Max Verstappen Tampil Sempurna di Formula 1 GP Spanyol

Raih kemenangan setelah start dari posisi terdepan

Max Verstappen tampil sempurna dalam pekan balap Formula 1 GP Spanyol. Dalam balapan yang digelar di Circuit de Barcelona-Catalunya pada 3 Juni 2023 malam WIB, Verstappen sukses melintasi garis finis sebagai pemenang.

Keberhasilan tersebut tentu disambut gembira oleh Verstappen dan Red Bull. Apalagi, sejumlah catatan bagus mampu ditorehkan pembalap asal Belanda itu dalam seri balap kali ini. Apa saja capaian yang diraih oleh Verstappen kali ini?

1. Max Verstappen menunjukkan tanda-tanda dominasi sejak sesi latihan

Max Verstappen Tampil Sempurna di Formula 1 GP SpanyolMax Verstappen saat menjalani sesi latihan GP Spanyol 2023. (formula1.com)

Max Verstappen sudah menunjukkan tanda-tanda dominasi di GP Spanyol sejak sesi latihan. Pembalap yang kini menggunakan nomor mobil 1 itu menyapu bersih tiga sesi latihan sebagai peraih waktu tercepat. Verstappen mampu menorehkan waktu 1 menit 13,664 detik saat sesi latihan ketiga, 0,250 detik lebih cepat dari Sergio Perez yang berada di posisi kedua.

Torehan positif saat sesi latihan rupanya berlanjut ketika sesi kualifikasi dimulai. Verstappen sukses meraih pole position usai mencatatkan waktu 1 menit 12,272 detik. Ia berjarak 0,462 detik dari Carlos Sainz yang berhasil mengamankan posisi start kedua.

2. Sukses finis terdepan di GP Spanyol, Max Verstappen raih grand slam ketiga

Max Verstappen Tampil Sempurna di Formula 1 GP SpanyolMax Verstappen saat memimpin jalannya balapan GP Spanyol 2023. (formula1.com)

Kegemilangan Max Verstappen terus berlangsung saat balapan. Ia memimpin balapan dari awal hingga bendera chequered dikibarkan. Pemilik dua gelar juara dunia Formula 1 itu menuntaskan balapan dengan jarak 24,090 detik dari Lewis Hamilton yang finis di posisi runner-up.

Kesuksesan meraih kemenangan di GP Spanyol menjadi catatan spesial untuk Verstappen. Pasalnya, dirinya mampu mencetak grand slam. Perlu diketahui, grand slam merupakan istilah untuk seorang pembalap yang sukses meraih pole position, fastest lap, kemenangan, dan memimpin pada setiap lap dalam sebuah balapan. Keempat aspek itu berhasil dilakukan oleh Verstappen di GP Spanyol.

Ini menjadi ketiga kalinya Verstappen meraih grand slam di Formula 1. Sebelumnya, ia pernah mendapatkannya di GP Emilia Romagna 2022 dan Austria 2021. Semuanya didapat bersama Red Bull.

3. Jumlah kemenangan Max Verstappen di Formula 1 bertambah menjadi 40 kali

Max Verstappen Tampil Sempurna di Formula 1 GP SpanyolMax Verstappen tersenyum saat berdiri di podium GP Spanyol 2023. (formula1.com)

Finis pertama di GP Spanyol juga menjadi kemenangan kelima Max Verstappen dalam tujuh balapan Formula 1 2023. Selain itu, keberhasilan finis terdepan kali ini menambah koleksi kemenangan Verstappen menjadi 40 kali sepanjang berkiprah di Formula 1. Jumlah tersebut berpeluang bertambah pada seri-seri berikutnya mengingat kombinasi performa bagus RB19 dan Verstappen saat berada di trek.

Ada hal unik dari kemenangan Max Verstappen di GP Spanyol. Pada 2016, ia meraih kemenangan untuk kali pertama di Formula 1. Saat itu Verstappen meraih kemenangan bersama Red Bull setelah dalam empat balapan awal memperkuat Scuderia Toro Rosso yang kini dikenal dengan nama AlphaTauri.

Verstappen memenangkan GP Spanyol 2016 saat masih berusia 18 tahun dan 228 hari. Itu menjadikannya sebagai pembalap termuda yang memenangkan balapan dalam sejarah kejuaraan. Hingga saat ini belum ada yang mampu menyalip Verstappen dari posisi puncak rekor tersebut.

 

4. Max Verstappen memuji performa bagus RB19 saat pekan balap GP Spanyol

Max Verstappen Tampil Sempurna di Formula 1 GP Spanyolpembalap Red Bull Max Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen mengaku senang atas kemenangan yang didapatkannya di GP Spanyol. Ia memuji performa RB19 yang begitu kuat sepanjang akhir pekan. Verstappen berharap kekuatan RB19 dapat terus terjaga dalam seri-seri balap selanjutnya.

“Sangat menyenangkan berkendara dengan mobil seperti ini. Aku pikir itu terlihat lagi kali ini. Kami memiliki akhir pekan yang kuat. Itulah yang tentu saja yang aku ingin lihat untuk diriku dan tim. Mudah-mudahan kami bisa menjaganya sepanjang tahun,” jelas Verstappen dilansir F1i.

Formula 1 akan kembali menggelar balapan di Kanada pada 16–18 Juni 2023 mendatang. Sejauh ini Max Verstappen belum pernah finis di luar zona podium dalam tujuh balapan musim 2023 yang sudah digelar. Akankah catatan positif ini berlanjut?

Baca Juga: Momen 10 Kemenangan Pertama Max Verstappen di Formula 1 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya