise. Hal ini jelas akan menyulitkan kakak kandung Alex Marquez tersebut ketika beradu kecepatan.

Baca Juga: Menang Dua Kali, Marc Marquez Masih Kesulitan di MotoGP 2021

3. Ada perbedaan yang dirasa Marquez saat menikung ke kanan dan kiri

Marc Marquez Pakai Baju Balap Khusus akibat Sakit di Area BahuMarc Marquez saat bersiap di pitbox pada GP Aragon (motogp.com)

Tak hanya di GP Emilia Romagna, Marc Marquez nantinya akan menghadapi sirkuit berjenis clockwise dua pekan setelahnya, yaitu di Algarve, Portugal. Ia memahami hal tersebut dan memberi sedikit gambaran perbedaan saat melibas tikungan kiri dan kanan dalam kondisi seperti saat ini.

“Pastinya di sirkuit yang dominan tikungan kiri adalah salah satu kekuatanku. Namun, dengan cedera yang aku derita, ada perbedaan besar antara saat berada di tikungan kiri dan kanan.

Mudah menjelaskannya. Pada tikungan kiri, aku bisa menikung dan menekan dengan tangan kiri memakai trisep lalu berbelok dengan baik. Akan tetapi, saat melibas tikungan kanan, aku hanya menekan dengan tangan kiriku dan aku mengalami understeering.

4. Marc Marquez berharap temukan cara terbaik saat melibas tikungan kanan  

Marc Marquez Pakai Baju Balap Khusus akibat Sakit di Area BahuMarc Marquez berdiskusi dengan kru tim (motogp.com)

Lebih lanjut, pemilik enam gelar juara di kelas utama MotoGP itu menyadari tantangan yang dihadapinya pada tiga seri tersisa. Ia berharap bisa menemukan cara terbaik ketika melibas tikungan kanan saat balapan.

“Benar bahwa ada tiga balapan lagi dan Misano termasuk yang sulit. Ini disebabkan semua pembalap berkendara dengan sangat cepat. Anda bisa melihat pada sesi tes resmi dan balapan GP San Marino

Namun, dua balapan terakhir akan menarik untukku dalam memahami bagaimana melibas tikungan kanan, khususnya di sirkuit Algarve,” tuturnya.

5. Marc Marquez sudah dua kali menang di musim 2021

Marc Marquez Pakai Baju Balap Khusus akibat Sakit di Area BahuPembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Berdasarkan data dari MotoGP.com, Marc Marquez saat ini berada di posisi ketujuh klasemen dengan raihan 117 poin. Ia sudah dua kali menang pada GP Jerman dan Amerika.

Sirkuit Sachsenring sebagai tuan rumah GP Jerman dan Circuit of The America (COTA) punya karakteristik yang sama. Keduanya merupakan sirkuit berjenis anti-clockwise atau dominan tikungan kiri.

Baca Juga: Tips Buat Marc Marquez Biar Juara MotoGP di Musim Depan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya