MCL36, Mobil Baru McLaren untuk Hadapi Persaingan Formula 1 2022

Daniel Ricciardo dan Lando Norris masih memperkuat tim

McLaren menjadi tim keempat yang meluncurkan mobil Formula 1 musim 2022. MCL36 adalah jagoan baru tim yang berbasis di Woking, Inggris, itu dalam menghadapi ketatnya persaingan kejuaraan.

MCL36 secara resmi diperkenalkan pada Sabtu (12/2/2022) dini hari WIB. Seperti apa mobil anyar yang bakal dipakai Lando Norris dan Daniel Ricciardo musim ini?

1. Masih mempertahankan warna oranye, tapi warna biru pada MCL35M ditanggalkan

MCL36 masih mempertahankan livery warna oranye sebagai warna utama mereka. Bedanya, kini warna biru tak lagi menghiasi mobil MCL36 yang sebelumnya ada pada mobil MCL35M.

Sebagai gantinya, warna biru langit menjadi pengganti. Adapun kini logo Velo tersemat pada sidepod dan sayap depan mobil. Perlu diketahui, Velo merupakan salah satu jenama kantong nikotin yang dimiliki oleh perusahaan British American Tobacco.

2. Perbandingan mobil MCL36 dan mobil konsep Formula 1 dari tampak depan

MCL36, Mobil Baru McLaren untuk Hadapi Persaingan Formula 1 2022perbandingan MCL36 dan mobil konsep Formula 1(formula1.com dan autocar.co.uk)

MCL36 memiliki beberapa perbedaan dibandingkan mobil konsep Formula 1. Jika dilihat dari tampak depan, MCL36 punya ukuran hidung yang lebih ramping dan ujung hidung tidak berbentuk melengkung.

Adjuster pada sayap depan juga berada pada posisi yang dekat dengan endplate. Sementara itu, endplate (nomor 3) pada MCL36 lebih tegak daripada yang tersemat pada mobil konsep.

Beralih ke bagian sidepod inlet, ukuran lubang lebih kecil dari mobil konsep. Lalu, airbox inlet MCL36 juga berbeda bentuk dari mobil konsep dan punya ukuran lebih besar. Tak lupa, terdapat dua besi pada inlet yang berbentuk seperti huruf A.

3. Perbandingan tampak atas MCL36 dan mobil konsep Formula 1

MCL36, Mobil Baru McLaren untuk Hadapi Persaingan Formula 1 2022perbandingan MCL36 dan mobil konsep Formula 1 (formula1.com dan autocar.co.uk)

Beralih ke tampak atas, MCL36 punya turning vanes yang lebih pendek dari mobil konsep. Sidepod mobil juga lebih ramping sehingga floor terlihat lebih luas. Lubang udara atau grill pada bagian engine cover juga tidak tersemat. 

Bagian belakang yang menjadi tempat udara keluar ke bagian belakang mobil punya ukuran lebih besar dari mobil konsep. Bahkan, ukuran ini jauh lebih besar ketimbang AMR22 dari tim Aston Martin.

Baca Juga: 10 Pembalap Terbaik McLaren sepanjang Sejarah Formula 1, Siapa Saja?

4. Tampak samping MCL36 dan mobil konsep, masih ada perbedaan juga lho!

MCL36, Mobil Baru McLaren untuk Hadapi Persaingan Formula 1 2022perbandingan MCL36 dan mobil konsep Formula 1 (formula1.com dan autocar.co.uk)

Tampak samping MCL36 juga punya perbedaan dari mobil konsep. Sayap depan MCL36 terlihat lebih tinggi. Selain itu, endplate MCL36 juga berjarak lebih dekat dengan ban dibandingkan mobil konsep.

Turning vanes mobil MCL36 tak hanya terlihat lebih pendek, tetapi juga tampak lebih kecil dari mobil konsep. Bentuk benda hitam yang berada di atas airbox juga berbeda dan memiliki ukuran sedikit lebih pendek.

5. Lando Norris bertekad menjaga momentum positif yang dibangun dari musim 2021

MCL36, Mobil Baru McLaren untuk Hadapi Persaingan Formula 1 2022pembalap McLaren Lando Norris (formula1.com)

Lando Norris merasa benar-benar bangga atas pencapaiannya pada 2021 lalu. Pembalap bernomor mobil 4 itu mampu berada di posisi ke-6 klasemen dengan raihan 160 poin.

Meski begitu, Norris tak mau berpuas diri dan bertekad ingin menjaga momentum positif yang ada untuk meraih hasil maksimal pada musim ini.

“Aku berada pada posisi bagus menuju tahun ini untuk membangun kesuksesan seperti tahun lalu. Aku tumbuh bersama McLaren dan sangat senang sebab baru-baru ini aku mengkonfirmasi masa depan jangka panjang saya dengan tim,” kata Norris dilansir situs Formula 1.

6. Daniel Ricciardo berharap tuah baik MCL36 setelah melalui waktu-waktu sulit pada 2021

MCL36, Mobil Baru McLaren untuk Hadapi Persaingan Formula 1 2022pembalap McLaren Daniel Ricciardo (formula1.com)

Sementara itu, Daniel Ricciardo yang mengalami kesulitan pada tahun pertamanya bersama McLaren berharap tuah baik dari MCL36. Masukan yang pembalap asal Australia itu berikan kepada tim diharapkan dapat diaplikasikan dan membuatnya merasa nyaman saat mengemudikan MCL36.

“Aku berharap itu ada sebuah mobil yang membuatku nyaman dan dapat bekerja sedikit lebih banyak untuk kekuatanku. Waktu akan menjawab, tapi mereka pastinya akan mengambil informasi tahun lalu dan melakukan apa yang bisa mereka berdasarkan informasi yang disediakan,” ujar Ricciardo dikutip Racing News 365

 

McLaren gagal masuk tiga besar pada 2021 lalu. Mereka dikalahkan oleh Ferrari dengan jarak 48,5 poin dalam klasemen konstruktor. Mampukah mereka membalas kekalahan musim lalu?

Baca Juga: Lando Norris Perpanjang Kontrak dengan McLaren hingga 2025

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya