Marc Marquez Tak Berani Prediksi Dirinya Bakal Menang di GP Prancis

Belum meraih kemenangan musim ini

Marc Marquez belum merengkuh kemenangan pada MotoGP 2022. Bahkan, ia sempat absen pada pekan balap GP Argentina dan gagal start pada GP Indonesia karena kecelakaan saat sesi pemanasan.

Menjelang GP Prancis, Marc Marquez tentu ingin mendapat hasil terbaik. Akan tetapi, pembalap Repsol Honda itu tak berani memprediksi apakah dia bisa menang pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Le Mans.

1. Tak hanya belum menang, Marc Marquez juga belum naik podium pada 2022

Marc Marquez Tak Berani Prediksi Dirinya Bakal Menang di GP PrancisMarc Marquez pada tes Jerez (motogp.com)

Marc Marquez masih mengalami kesulitan pada awal musim 2022. Tak hanya belum menang, pembalap bernomor motor 93 itu juga belum naik podium pada empat seri balap yang dirinya jalani.

Posisi finis terbaiknya adalah pada GP Spanyol. Dalam balapan yang dihelat di Sirkuit Jerez itu, Marc Marquez finis di posisi ke-4. Kakak kandung Alex Marquez tersebut berada di peringkat ke-9 dengan perolehan 44 poin.

2. Sudah buat sedikit kemajuan terkait performa, tetapi Marc Marquez belum puas

Marc Marquez Tak Berani Prediksi Dirinya Bakal Menang di GP PrancisMarc Marquez pada GP Portugal (motogp.com)

Menyongsong GP Prancis, Marc Marquez mengaku jika dirinya dan tim telah membuat langkah maju terkait performa saat balapan. Akan tetapi, ia merasa belum cukup untuk benar-benar mendekati pembalap di barisan depan.

"Pada balapan di Jerez kami membuat langkah kecil ketika berbicara soal performa. Kami bisa bertahan sedikit lebih dekat dengan mereka yang di depan, tetapi itu tidak cukup dekat," kata Marc Marquez dilansir Speedweek.

Baca Juga: Honda Menuruti Marc Marquez dalam Pengembangan RC213V 2022

3. Berharap beberapa hal baru yang dibawa Repsol Honda bisa membantunya saat balapan

Marc Marquez Tak Berani Prediksi Dirinya Bakal Menang di GP PrancisMarc Marquez pada tes Jerez (motogp.com)

Marc Marquez juga menyampaikan soal apa yang dirasakan saat tes resmi di Jerez sehari setelah GP Spanyol. Pemilik enam gelar juara dunia di kelas utama itu berharap beberapa hal baru yang dibawa Repsol Honda bisa membantunya bersaing dengan pembalap yang ada di depannya.

"Pada Senin siang (2/5/2022), aku bisa melakukan tes dengan baik. Kami mencoba beberapa hal yang tidak bekerja dengan baik. Benar bahwa kami berharap lebih pada beberapa hal, tetapi itu tidak bekerja sesuai harapan.

Sekarang, di sini kami akan melihat apakah semua hal baru yang kami bawa dapat membantu kami untuk sedikit lebih dekat. Aku tidak berpikir itu cukup untuk kami bertarung demi kemenangan. Namun, tujuannya untuk meningkat pada setiap balapan," ujar Marquez.

4. Tak berani prediksi diri sendiri apakah bisa menang atau setidaknya naik podium

Marc Marquez Tak Berani Prediksi Dirinya Bakal Menang di GP PrancisMarc Marquez jelang balapan GP Portugal 2022 (motogp.com)

Terkait prediksi soal apakah bisa meraih kemenangan atau setidaknya naik podium, Marc Marquez tak mau berbicara banyak. Ia hanya berusaha berfokus untuk melakukan yang terbaik dan tidak ingin terlalu membebani dirinya oleh sejumlah ekspektasi.

"Aku tak tahu seberapa jauh aku akan melaju pada hari Minggu. Kami melakukan pendekatan pada akhir pekan ini tanpa tujuan yang sangat jelas.

Kami ingin mulai memahami sedini mungkin tentang bagaimana motor ini bekerja. Pada sesi Sabtu, kami ingin meningkatkan sedikit kecepatan dan saat hari Minggu kami ingin memberikan semuanya. Itu strategi di Portimao serta Jerez dan akan sama juga di Le Mans," jelas Marc Marquez dikutip Motorcycle Sports.

5. Marc Marquez sudah tiga kali menang di Le Mans di kelas utama, bisakah rekor itu bertambah?

Marc Marquez Tak Berani Prediksi Dirinya Bakal Menang di GP PrancisMarc Marquez saat menangi GP Prancis 2019 (motogp.com)

Marc Marquez punya rekor bagus saat balapan di Le Mans. Tercatat, pembalap berkebangsaan Spanyol itu sudah tiga kali menang di kelas utama pada 2014, 2018, dan 2019.

Meski begitu, pada balapan musim lalu, Marc Marquez gagal finis lantaran terjatuh dua kali pada balapan yang berlangsung dalam kondisi hujan. Apakah Marc Marquez dapat menebus kegagalan GP Prancis musim lalu pada akhir pekan ini?

Baca Juga: Joan Mir Buka Peluang Jadi Rekan Marc Marquez di Masa Depan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya