Comscore Tracker

Max Verstappen Unggul di Sprint Race Formula 1 GP Emilia Romagna

Duo Mercedes gagal tembus 10 besar!

Max Verstappen sukses meraih kemenangan pada Sprint GP Emilia Romagna yang berlangsung, Sabtu (23/4/2022) malam WIB. Pembalap Red Bull itu mampu mengasapi Charles Leclerc pada penghujung Sprint. 

Sementara itu, duo Mercedes, yakni Lewis Hamilton dan George Russell, gagal tembus 10 besar. Seperti apa keseruan Sprint pertama gelaran Formula 1 musim 2022 ini? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Leclerc langsung tancap gas, Zhou Guanyu gagal tuntaskan Sprint

Max Verstappen Unggul di Sprint Race Formula 1 GP Emilia RomagnaGuanyu Zhou mengalami insiden pada Sprint GP Emilia Romagna. (formula1.com)

Selepas lampu start padam, Leclerc langsung tancap gas merebut posisi pertama dari Verstappen. Tak berselang lama sebuah insiden terjadi. Zhou Guanyu dan Pierre Gasly bersenggolan pada tikungan 9.

Alhasil, dilansir PlanetF1, Zhou harus keluar dari balapan. Sementara itu, Gasly masih bisa lanjutkan balapan meski harus ke pit untuk melakukan pergantian ban. Balapan kembali berlanjut normal tanpa adanya Safety Car pada lap 5.

Leclerc masih memimpin balapan selepas Safety Car kembali ke pit. Verstappen terus membayangi pembalap Ferrari itu dalam jarak yang tak terlampau jauh. Sergio Perez mampu merebut posisi ke-3 dari Norris pada lap 11 memanfaatkan DRS.

2. Sainz mampu meraih posisi ke-4, duo Mercedes gagal tembus 10 besar

Max Verstappen Unggul di Sprint Race Formula 1 GP Emilia RomagnaLewis Hamilton pada Sprint GP Emilia Romagna 2022. (twitter.com/MercedesAMGF1)

Keseruan masih terus berlangsung pada Sprint yang berlangsung di Autodromo Enzo e Dino Ferrari. Sainz yang memulai balapan dari posisi ke-10 mampu menyalip para pembalap di depannya untuk meraih posisi ke-4.

Di lain pihak, Russell dan Hamilton kesulitan keluar dari posisi 10 besar. Pada prosesnya, kedua pembalap itu harus puas finis di posisi ke-11 untuk Russell dan Hamilton berada di peringkat ke-14.

Tentu hasil tersebut tak diinginkan oleh duo Mercedes tersebut. Sebab, hasil Sprint menentukan posisi start untuk main race yang berlangsung pada, Minggu (24/4/2022) malam WIB.

 

Baca Juga: 10 Pembalap Formula 1 dengan Poin Terbanyak Tanpa Sekalipun Podium

3. Verstappen sukses salip Leclerc pada lap 20, melenggang jadi pemenang Sprint

Persaingan seru antara Verstappen dan Leclerc terus berlanjut. Verstappen mampu masuk ke jangkauan DRS sebab jaraknya dengan Leclerc kurang dari 1 detik. Momen tersebut dimanfaatkan juara dunia musim 2021 itu untuk mengejar rivalnya.

Puncaknya, Verstappen mampu menyalip Leclerc pada lap 20 dengan menyalip sisi kanan mobil Leclerc jelang chicane Tamburello. Selepas itu, Verstappen mampu menjauh dari kejaran Leclerc dan finis sebagai pemenang.

4. Verstappen senang finis terdepan pada Sprint. Modal berharga untuk main race

Max Verstappen Unggul di Sprint Race Formula 1 GP Emilia Romagnapotret Max Verstappen diwawancara usai Sprint GP Emilia Romagna (twitter.com/F1)

Verstappen mengaku senang bisa meraih posisi terdepan pada Sprint. Ini menjadi modal baginya untuk main race lantaran ia bakal memulai balapan dari posisi pertama. Meski mengalami start kurang bagus, pembalap asal Belanda itu puas dengan apa yang didapatkannya pada Sprint.

"Start yang aku lakukan sangat tidak bagus. Tapi, aku rasa kami punya kecepatan yang bagus. Ini membutuhkan waktu untuk mencoba menekan. Aku pikir kami lebih baik pada ban pada akhir balapan sehingga aku bisa mendapatkan DRS dan memiliki pertarungan bagus pada tikungan 2," ungkap Verstappen dilansir Formula 1.

5. Starting grid balapan Formula 1 GP Emilia Romagna 2022

Max Verstappen Unggul di Sprint Race Formula 1 GP Emilia Romagnagrafis starting grid Formula 1 Sprint GP Emilia Romagna (twitter.com/F1)

Dengan hasil ini, Verstappen akan start dari posisi pertama pada balapan GP Emilia Romagna. Selain itu, ia juga berhak atas tambahan 8 poin karena memenangi Sprint. Perlu diketahui, pembalap yang finis di posisi 8 besar saat Sprint akan mendapatkan poin.

Menarik untuk menantikan keseruan pada balapan GP Emilia Romagna kali ini. Akankah Leclerc mampu membalas "kekalahan" dalam Sprint di main race? Atau, justru Verstappen yang akan finis pertama dan kembali mengasapi Leclerc?

Baca Juga: Max Verstappen Raih Pole Position di Imola, Hamilton Gagal Lolos ke Q3

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya