Comscore Tracker

Marc Marquez Puas dengan Hasil Balap MotoGP Jepang dan Thailand

Mampu tembus 5 besar dalam 2 balapan

Marc Marquez mulai kembali balapan di MotoGP 2022 sejak GP Aragon. Ia sempat absen pada enam seri lantaran harus menjalani pemulihan cedera lengan kanan.

Meski gagal finis pada GP Aragon, Marc Marquez mampu menampilkan performa bagus dalam dua balapan terakhir, yakni GP Jepang dan Thailand. Hal ini membuat pembalap Repsol Honda itu merasa puas.

1. Marc Marquez raih hasil kurang oke saat comeback pada GP Aragon

Marc Marquez Puas dengan Hasil Balap MotoGP Jepang dan ThailandMarc Marquez pada balapan GP Aragon 2022 (motogp.com)

Marc Marquez memulai comeback pada GP Aragon, Minggu (18/9/2022), dengan hasil kurang oke. Memulai balapan dari posisi ke-13, pembalap bernomor motor 93 itu harus menyudahi balapan lebih dini.

Ia mengalami insiden dengan Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami pada lap pertama. Insiden dengan Quartararo membuat RC213V yang dikendarai Marc Marquez mengalami masalah. Ia pun gagal mendapat poin pada balapan di depan publik negaranya sendiri.

2. Marc Marquez raih pole position di Jepang

Marc Marquez Puas dengan Hasil Balap MotoGP Jepang dan ThailandMarc Marquez selepas sesi kualifikasi GP Jepang 2022 (motogp.com)

Hasil negatif di Aragon tak membuat Marc Marquez mengendurkan performanya. Ia justru mampu meraih pole position pada GP Jepang (23—25 September 2022) yang notebene negara asal Honda selaku pabrikan motor yang menyokongnya.

Berdasarkan data MotoGP, capaian itu adalah yang pertama kali baginya sejak terakhir kali meraih pole position pada GP Jepang 2019 silam. Hasil balapan pembalap peraih delapan gelar juara dunia di semua kelas MotoGP itu terbilang cukup baik meski tak naik podium pada balapan di Twin Ring Motegi.

Ia mampu menuntaskan balapan di posisi keempat. Marc Marquez pun menjadi pembalap bermotor Honda dengan posisi finis terbaik pada GP Jepang.

Baca Juga: Ducati Berseri-seri di MotoGP Thailand, Berhasil Raih Podium!

3. Hasil positif pada GP Jepang berlanjut pada pekan balap di Thailand

Marc Marquez Puas dengan Hasil Balap MotoGP Jepang dan ThailandMarc Marquez dalam balapan GP Thailand 2022 (motogp.com)

Tren bagus Marc Marquez pada GP Jepang rupanya berlanjut pada balapan GP Thailand yang berlangsung pada 30 September—2 Oktober lalu di Chang International Circuit. Meski harus menjalani sesi kualifikasi pertama (Q1), Marc Marquez tetap mampu mengamankan posisi start kedelapan saat Q2.

Balapan yang berlangsung dalam kondisi hujan tak menciutkan nyali Marc Marquez menggeber RC213V melawan para pembalap lainnya. Buktinya, ia mampu melintasi garis finis di posisi kelima dan kembali menjadi pembalap Honda dengan posisi finis terbaik di Buriram.

4. Marc Marquez merasa punya langkah besar selepas kegagalan pada GP Aragon

Marc Marquez Puas dengan Hasil Balap MotoGP Jepang dan ThailandMarc Marquez pada GP Aragon 2022 (motogp.com)

Hasil bagus dalam dua balapan beruntun membuat Marc Marquez merasa senang. Ia punya langkah besar yang terjadi setelah kegagalan pada GP Aragon.

"Hal paling penting bagiku adalah aku merasakan langkah besar dari GP Aragon ke GP Thailand. Aku tahu Honda mungkin membawa beberapa bagian baru di Australia. Mari menantikan dan kami akan mencoba memahami di mana posisi kami serta kami akan bekerja untuk menatap musim 2023," kata Marc Marquez dilansir Speedweek.

5. Marc Marquez manfaatkan jeda 1 pekan jelang GP Australia untuk kembali ke Spanyol

Marc Marquez Puas dengan Hasil Balap MotoGP Jepang dan Thailandpembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Akhir pekan ini tak ada balapan MotoGP selepas seri Thailand. GP Australia baru akan berlangsung pekan depan pada 14—16 Oktober 2022.

Jeda 1 pekan dimanfaatkan oleh sejumlah pembalap untuk tetap berada di Asia sebelum terbang ke Negeri Kanguru. Akan tetapi, Marc Marquez harus terbang ke Spanyol demi melanjutkan proses pemulihan, khususnya pada lengan kanannya yang sempat dioperasi beberapa waktu lalu.

"Aku harus menghadapinya, bahkan jika aku ingin tetap berada di Asia. Namun, aku punya pekerjaan yang harus dilakukan.

Aku sedang bekerja untuk kembali ke posisi teratas. Segalanya baik-baik saja, tetapi aku akan mengunjungi fisioterapis dan dokter di Spanyol untuk tetap memastikan semuanya berada dalam kendali serta melanjutkan latihanku," jelas Marc Marquez. 

Marc Marquez kini dalam kepercayaan diri tinggi menatap GP Australia berbekal dua hasil bagus pada GP Jepang dan Thailand. Tentu akan menarik melihat hasil apa yang bakal diperolehnya pada balapan akhir pekan depan bersama Honda.

Baca Juga: Miguel Oliveira Beberkan Alasan Bisa Menang di MotoGP Thailand

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya