Kembali Alami Diplopia, Marc Marquez Absen di GP Valencia

Sebelumnya pernah mengalami cedera serupa pada 2011

Marc Marquez kembali harus menepi pada seri terakhir MotoGP 2021. Pembalap Repsol Honda itu dikabarkan bakal absen di GP Valencia pada akhir pekan ini.

Marc Marquez absen lantaran mengalami cedera pada matanya. Ia didiagnosis kembali menderita diplopia atau penglihatan ganda.

1. Repsol Honda konfirmasi absennya Marc Marquez di GP Valencia

Kembali Alami Diplopia, Marc Marquez Absen di GP Valenciapernyataan resmi Repsol Honda perihal absennya Marc Marquez (twitter.com/HRC_MotoGP)

Pihak tim Repsol Honda telah mengonfirmasi kabar absennya Marc Marquez melalui akun Twitter resmi tim. Marc Marquez sebelumnya harus beristirahat lantaran menderita gegar otak ringan pascaterjatuh saat latihan jelang GP Algarve.

“Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, tak akan berpartisipasi di GP Valencia akhir pekan ini. Marc Marquez juga akan absen pada IRTA Jerez Test yang dijadwalkan pada 18--19 November,” bunyi pernyataan resmi Repsol Honda dilansir MotoGP.com.

2. Marc Marquez kembali alami diplopia berdasarkan hasil pemeriksaan Dr. Sanchez Dalmau

Kembali Alami Diplopia, Marc Marquez Absen di GP ValenciaMarc Marquez berbincang dengan Quartararo pada GP Amerika. (motogp.com)

Terkait diplopia yang kembali dialami oleh Marc Marquez, pihak Repsol Honda menyebut bahwa hal ini diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan dokter mata, dr. Sanchez Dalmau. Pemeriksaan yang dilakukan pada Senin (8/11/2021) di Hospital Clinic de Barcelona mendeteksi kambuhnya diplopia pada mata pembalap pemilik enam gelar juara dunia kelas utama tersebut. Dokter Sanchez Dalmau pun sudah mengonfirmasi terkait hal itu.

“Pemeriksaan terhadap Marc Marquez setelah insiden yang terjadi telah mengonfirmasi bahwa ia mengalami diplopia dan adanya kelumpuhan pada saraf kanan keempat yang berkaitan dengan otot oblik superior kanan.

Perawatan secara konservatif dengan pembaruan berkala dipilih untuk mengikuti evolusi klinis. Saraf kanan keempat tersebut adalah saraf yang sudah terluka pada tahun 2011.”

Baca Juga: 8 Fakta Gangguan Pendengaran pada Lansia, Ada yang Namanya Presbikusis

3. Marc Marquez pernah mengalami diplopia saat berada di kelas Moto2 pada 2011

Kembali Alami Diplopia, Marc Marquez Absen di GP ValenciaMarc Marquez saat balapan GP Emilia Romagna. (motogp.com)

Berdasarkan pernyataan dr. Sanchez Dalmau, Marc Marquez memang pernah mengalami diplopia pada 2011. Dilansir motorsportmagazine.com, pembalap bernomor motor 93 itu pernah menderita cedera tersebut pada 2011.

Ketika itu, ia masih berada di kelas Moto2 dan mengalami insiden di GP Malaysia. Cedera pada bola mata kanannya itu hampir membuat kariernya terancam. Kini, masalah serupa kembali muncul dan memaksanya absen pada balapan di publik sendiri.

4. Ucapan terima kasih Marc Marquez atas dukungan kepadanya di saat-saat sulit

Kembali menderita diplopia, Marc Marquez pun angkat bicara. Kakak kandung Alex Marquez itu mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak di saat kondisi sulit yang dirinya alami. 

“Ini momen-momen yang sangat sulit. Seperti ketika hujan turun. Setelah mengunjungi dr. Sanchez Dalmau, episode baru diplopia dikonfirmasi seperti pada 2011. Kami butuh kesabaran, tapi aku belajar satu hal bahwa hadapi kesulitan dengan sikap positif. Terima kasih atas dukungannya,” kata Marc Marquez melalui Twitter resminya.

5. Poin Marquez di klasemen sementara sama dengan Brad Binder

Kembali Alami Diplopia, Marc Marquez Absen di GP ValenciaMarc Marquez saat balapan GP Amerika. (motogp.com)

Saat ini, Marc Marquez berada di posisi keenam klasemen sementara MotoGP dengan 142 poin. Jumlah poinnya sama dengan pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, yang menduduki posisi ketujuh.

Ada kemungkinan jika posisi Marc Marquez akan dikudeta oleh pembalap asal Afrika Selatan itu. Meski begitu, kesehatan Marc Marquez menjadi prioritas saat ini. Semoga lekas pulih, The Baby Alien!

Baca Juga: Marc Marquez Absen di GP Algarve Akibat Gegar Otak Ringan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya