Comscore Tracker

Max Verstappen Raih Pole Position di Imola, Hamilton Gagal Lolos ke Q3

Verstappen akan start terdepan di Sprint GP Emilia Romagna

Max Verstappen sukses meraih pole position untuk kali pertama pada Formula 1 2022 di Imola, Italia. Pembalap Red Bull itu nantinya akan start dari posisi terdepan pada Sprint yang berlangsung Sabtu (23/4/2022) malam WIB.

Sementara itu, Lewis Hamilton gagal lolos ke Q3 dan harus puas memulai Sprint dari posisi ke-13. Seperti apa jalannya sesi kualifikasi GP Emilia Romagna? Yuk disimak sampai tuntas.

1. Q1 diwarnai red flag akibat bagian belakang mobil Alexander Albon mengeluarkan api

Sesi kualifikasi pertama (Q1) diwarnai red flag pertama saat mobil Alexander Albon mengeluarkan api. Rem belakang mobil pembalap Williams itu mengalami panas berlebihan dan menyebabkan munculnya api pada bagian belakang mobil. Sesi pun terhenti selama beberapa saat.

Setelah dilanjutkan, para pembalap berusaha mencatatkan waktu terbaik menggunakan ban soft karena trek sudah mulai mengering. Lewis Hamilton dan George Russell hampir tidak lolos dari Q1, tetapi bisa lepas dari posisi 5 terbawah di penghujung sesi.

Adapun pembalap yang gagal lolos ke Q2 antara lain Yuki Tsunoda (AlphaTauri, Pierre Gasly (AlphaTauri, Nicholas Latifi (Williams), Esteban Ocon (Alpine), Alexander Albon (Williams).

2. Duo Mercedes gagal lolos ke Q3, jadi yang pertama sejak GP Jepang 2012

Max Verstappen Raih Pole Position di Imola, Hamilton Gagal Lolos ke Q3Lewis Hamilton pada GP Emilia Romagna 2022 (twitter.com/MercedesAMGF1)

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2) kembali bendera merah harus dikibarkan. Carlos Sainz mobil pembalap Ferrari tersebut melintir di tikungan 18 atau Rivazza 2 ketika berusaha mencatatkan waktu tercepat. Sesi pun terhenti kembali dan bersamaan dengan itu hujan mengguyur sirkuit kembali.

Hujan yang kembali turun membuat Mercedes gagal menempatkan para pembalapnya ke Q3. Pasalnya, sebelum hujan turun dan sesi terhenti akibat insiden Sainz para pembalap masih bisa menggeber mobil dengan ban soft.

Kegagalan Russell dan Hamilton lolos ke Q3 menjadi kali pertama bagi Mercedes sejak terakhir kali pada GP Jepang 2012. Berdasarkan data StatsF1, para pembalap Mercedes ketika itu yakni Michael Schumacher dan Nico Rosberg gagal tembus 10 besar. Michael Schumacher menempati posisi start ke-13, sedangkan Nico Rosberg bercokol di posisi ke-15. 

Selain Russell dan Hamilton ada 3 pembalap lain yang harus terhenti langkahnya pada Q2. Ketiganya yaitu Mick Schumacher (Haas), Zhou Guanyu (Alfa Romeo), dan Lance Stroll (Aston Martin).

Baca Juga: Resmi, Max Verstappen Pakai Nomor 1 di Mobilnya pada Formula 1 2022

3. Tiga kali bendera merah berkibar pada Q3, Max Verstappen sukses amankan pole position

Seperti pada Q1 dan Q2, sesi kualifikasi ketiga (Q3) juga diwarnai insiden yang membuat bendera merah lagi-lagi dikibarkan. Kevin Magnussen membuat bendera merah muncul karena mobilnya melintir di tikungan 12 atau Acque Minerali. Beruntung, ia masih bisa melanjutkan sesi karena tak sampai menabrak dinding.

Sesi kembali berlanjut dan Verstappen berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan 1 menit 27,999 detik. Tak berselang lama, bendera merah kembali berkibar lantaran Bottas memarkirkan mobilnya di luar trek tikungan 16 saat sesi tersisa 2 menit 58 detik.

Sesi kembali berlanjut dan pembalap masih punya sedikit kesempatan memperbaiki catatan waktunya. Namun, bendera merah pada Q3 kembali terjadi saat waktu tersisa 40 detik. Lando Norris yang menjadi penyebab keluarnya bendera merah karena melintir di tikungan Acque Minerali.

Alhasil, Verstappen pun berhak atas pole position pada GP Emilia Romagna untuk gelaran Sprint. Sementara itu, Charles Leclerc membuntuti di posisi kedua dan Lando Norris berada di posisi start ketiga.

4. Verstappen senang raih pole position, mengakui sesi kualifikasi berjalan sulit

Max Verstappen Raih Pole Position di Imola, Hamilton Gagal Lolos ke Q3Max Verstappen diwawancara usai kualifikasi GP Emilia Romagna 2022. (twitter.com/F1)

Pada sesi wawancara, Verstappen merasa senang bisa meraih pole position. Juara dunia musim 2021 itu pun tak lupa menceritakan seperti apa jalannya kualifikasi dari sudut pandangnya.

"Sangat sulit di sana dengan hujan yang turun. Itu sangat licin untuk membuat temperatur ban bekerja. Sebuah kualifikasi yang panjang dan sibuk, tapi pada akhirnya aku senang berada di sini.

Ini trek yang luar biasa, tapi juga benar-benar menghukum Anda jika membuat kesalahan. Anda tahu Anda bisa menabrak dinding. Itulah yang membuatnya sangat sulit," ungkap Verstappen dilansir Formula1.

5. Starting grid Sprint Formula 1 GP Emilia Romagna 2022

Max Verstappen Raih Pole Position di Imola, Hamilton Gagal Lolos ke Q3starting grid Formula 1 Sprint GP Emilia Romagna (twitter.com/F1)

Sprint GP Emilia Romagna akan berlangsung pada Sabtu (23/4/2022) pukul 21.30 WIB. Sesi ini akan menempuh jarak 100 km atau berdurasi 25--30 menit (21 lap).

Hasil dari Sprint akan menentukan posisi start para pembalap saat main race yang digelar Minggu (24/4/2022) malam WIB. Lantas, siapakah yang akan finis terdepan pada Sprint GP Emilia Romagna?

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Menang di Sirkuit Imola

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya